Jumat, 09 Oktober 2020

SULUK MALANG SUMIRANG

 

SULUK MALANG SUMIRANG

Edit dan Penerjemah : Pujo Prayitno

 

S I N O M

 

1.

Nian gantya kan winarna // /  Dan berganti lah cerita

wonten panjenengan wali //  / ada seorang wali

 alul ing ngelmu makripat // / yang ahli ilmu Ma’rifat

sarana sarak den sirik //  / yang telah meninggalkan urusan dunia

kasukbireng wawangi //  / Hujjah dan nasihatnya harum mewangi

anenggih Pangeran Panggung //  / dia bernama “Pangeran panggung”

kadangira panenggak lan Sunan Ngudung ing nguni //  / Adik dari Sunan Ngudung seorang ulama di masa lalu

atmajaning kalifah Kusen ing kina. / anak dari Khalifah Kusen

2.

Dadya paguroning kathah //  /  Menjadi guru bagi orang banyak.

winuruk ngelmu sajati //  /  Mengajarkan Ilmu sejati/Ilmu Hakikat

tebih ing sembahyangira //  /  Tidak mengajarkan ilmu Shalat syariat

mung winulang salat Daim //  / dan hanya mengajarkan shalat daim

sembahyang jroning batin //  /  melakukan shalat di dalam batin

keh samya mangsud ngguguru //  /  sehingga banyak yang berguru kepadanya

darbe ameng-amengan //  / memiliki hewan kesayangan

para kirik cilik-cilik //  / anak anjing yang masik kecil-kecil

pan kinarya sasmita anteping tekad  / yang digunakan sebagai ibarat  dari kekuatan tekadnya.

3.

Satunggal nama pun Iman //  /  anjing yang satu bernama Iman

satunggal nama pun Tokid //  /  yang satunya bernama tauhid

kakalih saged anjilma //  /  keduanya bisa berbicara

tan keneng sah sari-ari //  /  tidak pernah terpisah dalam setiap waktunya

sareng ing lami-lami //  /  (perguruannya) semakin lama

saya kasusra misuwur // n’/  semakin terkenal

kapiyarsa saking Demak //  / yang akhirnya  terdengar  sampai di Keraton Demak

tinimbalan mring nagari //  /sehingga ipanggil oleh pihak kerajaan

Pangran Panggung wus amarek Sri Narendra  / kemudian Pangeran Panggung pergi menghadap Raja

Edit : Pujo Prayitno /Buku jwa.Blogspot.com

4.

Njujug kamar pamidikan //  /  Menuju ruang pertemuan

kapareng ngarsa Sang Aji //  / sudah berhadapan dengan Raja

Jeng Sultan alon ngandika //  /  Sultan bertanya dengan lembut

he kisanak paran kapti //  /  Wahai Sudara, ada apakah sebenarnya?

dene kula miyarsa //  /  karena saya mendengar kabar

yen andika dados guru //  /  bahwa telah menjadi guru

ngririsak rukun Islam //  / yang mrusak Rukun Islam

ngorakaken saraking Nabi // /  menolak syariat Nabi

 lah jawaben paran ta anteping tekad  / maka jawablah apa yang menjadi dasar atas keyakinanmu itu.

 

Tekadipun Pangeran Panggung // Keyakinan Pangeran Panggung

 

1.

Kula dipun sulangena //  /  berilah penjelasan kepadaku

Pangeran Panggung duk miyarsi //  /  setelah pangeran Panggung mendengarnya

sabdaning Nata mangkana //  /  atas pertanyaan raja yang demikian itu

sumungkem umatur aris // / sambil menyembah dan berkata pelan

 ulun tadah ruruntuk //  / hamba tidak membantahnya

makaten saetunipun //  /  seperti itulah kenyataannya

inggih kauningana //  /  dan ketahuilah

mila mbucal sarak Nabi //  /  alasan membuang syariat Nabi

wit ki murid met jatining susurupan  / karena para murid kebingunan dalam mengambil intisari dari ilmu syariat.

2.

Patrape ing sangkan paran //  /  Ilmu innalillahi (berasal dari mana dan akan ke mana)

tajehing tanajultarki //  /  mengambil  makna di balik mana

kang kocap dalem hidayat //  /  atas  yang tertulis dalam kitab

amung sajatining ngelmi //  /  hanya inti sari ilmunya

mrih santosaning ati //  /  dalam  memantapkan keyakinan hati

nggayuh geyonganing kayun //  /  untuk menggayuh tujuan hidup yang sebenarnya

 yen mbicara sarak //  /  dan jika hanya menggunakan dasar syariat belaka

saengga paksi sulindit //  /  sudah pasti berakibat salah arah dan tujuan

 tiwas polah salah pakolih ing nalar  / jika direnungkan, maka sudah cape-cape  beribadah tapi tanpa hasil

Edit : Pujo Prayitno /Buku jwa.Blogspot.com

3.

Karananing solah salah //  /  karena salah dalam  memahami syariat

 pan sarak punika inggih //  /   syariat yang sebenarnya adalah

dumunung sorah papalang //  /   terletak pada kalimat/ucapan, yang menjadi penghalang

jatining ngelmi kang pundi ?// /   sedangkan inti sari ilmunya itu yang mana?

Marma yen pinarsudi //  /   sedangkan jika gali intinya

cinundukaken ing ngelmu // /   dicocokan dan diterapkan dengan ilmu

 amanggung salawana //  /  selamanya hanya sebatas ucapan belaka

 prapteng jangji mbalenjani //  /   yang pada akhirnya mengingkari janjinya

tan tuwajuh tyasira uwas sumelang  / dan tidak sesuai kenyataan sehinga mengakibatkan hati menjadi resah penuh gelisah. 

4.

Wateking tyas sumelangan // /   Sifat akal pikiran adalah mudah merasa kuatir penuh ragu-ragu

ancasing ka-anan jati // / ketika digunakan untuk memahai Yang Sejati

   dadi ratuning rancana // /   jika dijadikan raja atas segala rencan

rubeda angriribedi // /   malah menjadi penggangu dan penghalang

embuh-embuh den rukti // /   yang bukan-bukan yang diyakini

 wedi lamun nemu dudu ///   takut jika mendapatkesalahan

  dedalaning delahan // /  tentang jalan kebenaran

terlen anetepi jangji // /   hanya penetap janji

sadayanya pinuja mrih don asmara/   terhadap yang dipujanya, dan penjelasannnya diurai dalam bentuk tembang Asmara - Dana

 

ASMARA - NDANA

 

1.

Jagad sakurebing langit // /   seluruh dunia yang berada di bawah langit

salumaeh ing bantala // /   dan yang berada di atas bumi

saisen-isene kabeh // /   beserta seluruh isinya

pan amung cinipta tunggal // / dicipta oleh Yang Maha Tunggal

 tan nganggo karoneyan // /   dan tidak ada kembarannya

lair batine kawengku // /   telah dikuasainya yang lahir maupun yang batin

mantep anetepi tekad. /   sangat mantap

2.

