Selasa, 15 Juli 2014

Filsafat Jawa Dalam Serat Wedatama Macapat

Ajaran Budi Pekerti Jawa

TERJEMAHAN  BEBAS & NASKAH ASLI “SERAT “WEDHATAMA”
Oleh : ANJAR ANY
Penerbit : Percetakan – Toko Buku CV. Aneka Ilmu - Semarang
Tahun : 1983
Edit Penerjemah : Pujo Prayitno

PUPUH I
NYANYIAN : PANGKUR

01
Mingkar-mingkuring ukara, // akarana karenan mardi siwi, // sinawung resmining kidung// sinuba sinukarta,// mrih kretarta pakartining ilmu luhung, // kang tumrap ing tanah Jawa, // agama ageming aji.
Merangkai kata-kata (Ada yang tertulis Mingkar-mingkuring angkara – menjauhi sifat angkara // karena berkehendak memberikan ajaran untuk anak cucu // Digubah dalam nyanyian kidung yang indah // agar lebih mengena atas manfaat dari ilmu luhur // bahwa yang berlaku di tanah Jawa // adalah Agama itu Baju yang sangat Indah.
02
Jinejer ing Wedhatama,// mrih tan kemba kembenganing pambudi,//mangka nadyan tuwa pikun,// yen tan mikani rasa,// yekti sepi sepa lir sepah asamun,// samasane pakumpulan,// gonyak-ganyuk nglelingsemi.
Yang diuraikan di dalam Kitab/Serat Wedhatama // dengan harapan janganlah lemah penalaran akal budinya // Walaupun sudah tua dan pikun // jika tidak memahami ilmu rasa // pastilah jiwanya kosong, hampa bagaikan sampah yang tidak berguna // Dan jika sedang berada dalam perkumpulan // tidak bisa menempatkan diri sehingga bersikap memalukan.
03
Nggugu karsane priyangga,// nora nganggo peparah lamun angling,// lumuh ingaran balilu,// uger guru aleman,// nanging janma ingkang wus waspadeng semu,// sinamun samudana,// sesadoning adu manis .
Hanya menuruti benarnya sendiri // jika berkata tidak menggunakan dasar // dan tidak mau disebut semaunya sendiri // dan ingin disanjung sebagai guru // Namun manusia yang telah paham ilmu yang tersirat // menutupi atas segala tingkahnya // dan menaggapinya dengan sikap yang ramah.
04
Si pengung nora nglegewa,// sangsayarda denira cacariwis,// ngandhar-andhar angendukur,// kandhane nora kaprah,// saya elok alangka longkangipun, //si wasis waskitha ngalah,// ngalingi marang sipingging.
Namun si dungu tidak memahaminya // semakin menjadi-jadi kata-katanya // melantur tidak karuan // yang dibicarakan tidak masuk akal // semakin aneh dan mengada-ada // Sedangkan yang ahli telah paham sehingga mengalah saja // bahkan menutupi kebodohan orang yang bodoh.
05
Mangkono ilmu kang nyata,// sanyatane mung we reseping ati,// bungah ingaran cubluk,// sukeng tyas yen den ina,// nora kaya si punggung anggung gumunggung,// ugungan sadina dina,// aja mangkono wong urip.
Itulah kebenaran ilmu // yang sebenarnya untuk menyenangkan hati // justru senang jika dikira orang bodoh // senang hatinya jika pun di hina // tidak seperti sikap orang bodoh yang selalu ingin di puja // sehingga menyombongkan ddiri setiap harinya // janganlah bersikap seperti di dalam pergaulan hidup.
06
Uripa sapisan rusak,// nora mulur nalare ting saluwir,// kadi ta guwa kang sirung,//  sinerang ing maruta,// gumarenggeng anggereng anggung gumrunggung,// pindha padhane si mudha,// prandene paksa kumaki.
Hidup di dunia hanya sekali namun rusak // karena tidak berkembang penalarannya dan tercabik-cabik // bagaikan berada di dalam kegelapan gua // atau bagaikan dihempas badai // hanya suaranya saja yang keras menggema menggelagar dengan kerasnya // bagaikan anak muda yang // yang sombongnya tidak terkira.
07
Kikisane mung sapala,// palayune ngendelken yayah wibi,// bangkit tur bangsaning luhur,// lah iya ingkang rama,// balik sira sarawungan bae durung,// mring atining tata krama,// nggon-anggon agama suci.
Keahlianya sangat sedikit sekali // keberanianya karena mengandalkan kedua orang tuanya // keberaniannya karena merasa dari golongan bangsawan // itu pun hanya kedudukan ayahnya // Sedangkan dirimu belum bisa memahami // atas inti rahasia kebenaran // yang terkandung di dalam Agama Suci.
08
Socaning jiwangganira,// jer katara lamun pocapan pasthi,// lumuh asor kudu unggul,// sumengah sesongaran,// yen mangkono kena ingaran katungkul,// karem ing reh kaprawiran,// nora enak iku kaki.
Isi hatimu itu bisa dikatahui  // dan bisa terlihat dari caramu berkata-kata // yang tidak mau kalah,// dan hanya mau menang sendiri // menyombongkan diri dan suka berdebat // hal yan demikian bisa disebut hanya // senang kepada menangnya sendiri // itu tidak baik wahai anakku.
09
Kekerane ngelmu karang,// kakarangan saking bangsaning gaib,// iku boreh paminipun,// tan rumasuk ing jasad,// amung aneng sajabaning daging kulup,// Yen kapengkok pancabaya,// ubayane mbalenjani.
Sebagai andalannya adalah ilmu sihir // ilmu tipuan yang bersumber dari alam gaib (Jin) // itu ibaratnya hanyalah bedak // yang tidak bisa merasuk ke dalam jasad // yang hanya berada di luar daging wahai anakku // jika terbentur bahaya // mengingkari atas kesanggupannya.
10
Marma ing sabisa-bisa,// bebasane muriha tyas basuki,// puruitaa kang patut,// lan traping angganira, // Ana uga angger ugering kaprabun,// abon aboning panembah, //kang kambah ing siang ratri.
Sehingga agar bisalah // bagaikan berusaha berfikir tentang kebenaran // belajarlah dengan tekun // dan juga tentang sikap dirimu // Selain Hukum Agama ada juga aturan Hukum Negara // Dan ada juga pedoman cara beribada // yang selalu  dijadikan pedoman di siang dan malam hari.
11
Iku kaki takokena,// marang para sarjana kang martapi,// mring tapaking tepa tulus,// kawawa nahen hawa,// Wruhanira mungguh sanyataning ngelmu,// tan mesthi neng janma wreda,// tuwin muda sudra kaki.
Hal itu tanyakanlah wahai anakku // kepada para sarjana yang ahli // dalam jejak ajaran keikhlasan // dan yang telah berhasil mengendalikan hawa nafsu // sedangkan yang telah berhasil memahami kebenaran ilmu itu // tidak harus bagi orang yang telah tua // bagi yang muda dan rakyat jelata pun itu bisa juga.
12
Sapantuk wahyuning Allah,// gya dumilah mangulah ngelmu bangkit,// bangkit mikat reh mangukut, //kukutaning Jiwangga,// Yen mangkono kena sinebut wong sepuh, // liring sepuh sepi hawa,// awas roroning ngatunggil.
Siapapun yang mendapat anugerah dari Allah // dengan segera bangkit dan bisa menguasai segala ilmu kebenaran // bangkit segera medapatkan ilmu yang mampu memahami // dan memahami ilmu mengenal diri sendiri // yang demikian itu bisa disebut sebagai orang tua // yang dimaksud tua itu yang tanang jiwanya // dan yang yang telah memahami dua dalam satu (menyatukan rasa dengan kehendak Tuhan).
13
Tan samar pamoring Sukma,// sinukma ya winahya ing ngasepi,// sinimpen telenging kalbu, //Pambukaning warana,// tarlen saking liyep layaping ngaluyup,// pindha pesating supena,// sumusuping rasa jati.
Tidak ada keraguan dalam menyatukan rasa sukma dengan kehendak Tuhan // menyatukannya di kala dalam keheningan // dan di endapkan di kedalaman batin // sebagai pembuka penghalang // bisa dicapai dalam keadaan antara sadar dan tidur (bagaikan rasa ayunan ketika mengantuk) atau disebut khusyuk // itu bagaikan melesatnya alam mimpi // itulah yang disebut memasuki alam rasa yang sejati.
14
Sajatine kang mangkono,// wus kakenan nugrahaning Hyang Widi,// bali alaming ngasuwung,// tan karem karamean,// ingkang sipat wisesa winisesa wus,// mulih mula mulanira,// mulane wong anom sami.
Kebenaran yang demikian // adalah atas anugerah Tuhan semata // untuk bisa kembali memasuki alam kosong // sehingga sudah tidak tergoda atau menginginkan dunia keramaian // dan antara yang menguasai dan yang dikuasai  // telah kembali kepada asal mulanya // agar bagi yang masih muda (masuk nyanyian Sinom).