Gumilang tanpa ling-aling // /  Sangat jelas tanpa ada yang menghalanginya

pineleng telenging nala ///  terpusat di pusat  pikirannya

 teleng tan kena kalalen // /  selalu ingat dan tidak boleh melupakan-Nya

Ngadika Sultan Bintara // /   Berkatalah Sultan Binatara (Sultan Kerajaan Demak)

kalamun makaten // /   jika demikian

anteping tekad saestu ///  yang menjadi keyakinanmu, olehkarenanya

 kula nuwun cuculikan /  saya minta untuk dijelaskan. Edit : Pujo Prayitno /Buku jwa.Blogspot.com

3.

Nenggih sarahsaning ngelmi // /  bahwa menurut ilmu yang tertulis

caritane Kitab Kuran // /  yang tertulis di dalam Kitab Qur’an

kang ewed rapal murade // /   yang sulit adalah makna di balik kata

punika den pajarena ///  hal itu mohon untuk dijelaskan

 tekeng rasane pisan // /  sampai ke rahasia inti dan rasanya

 punapa jumbuh ing kawruh // /   apakah sesuai dengan yang dijabarkan oleh ilmu

pangrasa krasa ing karsa. /  tentang rasa perasaan dalam kehendak

4.

Pangran Panggung matur aris // duh Sultan ing bab punika // pan gampil minangka angel // gampil yen sampun nugraha // angel yen tan kabuka // ing pralambine ing ngelmu // kang kangge ing kene kana.

Pangeran Panggung berkata // Wahai Sultan tentang masalah ini // adalah antara mudah dan sulit // mudah jika sudah mendapat anugerah // sangat sulit jika hati tidak terbuka // tentang yang tersirat pada ilmu // yang bermanfaat di alam sana dan di sini.

5.

Mung rasa maknaning ngelmi // miwiti wruhing sarira // sapisan wruh ing ajale // wekasan marang kamulyan // kapindo wruh sangkannya // ananira kang satuhu // anane pan saking ora.

Hanya rasa dari makna ilmu // adalah dengan jalan mengenal diri sendiri // yang pertama memahami kematiannya // yang kedua mengetahui asal diri // adanya yang sebenarnya // bahwa berasal dari tidak ada.

6.

Orane kang pasti dadi // dadine kinarya tlada // wujud mokal pratandane // minangka paesan wrana // warananing dunya // kang pasti Datira suwung // sapisan pan nora nana.

Dari ketiadaan menuju ada // adanya menjadi contoh // wujud mokal sebagai tandanya // hanya hiasan saja // hiasan atas dunia // yang jelas ujud dirimu adalah kosong // pertama dan tidak pernah ada lagi.

7.

Lan aja angaku yekti // narimaha dene nora // iku pakone kang gawe // wong tinitah aneng dunya // mung siji pakewuhnya // tan wenang darbe  karseku // mung ngarah rilahing Allah.

Edit : Pujo Prayitno /Buku jwa.Blogspot.com

Dan janganlah mengaku ada // sadarilah bahwa sesungguhnya tidak ada // itulah perintah yang emncipta // manusia  berada di alam dunia // hanya satu permasalahannya // tidak berhak mempunyai kehendak // hanya berusaha menerima kehendak Allah.

8.

Den eling-eling sayekti // sakatahe kang tumitah // mokal yen ana-a dewe // wujude kalawan Suksma // badan kalawan nyawa // puniku warana agung // sipat cahya roh lan jasad.

Sungguh! Ingatlah itu // semua yang dicipta // tidak mungkin ada dengan sendirinya // adanya atas karena Sukma // Badan dan nyawa // adalah rahasia besar // bersifat cahaya ruh dan jasad.

9.

Kang tan wruh tata kakalih // puniku sanget cidranya // amung sawiji kawruhe // kaliwating sang utusan // kawruhe isih bakal // mokal den arani setu // uripe den aku Allah.

Yang tidak memahami kedua hal tersebut // sungguh sangalah tertipu // hanya satu ilmunya // tertipu sebagai utusan // ilmuanya masih mentah // mokal jika disebut paham // karena hidupnya di aku Allah.

10.

Sampun ta urip puniki // tan kena ingaku Allah // Suksmaning urip ta mangke // kupur yen ingaran Allah // kupur yen ngorakena // Suksma lawan uripipun // tan antara lawan Allah.

Sungguh dalam hidup ini // tidak boleh mengaku Allah // Sukma hidup sekarang // sesat jika disebut Allah // dan Sesat pula jika tidak demikian // Sukma beserta daya hidupnya // tidak ada jarak dengan Allah.

11.

Sultan Demak duk miyarsi // paturan ingkang mangkana // pakewed angrusake // wasana alon ngandika // yen makaten kisanak // kula ngudi babaripun // salat kang mungguhing badan.

Ketika Sultan Demak mendengar hal itu // Penjelasan yang demikian // kebingungan untuk memahaminya // kemudian pelan berkata // jika demikian wahai saudara // yang mohon penjelasannya // Shalat dan gambarannya di badan.

12.

Dununge sawiji-wiji // cunduke lawan ngelmu chak // teka kathah ricikane // Pangran Panggung aris mojar // menggah wektuning salat // cunduke ngelmu linuhung // mangke tuwan piyarsakena.

Tempatnya satu persatu // hubungannya dengan ilmu hakikat // karena banyak perinciannya // Pangeran Panggung pelan berkata // tentang waktu shalat // hubungannya dengan ilmu luhur // sekarang Tuan dengarkanah.

13.

Salat luhur kang rumiyin // marmane patang rekangat // duk sira dinadekake // tangan suku papat pisan dene ta salat ngasar // sakawan rekangatipun // inggih kadadehanira.

Shalar dhuhur asalnya // sehingga empat raka’at // adalah ketika dirimu dilengkapi dua tangan dan dua kaki, sedangkan shalat Ashar // empat raka’atnya // adalah berasal dari

14.

Tangkep padha kalih // pan talaga kalkaosar // lawan gigirira karo // gigir kering lawan kanan // Salah Mahrib punika // ulun jarwa dunungipun // marmane tigang rekangat.

Sepasang pada // dan telaga kalkautsar // dan juga dua punggung // punggung kanan dan kiri // Shalat Maghrib adalah // saya jelaskan tempatnya // mengapa ada tiga raka’at.

15.

Elenging grana kakalih // miwah ta elenging lesan // jangkep titiga dununge // ana dene Salat Ngisa // mila rekangat papat // ulun jarwa dunungipun // inggih dumunung ing karna.