PUPUH II
NYANYIAN : SINOM.


01
Nulada laku utama,// tumrape wong Tanah Jawi,// Wong Agung ing Ngeksiganda,// Panembahan Senopati,// kepati amarsudi,// sudane hawa lan nepsu,// pinesu tapa brata,// tanapi ing siyang ratri,// amamangun karyenak tyasing sesama.

Menirulah perbuatan utama // yang sudah berlaku di Tanah Jawa // Atas orang besar dari Ngeksiganda (Raja Mataram) // yang bernama Panembahan Senopati // yang bersungguh penuh dengan ketekunan // dalam mengendalikan hawa nafsunya sendiri // dikekangnya dengan jalan bertafakur keras bertapa // namun pada siang harinya // selalu bertindak dan bersikap menyenangkan hati sesamanya.
02
Samangsane pesamuan,// mamangun martana martani,// sinambi ing saben mangsa,// kala kalaning asepi,/ lelana teki-teki,// nggayuh geyonganing kayun,// kayungyun eninging tyas,// sanityasa pinrihatin,// puguh panggah cegah dhahar,// lawan nendra.
Di kala mengadakan pertemuan // selalu membangkitkan rasa bahagia lahir batin // dan pada setiap saat // ketika sedang tidak ada kesibukan // mengembara di alam rasa // untuk bisa mencapai ketenangan jiwa // karena sangat cintanya pada ketengan hati // dengan cara memaksa atas dorongan keinginan raga // walau sengsara namun tetap mengurangi makan // dan mengurangi tidurnya.
03
Saben nendra saking wisma,// lelana laladan sepi,// ngisep sepuhing supana,// mrih pana pranaweng kapti,// titising tyas marsudi,// mardawaning budya tulus,// mesu reh kasudarman,// neng tepining jala nidhi,// sruning brata kataman wahyu dyatmika.
Setiap pergi meninggalkan istananya // berkala ke tempat kesunyian // untuk meresapi ilmu rahasia // agar bisa memahami makna yang tersirat // agar terbuka mata hatinya // dan terbukanya keindahan budi pekertinya // dengan cara menahan segala kehendak diri // dengan berada di pantai tepi laut // dengan kerasnya bertafakur sehingga  mendapatkan pencerahan hati.
04
Wikan wengkoning samodra,// kederan wus den ideri,// kinemat kamot hing driya,// rinegan segegem dadi,// dumadya angratoni,// nenggih Kanjeng Ratu Kidul,// ndedel nggayuh nggegana,// umara marak maripih,// sor prabawa lan Wong Agung Ngeksiganda.
Sehingga memahami sang penguasa samudra kesenangan // kesemuanya telah dipahami pengaruhnya // dan dihayati serta di pahami di dalam batinnya // digenggam dalam satu genggaman tangan // atas segala keindahan yang merajai dunia // yang diibaratkan sebagai Ratu kidul itulah ibarat kesenangan dunia // keluar terbang ke angkasa // kemudian mendekat dengan penuh ketakutan // karena kalah wibawa oleh Orang besar dari Ngeksiganda (Raja mataram – digoda tuntutan raga dan kesenangan dunia – yang di ibaratkan sebagai sosok ratu pantai selatan / Ratu Kidul).
05