Adalah dua lubang hidung // serta lubang mulut // lengkap tiga jumlahnya // sedangkan Shalat Isa // sehingga empat raka’at // saya jelaskan alasannya // adalah terletak pada telinga.

16.

Kalih pisan bolongneki // kalawan paningalira // jangkep papat rekakngate // dene Salat Subuh ika // mila kalih rekangat // dadine badanireku // kalawan nyawa rochayat.

Dua lobangnya // ditamba dengan penglihatan // lengkap menjadi empat raka’at // Sedangkan shalat Subuh // ada dua raka’at // menjadi badan dirimu // dengan nyawa ruh hayat.

17.

Ananing Sunat talwitri // punika sunat mupangat  // tan kena atinggal reka // kakalih rekangatira // dadi kang winicara // tukule alis punika // alis kanan alis kiwa.

Adanya shalat Witir // adalah Sunat Muakad // sebaiknya jangan ditinggal // dua raka’atnya // yang menjadi sebabnya // adalah tumbuhnya kedua alis mata // alis kanan dan kiri.

18.

Sunat rakaatawitri // jayedun kadibunira // mangkyamba amajarake // dene  kang neptu lilima // punika den paspadha // kang ndarbeni Salat wetu // tan ndarbeni beda-beda.

Sunah Raka’atalwitri // jayedun kadibun mu // akan saya jelaskan // bahwa nafsu yang lima // harus diperhatikan // yang menguasai shalat witir // tidak memiliki perbedaan.

19.

Pan Shalat Subuh kang wajib  // kang ndarbeni Nabi Adam // duk kala tinurunake // saking suwarga dimulya // apisah lawan garwa // langkung susah galihipun // dene tan ana rowangnya.

Sedangkan Shlat subuh yang wajib // adalah milik Nabi Adam // ketika diturunkan // dari surga mulia // sehingga tepisah dengan isterinya // sehingga sangat sedih hatinya // akrena tidak ada temannya.

20.

Wonten parmaning Hyang Widdi // Jabrail ngemban parentah // dhawuh mring Jeng Nabi reke // padhuka tampi sihing Hyang // ing mangke asalata // rong rekangat salat Shubuh // Jeng Nabi matur sandika.

Ada kemurahan Tuhan // Jibril membawa amanah // memerintahkan keapada Sang Nabi // Engkau mendapat ampunan Tuhan // sekarang kerjakanlah shalat // dua rakat Shalat Subuh // Nabi menjawab segera dilaksanakan.

21.

Pukul lima pajar sidik // Nabi Adam nulya salat // kalih rekangat salate // uluk salam kering kanan // kang garwa aneng wuntat // nauri salam ngalaikum // kalih pareng rarangkulan.

Jam lima fajar shodik // Nabi Adam kemudian Shalat // dua raka’at dalam shalatnya // salam berpaling ke kiri dan kanan // sang Istri ada di belakangnya // menjawan Wa’alaikum salam // keduanya kemudian berpelukan.

22.

Karantam karuna sami // Jeng Nabi alon ngandika // nora kaya Ingsun kiye // kapanggih kalwan sira // dewi Kawa tur sembah // inggih karsaning Hyang Agung // ulun panggih lan paduka.

Menjadi bahagialah keduanya // Nabi pelan berkata // tidak seperti diriku ini // bisa bertemu denganmu // Dewi Hawa menyembahnya // adalah atas anugerah Yang Maha Agung // hamba bisa bertemu dengan paduka.

23.

Salat Luhur kang ginupit // Jeng Nabi Ibrahim kina // duk kataman coba gedhe // linebokken aneng tulang // pan pininda kunarpa // tampi dhawuhing Hyang Agung // Jeng Nabi kinen asalat.

Shalat Dhuhur yang membawa // Nabi Ibraham dijaman kuna // ketika mendapat ujian besar // dimasukan ke dalam api // disamakan dengan mayat // kemudian mendapat perintah Tuhan Yang Maha Agung // Sang Nabi di suruh mengerjakan Shalat.

24.

Luhur Arbangarakatin // Jeng Nabi Nulya asalat // dahana sirep kemawon // anadene Salat Ngasar // Nabi Yunus kang karya // kala Jeng Nabi merahu // baita inguntal mina.

Shalat Dhuhur empat raka’at // Nabi kemudian mengerjakan Shalat // sehingga api menjadi padam // sedangkan shalat Ashar // Nabi Yunus yang pertama // ketika Nabi naik perahu // dan perahunya di telan ikan.

25.

Jeng Nabi susah tan sipi // aneng jroning weteng mina // wonten parmaning Hyang Manon // Jeng Nabi kinen asalat // Ngasar patang rekangat // Jeng Nabi asalat gupuh // kang mina tan kelar nyangga.

Nabi sangatlah bersedih // ketika berada di perut ikan // ada kemurahan Tuhan // Nabi disuruh mengerjakan Shalat // Ashar empat raka’at // segera Nabi mengerjakannya // Sang ikan tidak kuat

26.

Bubrah awake ngemasi // Jeng Nabi anulya luwar // saking jro weteng minane // salat Mahrib winicara // kang ngadani ing kina // panjenengan Nabi Enuh // pan topan keleming Jagad.

Hancur badannya sehingga mati // Nabi kemudian keluar // dari dalam perut ikan // Sedangkan Shalat Maghrib // yang menjadi cerita dahulunya // adalah Nabi Nuh // ketika dilanda topan menenggelamkan dunia.

27.

Jeng Nabi tobat tan sipi // rumasa yen kaluputan // gya tinari martubate // anulya kinen asalat // Mahrib tigang rekangat // wus Salat Jeng Nabi wau // hernawa suh sirna gempang.

Nabi segera mohon pengampunan // menyadari atas kesalahannya // dan segera melakukan tobat // kemudian disuruh mengerjakan Shalat // Maghrib tiga raka’at // setelah selesai Shalat // Topan pu menghilang.

28.

Salat Ngisa kang sayekti // Nabi Musa ingkang karya // duk kala asor yudane // amungsuh raja Arkiya // para kaum sadaya // bingung tan wruh ing lor kidul // kulon wetan miwah ngarsa.

Sedang Shalat Isa // Nabi musa yang mengawali // ketika kalah perang // melawan Raja Arkiya // semua pasukannya // kebingunan tidak tau arah utara selatan // barat timur dan juga depan.

29.

Jeng Nabi susah tan sipi // anulya asalat kajat // datan antara praptane // Jibril ngemban parentah // uluk salam angucap // Jeng Nabi paduka iku // dinawuhan salat ngisa.

Nabi sangatlah sudah hatinya // kemudian mengerjakan shalat hajat // tidak tau dari arah mana // datanglah Jibril membawa perintah // memberi salam kemudian berkata // Wahai Nabi engkau // diperintahkan untuk mengerjakan shalat Isa.

30.

Matur sandika Jeng Nabi // tumulya asalat ngisa // pra kaum waluya kabeh // Jibril aturira // ingsun kang malesena // marang sang pandita Balhum // telas prakawising salat.

Nabi menyanggupinya // kemudian mengerjakan Shalat Isa // semua pasukannya kembali seperti semula // Jibril kemudian berkata // Hamba yang membalasnya // atas sang Pandhita Bulham // habis tentang masalah Shalat.

31.

Sultan Demak matur malih // inggih sampun katanggelan // kawula nuwun artose // menggah nganasir punika // pinten kang pitedhahan // umatur Pangeran Panggung // wijiling pajar sajarwa.

Sultan demak kembali berkata // janganlah setengah-setengah // saya mohon dijelaskan // tentang anasir ini // ada berapakah ujudnya // berkatalah Pangeran Panggung// yang akan dijelaskan dalam tembang Macapat Mijil.

 

M I J I L

Nganasiring Gusti, Roh tuwin Kawula // Anasir Tuhan, Ruh dan Hamba

 

1.

Pangran Panggung aturira aris // pukulun Sang Katong // bangsa nganasir catur kathahe // ingkang dingin nganasiring Gusti // wekasan winilis // kasampurnanipun.

Pangeran Panggung kemudian berkata // Wahai Sang Raja // tentang anasir ada empat jenis // Yang pertama anasir Tuhan // harus dipahami sampai tuntas // atas kesempurnaannya.

2.

Edat Sipat Asma Apngal yekti // dununge rinaos // basa Edat wujudira angger // apadene wujuding kumelip // tan ana ndarbeni // mung Pangran kan Luhur.

Dzat Sifat Asma dan Af’al // maknanya adalah // Dzat adalah ujud-Nya // hanya ujud yang Maha Tinggi yang ada  // selain-Nya tidak ada yang memiliki // Hanya Tuhan Yang Maha Luhur yang ada.

3.

Ingkang gedhe miwah ingkang cilik // pasanging pasemon // iku kagunganing Allah kabeh // ananira nora darbe urip // mung Allah kang urip // kang tunggal pandulu.

Yang besar maupun yang kecil // pasangan dari ibarat // itu semua milik Allah // adanya dirimu sesungguhnya tidak mempunyai daya Hidup // Hanya Allah Yang Maha Hidup // yang satu penglihatan.

4.

Dene basa sipat kang sayekti /// rupane kang katon // barang rupa gede myang cilike // saisining bumi lawan langit  // tan ana ndarbeni // mung Pangran kang Agung.

Sedangkan yang disebut Sifat // adalah ujud dari yang nampak // baik yang besar maupun yang kecil // Semua isi bumi dan langit // tidak ada yang memiliki sifat // Hanya Tuhan Yang Maha Agunglah Sang pemiliknya.

5.

Basa asma punika sayekti // ananing dumados // saisining bumi pan beda jenenge // inggih sadaya tan andarbeni // mung Pangran kang luwih // kang darbe jujuluk.

Yang disebut Asma adalah // adanya dari yang ada // se isi bumi berbeda namanya // dan kesemuanya tidak memiliki // Hanya Yang Maha Lebih Segalanya // Yang memiliki Nama.

6.

Tegesipun apngal puniki // panggawe kang katon // sining bumi seje pakaryane // seje jeneng seje kang pakarti // kabeh tanpa osik // mung Allah kang luhur.

Makna Af’al adalah // perbuatan yang nampak // se isi bumi beda pekerjaan dan tugasnya // beda nama maka beda yang dikerjakan // semuanya tanpa gerak // Hanya Atas ijin Allah sajalah.

7.

Sampun telas anasiring Gusti // gantya nganasir Roh // inggih sakawan ricikane // wujud ngelmu Nur Suhud raneki // yen dereng mangarti // wiji-wijinipun.

Sudah habis anasir tuhan // ganti tentang Anasir Ruh // juga ada empat perinciannya // Wujud, Ilmu, Nur Suhud // jika belum memahami // penjelasannya.

8.

Lwiring wujud sajatining ngurip // urip kang sayektos // ingkang aran manungsa jatine // yen wadona sejatining estri // pan ingkang ngalinggih // Bandar ‘Ullah tuhu.

Makna wujud inti hidup // hidup yang sesungguhnya // yang disebut manusia sesungguhnya // jika perempuan adalah perempuan yang sejati // bahwa yang ada di dalamnya // Sesungghnya Allah.

9.

Kaping kalih pan ingaran ngelmi // pangrawuhing batos // basa Enur punika tegese // ingkang ingaran roh Ilapi // cahya kang nelahi // kadya lintang wuluh

Yang ke dua disebut Ilmu // adalah pemahaman batin // Nur artinya adalah // yang disebut ruh Ilafi // cahaya yang meliputi // bagaikan Bintang pagi.

10.

Dene basa asuhud puniki // panedyaning batos // den kaesti // cengeng paningale // dipun awas ing sajroning takbir // nganasir roh enting // den pracayeng kayun.

Sedangkan Suhud adalah // cita-cita batin // dipusatkan // konsentrasi penglihatannya // di hadayati di dalam Takbir // telah habis anasir ruh // yakinilah dalam hidupmu.

11.

Nganasiring kawula winarni // dipun amangertos // bumi geni angin lan banyune // bumi punika dadining jisim // dahana pan dadi cahya // kang umuncar.

Jenis dari ansir hamba // harap dipahami // yaitu Bumi Api Angin dan Air // Bumi menjada raga // Api menjadi cahaya // yang memancar.

12.

Angin dados napas mijil manjing // banyu getihnya wong // kapat samya molah ngosikake // tarik tinarik kalawan Gaib // telas bab nganasir // dipun awas emut.

Angin menjadi keluar masuknya nafas // Air menjadi darah manusia // keempatnya berpengaruh pada gerakan // yang saling tarik menarik dengan Yang Maha Ghaib // habislah tentang anasir // harap hati hati dan ingat.

13.

Sultan Demak dahat sukeng galih // winarneng wawados // awasana alon andikane  // yen makaten kularsa ngyakteni // tekad kang premati // maring sang ngaulun.

Sultan Demak sangat senang hatinya // mendapat penjelasan tentang rahasia // kemudian pelan berkata // jika demikian saya ingin mengetahui // tentang apa keyakinan // atas dirimu.

14.

Pangran Panggung aturira aris // duh-duh Sang nga-katong // inggih lamun makaten karsane // adhawuha arerakit geni // amba arsa besmi // munggwing geni murub.

Pangeran Panggung menjawabnya // Wahai sang Raja // jika demikian kehendak Tuan // perintahkan untuk membuat api // saya ingin membakar diri // masuk kedalam api yang menyala.

15.

Sultan Demak kalegan ing galih // parentah punang wong // tan andangu wus miranti kabeh // gunung kayu eduk lenga agni // wus rinakit mungwing // aneng alun-alun.

Sunan demak lega hatinya // kemudian memerintahkan kepada bawahannya // tida berapa lama semuanya telah siap // Gunug kayu dan minyak api // sudah di rakit tinggi // di tengah alun-alun.

16.

Lawan anyuruhi para wali // kang waspadeng wados // pra ngulama mukmin sabangsane // wus apepak ander samya prapti // Sang Prabu ngawanti // miyos ngalun-alun.

Dengan mengudang semua wali // yang telah paham hal rahasia // para Ulama dan Mukmin semuanya // telah lengkap dengan segera untuk mendatanginya // Sang Raja Ngawanti // keluar ke tengah Alun-alun.

17.

Pangran Panggung kinanti ing kering // wuri kirik karo // Iman Tokid datan pisah nggene // Sultan ing Bintara abibisik // kinen anglekasi // umanjing ing latu.

Pangeran Panggung mengirin di sebelah kirinya // dibelakangnya mengiring ke dua anjingnya // Iman dan Tauhid tidak terpisah dari tempatnya // Sultan Bintara berbisik // untuk segera // masuk ke dalam api.

18.

Pangran Panggung lajeng nyadikani // ngatag kirik karo / cinetetan ana ing ngarsane // nenggih pun Iman lawan pun Tokid // pan kinen umanjing // sajeroning latu.

Pengeran Panggung menyanggupinya // memanggik kedua anjingnya // untuk mendekat ke depan dirinya // Kemudian Iman dan Tauhid // disuruh untuk masuk // ke dalam nyala api.

19.

Dyan umesat kang canela kalih // manjing agni karo // sareng lawan kirik kakalihe // manjing dahana arda mawerdi // aneng jroning api // kirik lan caripu.

Segera melasat keduanya // masuk ke dalam api // ketika kedua anjing tersebut // masuk ke dalam api yang berkobar // di dalam kobaran apai // justru anjing itu membersihkan diri berguling-guling.

20.

Awentala malah kirik kalih // samya abuburon // ngalor ngidul asuka solahe // wulunira salamba tan gigrig // kalis  aneng api // wus antaraning dangu.

Tidak berapa lama kedua anjing itu // justru saling kejar-kejaran // ke utara selatan di tingkah senang // dan bulunya, satupun tidak ada yang rontok // tidak mempan terbakar api // setelah beberapa lama.

21.

Siningsotan kang kirik kakalih // pan kadi inguwuh // gurawalan medal sakarone // sarwi agem tarumpah ginigit // lir dabe pangerti // tunduk munggeng ngayun.

Dipanggil dengan siulan kedua anjing tersebut // bagaikan di ajak bicara // segera keluar dari api keduanya // sambil membawa Sandal Terompah dengan di gigit // bagaikan bisa berfikir // patuh atas perintah tuannya.

22.

Ngaturaken kan trumpah kalih // ingandikan alon // patrapena ing ngendi enggone // sona kalih amatrapaken aglis // ing palangkan adi // kang punang caripu.

Kemudian menyerahkan kedua terompah tersebut // kemudian diperintah dengan pelan // tempatkanlah pada tempatnya // segera kedua anjing tersbut meletakannya // di dekat kaki tuannya // kemudian segera berkipu.

23.

Kang umiyat legeg tan kenangling // leng-leng ngungun ndongong // pratingkahe pan ngengeramake // mangunahe teka mratandani // Sang Prabu Ngawanti // angandika arum.

Yang melihatnya terheran-heran // termangu heran dan melongo // tingkahnya sangat mengherankan // sebagai tanda atas Ma’unahnya // Sang Raja Ngawanti // pelan berkata.

24.

Duh ta paman sampun nyumerepi // ing reh lampah elok // nanging maksih kirang utamine // lamun boten andika pribadi // kang umanjing agni // kirang antepipun.

Wahai paman selah mengetahui // atas kejadian yang gmenakjubkan // namun masih kurang utama // jika tidak engkau pribadi // yang mesuk ke dalam api // maka kurang mantaplah.

25.

Dene amung asusulih kirik // lan tarompah karo // Pangran Panggung alon ing ature // duh Jeng Sultan pan sampun kuwatir // manira pribadi // kang umanjing latu.

Karena hanya mewakilkan kepada anjing // dan kedua terompah saja // Pangeran Panggung pelan berkata // Wahai Sultan janganlah kuatir // hamba pribadi // yang akan masuk ke dalam api.

26.

Pangran Panggung saksana anyangking // kamot asta karo // ingkang tengen mangsi lawan epen// ingkang kiwa dalancang sajilid // dyan umanjing api // Jeng Pangran Panggung.

Pangeran Panggung sambil meneteng // di kedua tangannya // Tangan kanan membawa tinta dan pena // tangan kiri membawa kertas satu jilid // kemudian masuk ke dalam api // Pangeran Panggung.

27.

Manteping tekad tan was kuwatir // saprapatanireng jro // lajeng lenggah lawan angasta pen // punang  papan dalancang tinulis // sasmita inganggit // pan dinapur suluk.

Kekuatan tekadnya tidak ada rasa kuatir // setibanya di dalam api // kemudian duduk dengan menyiapkan pena // kemudian kertaspun ditulisnya // hendak menggubah // yang berupa suluk ajaran.

28.

Purwakannya sekar dhandhanggendis // tanduking pasemon // sariranya kang mangka talere // sayektine mring Prabu Ngawanti // palimping pepeling // lamating tyas limut.

Pembuka berupa tembang Dhandhanggula // sebagai ibarat // yang isinya ditujukan kepada // kepada Raja Ngawanti // untuk sebagai pengingat // lambang batin yang dalam.

29.

Suluk Malangsumirang wus dadi // mung sasekar pangkon // pitulikur pada saricike // aprelambang sarasaning ngelmu // pupuntoning budi // tekad kang tuwajuh.

Telas selesailah Suluk Malangsumirang // hanya satu jenis tembang macapat // duapuluh tujuh bait beserta perinciannya // yang berisi lambang dari ilmu // yang mengajarkan pangkal budi // atas tekad yang dituju.

30.

Teteladan carita ing nguni // uwosing cariyos // Prabu Panji kang dadya totonden // duk maksihe Pangeran Dipati // murca kesah anis // namar momor sambu.

Dengan contoh cerit masa lalu // inti ceritanya // adalah Raja Panji yang dijadikan tauladan // ketika masih menjadi Dipati // pergi dengan mengembara // menyamar rakyat biasa.

31.

Neng gegelang lumampah angringgit // pan asandi wados // dalang Jaruman ing paprabe // kang umiyat kasamaran sami // ing mangkya rinicik // sarkaraning kidung.

Menuju Gegelang mengakan pertunjukan wayang // dengan menyamar rahasia // dengan nama Dalang Jaruman itulah nama dirinya // yang menonton sangat menyukainya // sekrang akan dijelaskan // dalam Tembang Dhandhanggula.

 

DHANDHANG - GULA

 

 

1.

Malangsumirang amurang niti // anrang denira monggita // rariyan nom tan wruh dudone // anggelar ujar luput // manrang baya tan wrin ing westi // angucap tan wruh ing trap // kaduk andalurung // kaduk andalurung pangucape laya luya // ambalasar dahat amalang sengiti // tan kena winikalpa.

Malangsumirang mengajarkan ilmu // mengajarkan kepada Raja Ngawanti (Demak) // Anak muda belum mengerti tujuannya // menggelar ajaran yang salah // kepada sesama tidak memahami ilmu // berkata tidak paham penempatannya // telanjur kesesatannya // terlanjur salah uacapannya mengada-ada // semakin tersesat sungguh menjadi penghalang // tidak bisa di nalar.

2.

Andaluya kang dadawan angling // datan patut lan ujaring sastra // amurang dadalan gede // ambawur tatar tutur // anut marga kang den simpangi // anasar ambalasar // amegati kukuncung // tan ana lampah den rewa // darma aji kewingking tan den rasani // liwuhan kaya wong edan.

Melantur karena panjang penjelasannya // tidak sesuai dengan yang tertulis didalam sastra // melanggar jalan kebenaran // bercampur kata-katanya // mengikuti jalan yang dihindadri // sehingga tersesat jauh // menghadang anak muda // tidak ada jalan tuk menyimpang // Ajaran yang baik ditinggalkan tidak diterangkan // tidak karuan bagaikan orang gila.

3.

Idep adepe kadi rariya lit // tan angrasa dosa yen dinosan // tan angricik tan angrowe // wus datan etang etung // batal karam den eti-iti // wus manjing abirawa // liwung tanpa tutur // anganggge kawenang-wenang // wus kalabu alame wong kupur kapir // tan kena sinantaha.

Sikap dan perilakunya bagaikan anak kecil // tidak merasa dosa ketika melakukan kesalahan // tidak mempertimbangkan pun tidak menganggapnya // sudah tidak mempergunakan perhitungan // Batal haram dicampur-campur // telah masuk kedalam abirawa // bingung tanpa kata // berbuat sewenang-wenang // sehingga masuk golongan orang kufur kafir // dan tidak bisa di pertahankan.

4.

Amurang sarak ujar sarehning // asawengah lan sabda  pandita // asuwala lan wong ngakeh // winangsit adalurung // kedah anut marga tan yukti // mulane ambalasar // sawab sampun antuk // jatining igapuruita // karantene tan ana winalang ati // tan keneng pringgabaya.

Melangar syariat kata-katanya karena // sembarangan atas Sabda raja // membantah orang banyak // disampaikan dengan cara salah // karena mengikuti jalan bukan pada keselamatan // sehingga tersesat // setelah mendapat berkah // inti dari berguru // karena telah ada pemahaman hati // agar tidak terkena mara bahaya.

5.

Pangucap wus tanpa kekering // tan ana bahyaning wong wikana // ing kajatene awake // tan ana bahyaning wruh // yekti aja tinari-tari // pan jatining sarira // tan loro tetelu // kadyangganing riringgitan // duk lungane Sang Panji ngumbara singgih // kesah saking negara.

Ucapannya sudah tidak ditahan // tidak ada bahaya orang yang telah paham // terhadap sejati dirinya // tidak ada bahaya mengetahui // sungguh janganlah di tawar-tawari // atas sejati dirinya // tidak dua ataupun tiga // bagaikan dalam pertunjukan wayang // pada kisah kepergian Sang Panji untuk menggembara // meninggalkan negaranya.

6.

Aneng gegelang lumampah ngringgit // silih aran ki dalang Jaruman // amendem kulabasane // tan ana ingkang wruh // lamun Panji ingkang angringgit // baloloken ing rupa // pan jatine tan wruh // padha ngarani dadalang // dahat tan wruh yen iku putra ing Keling // kang aminda dadalang.

Pergi ke Gegelang untuk mengadakan pertunjukan wayang // berganti nama Ki Dalang Jaruman // merahasiakan jati dirinya // tidak ada satupun yang mengetahui // bahwa Panji-lah yang sebagai dalangnya // karena tertutup rupa // sedangkan aslinya tidak diketahui // dikira dalang baisa // sungguh tidak ada yang paham bahwa itu adalah Putra dari Keling // yang menyamar sebagai Dalang.

7.

Adoh kadohan tingale pangling // aparek pan mangke kaparekan // tan wikan panji rupane // den sidep iku dudu // lamun reke panji angringgit // baloloken ing warna // sakeh kang andulu // lir wisnu kalawan Kresna // nora Wisnu nanging Kresna Dwarawati // kang mumpuni negara.

Sangat jauh pandangannya karena tidak mengenal // terlalu dekat dan sekarang sudah dekat // karena tidak mengetahui wajah sang Panji // dikira itu bukan // bahwa yang sebenarnya itu adalah Panji yang sedang memainkan wayang // tertipu oleh rupa // atas semua yang monontonnya // Bagaikan Wisna dengan Kresna // Bukan Wisnu namun Kresna Dwarawati // yang sebagai penguasa negara.

8.

Wisesa Kresna jati siniwi // kang pinudyeng jagad pramudita // tan ana wruh ing polahe // mung Kresna jati Wisnu // kang amangih datan kapanggih // pan iya iku tunggal // ing kajatenipun // prakarane ana jagad // ametokken kawignyan Sang Wisnu Murti // nyata kang aran Kresna.

Yang menguasai Keresna yang seharusnya dipatuhi // yang di puja oleh seluruh isi dunia // tidak ada yang meilhat pekerjaannya // bahwa Kresna yang sejati adalah Wisnu // yang bertemu namun tidak menemukan // bahwa sesungguhnya adalah satu // di dalam sejatinya // Mengapa mengada di dunia // adalah untuk mengeluarkan keahliannya atas Sang Wisnu Murti // adalah yang disebut Kresna.

9.

Kathah wong karem dening kajatin // ciptaning wong durung puruita // den pisah-pisah jatine // den sengguh sanes wujud // lan jatine kang angulati // tan wruh kang ingulatan (Kirang empat padalingsa, bokmenawi ical).

Banyak orang yang menginginkan yang Sejati // atas keinginannya namun belum berguru // dipisah-pisah yang sejati // di kira bukan wujud // dan sejati yang dicarinya // tidak diketahui bahwa itu yang sedang dicari  (Kurang empat baris, barangkali hilang).

10.

Brahalane den gendong den indit // malah kabotan maring dangdanan // tur durung wruh sajatine // ciptane tanpa guru // ngemunganken ujaring tulis // awimbuh jatining Hyang // den tutur anggalur // den turut kadya dadalan // sajatine dheweke nora kalingling // katungkul amimilang.

Berhalanya di gendong dan di bawa // bahkan keberatan terhadap yang ada // sesungguhnya belum mengetahui yang sejati // kehendaknya tanpa berguru // hanya berpatokan pada tulisan // yang mengurai tentang Tuhan yang sejati // diuraikan dengan cara melantur // itu yang diikuti bagaikan sebuah jalan // Sesungguhnya dirinya tidak ada yang menutupi // namun perhatiannya justru mencari-cari .

11.

Dosa geng alit kang den kawruhi // ujar kupur kapir kang den tulad // iku wong mentah kawruhe // sembahyange tan surut // puwasane den aji-aji // tan kena kaselanan // kalimput ing kukum // kang wus teka ing wisesa // sembah puji puwasa kang den inggati // muthung sangkan lan paran.

Dosa besar kecil yng dipahami // ajaran kufur kafir yang ditiru // itu orang yang masih mentah ilmunya // Shalatnya tiada henti // puasanya di puji-puji // tidak boleh ada putusnya // tertipu hukum // yang telah sampai kepada Yang Maha Kuasa // Ibadah memuji puasa dihindari // memutus asal dan tujuan.

12.

Dosa gung alit tan den rasani // ujar kupur kapir tan den ulah // wus liwung pasikepane // tan andulu dinulu // tan angrasa tan angrasani // tan paran-pinaranan // wutane wong iku // pastine den sidep nora // nora idep den sengguh ana kakalih // kang amurba wisesa.

Dosa besar kecil tidak dibicarakan // Ajaran kufur kafir tidak dipelajari // sudah bingung dalam sikapnya // tidak saling melihat // tidak dirasa dan merasakan // tidak saling mendatangi // butanya orang itu // sesungguhnya di anggap tidak ada // tidak ingin di kira ada dua // yang menguasai dan dikuasai.

13.

Yen ingsun Nyipta kang kadyeki // angur matiya duk maksih jabang // tan angetang tan angame // kathah kawongan prelu // tata lapal kang den rasani // sembahyang den gugulang // puwasa tan surud // den sidep anelamena // sumbalinga awuwuhan murbayani // akeh dadi brahala.

Jika saya menyipta hal yang demikian // lebih baik mati ketika bayi // tidak menghitung tidak memakai // banyak manusia yang menginginkan // Sebatas lafal yang dibicarakan // Shalatnya yang di jaga // Puasa tidak pernah ditinggal // dikira yang menyelamatkan // sumbalinga tercampur murbayani // justru banyak yang menjadi berhala.

14.

Pangrengeningsun duk rare alit // nora Islam dening wong sembahyang // tan Islam dening pangangge // tan Islam dening wektu // datan selam dening kulambi // tan selam dening tapa // ing pangrunguningsun //ewuh tegese wong Islam // datan selam dening anampik amilih // ing kalal klawan karam.

Pemahamanku di waktu kecil // Islam bukan karena shalat // Islam bukan karena perbuatan // Islam bukan karena waktu // Islam bukan karena baju // Islam bukan karena tafakur // itulah pemahamanku // Tidak gampang memahami Islam // Islam bukan menolak dan memilih // terhadap yang khalal ataupun kharam.

15.

Kang wruh tegese wong Islam iki // mulya wisesa jati kamulyan // sampurna tekan omahe // wulune anggelepung // brasta geseng tan ana kari // anggane aneng dunya // kadya adudunung // lir sang Panji Angumbara // sajatine wus manthuk Koripan malih // mulya Putreng Jenggala.

Siapapun yang memahami arti Islam yang sesungguhnya // Mulia dan menguasai kemuliaan sejati // sempurna sampai saat kembali // Dalam berwudhu sangatlah lembut // menghilangkan kotoran tanpa ada yang ketinggalan // badannya berada di dunia // hanya sebuah tempat // ibarat cerita Sang Panji ketika mengembara // sesungguhnya telah kembali  ke Negara Kahuripan // mulia sebagai Putra Jengaala.

16.

Tembene manira manggih warti // warta anyar ambubar wicara // kawiled ujare mangke // tutur datan kawengku // baya kuna iku kinunci // dadya ingsun tan wikan // kagyat Sun Angrungu // mrih ilang angaji basa // salawase durung wruh tegesing Alip // dadya abukakrakan.

Pada akhirnya engkau akan menemukan cerita // Cerita baru yang merusak yang dibicarakan // terbalik keadaan sekarang // tidak menguasai nasihat // nasihat masa lalu yang terkunci // sehingga diri tidak paham // terperanjat diri mendengarnya // untuk menghilangkan sebatas mempelajari bahasa // maka selamanya tidak akan memahami apakah itu ALIF // sehingga membuka pemahaman.

17.

Apadang kadi tampaning esih // esihe mangke panunggalira // awor pawor pan ing sihe // anggelarena tuwuh // sastra kabeh sampun kalingling // Nukat gaib pinangka // sastra kabeh iku // kang alip iku panutan // sastra kabeh kang Alip sastra kariyin // nukat pinangkanira.

Jelas bagaikan menerima cinta // Cintalah yang menyatukan // menyatu merekat karena cinta // maka terciptalah kehidupan // dan menutup semua ilmu // Nukat Ghaib (biji rahasia) adalah sebagai // sumber ilmu // Alif-lah sebagai panutan // Semua ilmu akan didahului ilmu sang Alif // Nukat sebagai asalnya.

18.

Alip iku pan badaning lapi // Nugrahane mangke jenengira // dudu Allah sakarone // Alip tibaning naptu // dene datan na momori // jeneng Alip ilapat // sadurunge iku // jagad dumadi wus ana // ingkang Alip dene kinarya gegenti // ananing wujud tunggal.

Alaip adalah badan dari lapi // anugerahnya adalah ujudmu // bukan Allah yang keduanaya // Alip menjadi nafsu // namun tidak mencampuri // Alif Ilafat // sebelum  itu // dunia sudah ada // yang disebut Alif; sedangkan sebagai gantinya // adalah adanya ujud tunggal.

19.

Tunggal rasa tunggal wujudneki // tunggale mangke dinama-dama // tan ana ngaken polahe // Alip wujud kang agung // wujud mutlak kang Alip iki // iku jatining rasa // kadedere iku // kadeder iku lilima // ingkang Alip mata wajah niyat jati // Iman lawan sarengat.

Tunggal rasa dan ujudnya // menyatunya sekaranglah yang diidam-idamkan // tidak mengaku segala yang ddilakukan // Alif adalah Ujud Yang Maha Agung // mujud mutlak sang Alif // itulah inti rasa // tumbunya itu // tumbuh menjadi lima // Alif sebagai mata wajah niyat suci // Iman dan Syari’at.

20.

Jabare Allah mangke puniki // ejere pan maha mulya // pese ing kasucihane // nora na Allah iku // pan wusira Allah puniki // nora-a dudu Allah // Allah kabeh iku // lair batin iku sira // sastra kabeh gentining aksa Alip // Allah iku lah sira.

Jabare (Fatkhah) Allah sekarang ini // ejere (Kasroh) adalah Maha Mulia // pese (Dlomah) adalah Maha sucinya // tidak lain adalah Allah yang sesungguhnya // dan setelah Allah seperti tersebut // tidak ada yang bukan Allah // Allah semua itu // lahir batin adalah dirimu.

21.

Kariyin kadedering kang Alip // wiwitane mangke ing paningal // tingal kang nyata tinggale // paningaling Dat iku // paesane tunggaling jati // tumurun jatinira // cahya kang tumurun // mungguhing utek punika // ananira gumelaring jagad iki // cahya gumillang-gilang.

Yang dahulunya tumbuh dari Sang Alif // awalmulanya adalah dari penglihatan // melihat atas yang nyata-nyata terlihat // penglihatan Dzat itu // hiasan menyatu pada yang sejati // turun menjadi jati dirimu // cahaya yang memasuki // ke dalam otak adalah // adanya dunia yang tergelar ini // cahaya yang terang benderang.

 

22.

Satus pitulikur dadineki // dadi tingal lawan pamiyarsa // napas pan tunggal dununge // napas kajatenipun // ingaranan panji puniki // panji wayanganing Dat // ing wuwus puniku // dateng sakathahing Iman // pan sakehe nebuta kaanan jati // Laila lailolah.

Menjadi seratus duapuluh tujuh // menjadi penglihatan dan pendengaran // nafas pun menyatu. Itulah sesungguhnya // Napas yang sejati // yang disebut Panji adalah // Panji sebagai bayangan dari Dzat // atas penjelasan ini // tentang seluruh Iman // dan semua sebutan kahanan jati // adalah La ilaha ila Allah.

23.

Ana paksi mangku bumi langit // manuk iku endah ingaranan // saderah uripe mangke // uripe manuk iku // amimbuhi ing jagad iki // netranipun sakawan // warnane wowolu // akulit sarengat ika // getihipun tarekat puniku singgih // ototipun kakekat.

Ada burung yang memangku bumi langit // burung itu indah sebutannya // meliputi seluruh hidup sekarang ini // hidup dari burung itu // meliputi seluruh dunia ini // bermata empat // berwarna delapan // berkulit syari’at // berdarah thariqat itulah sesungguhnya // berotot hakikat.

24.

Dagingipun makripat puniki // cucukipun sajatining sadat // eletan Tokid wastane // atinipun luk enun // pupusuhing  Tembolo)Supiyah nenggih // emeperune katijah // jantung budinipun // acucuk emas punika // sungsumipun sakawan warnanireki //anyawa papat ika.

Berdaging Ma’rifat // berparuh Sahadat sejati // berlidah Tauhid sebutannya // berhati huruf Nun ()   // Temboloknya ada Sufiyah // empedunya Khatijah // jantung adalah budi-nya // berparuh emas // susum ada empat jenis // bernyawa empat.

25.

Uninipun Jabrail puniki // socanipun ya isi sakawan // anetra wulan srengenge // napas nurani iku // grananipun tursina nenggih // angaus soring ngaras // kuping karo iku // wasta ing gunung Jabalkat // socanipun rahara tarwiyah singgih // ing gunung manik maya.

Bersuara malaikat Jibril // bermata emepat // bermata bulan dan matahari // bernafa Nurani // hidungnya adalah Gunung Tursina // mencari ilmu dibawah Arasy // kedua telinganya // disbut gunung Jabalkat // matanya adalah rahara tarwiyah // yang berada di gunung Manikmaya.

26.

Dada gigir lambung tengen iki // ingaranan macapat punika // angombe rabani mangke // awak Nabi Puniku // asuwiwi malekat iki // mencok ing Nabi Adam // kepala puniku // bagenda Ibrahim ika // utekipun betal makmur iku singgih // pujine nem prakara.

Dada punggung dan lambung kanan // disebut Macapat // minumannya Rabbani // berbadan Nabi // bersayap Malaikat // bertengger di Nabi Adam // kepalanya adalah // Nabi Ibrahim // Otaknya Baitalmakmur // pujiannya enam macam.

27.

Iya iku den kawikan kaki // manuk iku tutungganira // munggah ing Swargantareke // pilih kang wruh puniku // pan kinunci ing para Wali // manuk iku pan Suksma // tanpa warna iku // tutunggangane kang awas // manuk iku ya urip tan keneng pati // tekeng dunya ngakerat.

Itu harus kau pahami anakku // burung tersebut adalah kendaraan // untuk naik ke surga atau neraka // hanya yang terpilih yang memahaminya // karena terkunci di diri wali // burung itu adalah sukma // yang tidak berwarna // kendaraan bagi yang jeli // burung tersebut jika sudah hidup tidak akan mati // di dunia sampai dengan akhirat.

28.

Titi tamat panganggiting nguni // nenggih kang suluk malangsumirang // kawruh ananing kajaten // ya ta Pangeran Panggung // nulya medal saking ing geni // sarjya mundi pustaka // pan sampun pinetuk // mring Sultan Sah Ngalam Akbar // lawan sagung para wali myang ngulami // gumuruh uluk salam.

Tamatlah penggubahan ini // yang disebut Suluk Malangsumirang // ilmu tentang yang sejati // dikisahkan bahwa Pangeran Panggung // kemudian keluar dari dalam api // sambil membawa kitab // kemudian disambut // oleh Sutltan Syah Ngalam Akbar // beserta seluruh wali dan Ulama // bergema memberi salam.

29.

Sinauran salame pra sami // lan pra wali ajawab asta // atur pudyeng kaharjane // dennya manjing ing latu // teka tabek Nabi Ibrahim // suka sukuring Allah // Jeng Pangeran Panggung // ya ta Jeng Sultan Bintara // gurawalan nedya marek mangenjali // supe lamun Sri Nata.

Sudah dijawablah semua salamnya // dan semua wali menjawabnya // menanyakan kabar keselamatannya // atas selama berada didalam api // sangat mirip dengan kisah Nabi Ibrahim // Gembira dan bersyukur kepada Allah // yang dilakukan oleh Pangeran Panggung // Segerlah Sultan Bintara // bangkit ingin mendekat memeluknya // lupa bahwa dirinya adalah Raja.

 

Jum’at 09 Oktober 2020.