Dahat denira aminta,// sinupeket pangkat kanci,// jroning alam palimunan,//  ing pasaban saben sepi,// sumanggem anjanggemi,// ing karsa kang wus tinamtu,// pamrihe mung aminta,// supangate teki-teki,// nora ketang teken janggut suku jaja.
Dengan pengharapan dirinya dalam memohon // agar dijadikan sahabat dan diberi kedudukan // di alam yang tidak terlihat mata // di tempat kesunyian // mematuhi dan menyanggupi // atas kehendak yang telah ditentukan // semua itu dengan tujuan meminta // diperkenankan tetap ada // walau harus bertongkat Dagu dan berkaki dada (merangkak). (Tuntutan raganya .. di alihkan untuk kesejahteraan kerajaannya).
06
Prajanjine abipraja,// saturun-turun wuri,// Mangkono trahing ngawirya,// yen amasah mesu budi,// dumadya glis dumugi,// iya ing sakarsanipun,// wong agung Ngeksiganda,// nugrahane prapteng mangkin,// trah tumerah darahe pada wibawa.
Perjanjiannya untuk mensejahterakan kerajaan (Bahwa kerajaan itu membutuhkan kekayaan) // sampai dengan anak cucunya // Begitulah keturunan dari manusia luhur // karena tekun mengasah dan melatih budi // sehingga cepat tercapai // atas segala cita-citanya // Orang besar Ngeksiganda (Raja Mataram) // mendapatkan anugerah Tuhan sampai sekarang // Semua keturunannya yang sedarah selalu mendapat kewibwaan dan hidup mulia.
07
Ambawani tanah Jawa,// kang padha jumeneng aji,// satriya dibya sumbaga,// tan lyan trahingSenapati,// pan iku pantes ugi,// tinelad labetanipun,// ing sakuwasanira,// enake lan jaman mangkin,// sayektine tan bisa ngepleki kuna.
Dan menguasai tanah Jawa // dan yang menjadi rajanya // adalah para satria digdaya yang sakti // tidak lain dari anak keturunan Panembahan Senopati // Hal itu patut juga // untuk dijadikan contoh dalam sikap perjuangannya // dengan cara semampunya saja // karena pada jaman sekarang // tidak akan bisa meniru persis seperti di jaman masa lalu.
08
Luwung kalamun tinimbang,// ngaurip tanpa prihatin,// Nanging ta ing jaman mangkya,// pra mudha kang den karemi,// manulad nelad Nabi,// nayakeng rad Gusti Rasul,// anggung ginawe umbag,// saben saba mapir masjid,// ngajap-ajap mukjijat tibaning drajat.
Namun hal itu masih lebih baik dibandingkan // dengan hidup tanpa mengekang diri // Namun di jaman sekarang // bagi para muda yang disenangi // meniru bersikap mencontoh Nabi // Pemimpin Dunia utusan Tuhan // hanya sebatas untuk kesombongan diri saja // setiap masuk ke dalam Masjid // hanya mencari mukjizat mendapatkan derajat saja.
09
Anggung anggubel sarengat,// saringane tan den wruhi,// dalil dalaning ijemak,// kiyase nora mikani,// katungkul mungkul sami,// bengkrakan neng masjid agung,// kalamun maca kutbah,// lelagone dhandhanggendhis,// swara arum ngumandhang cengkok palaran.
Hanya meyakini ilmu syari’at yang tertulis saja // makna yang tersirat tidak dipahaminya // dalil dan jalan Ijma’ // serta Kiyas-nya tidak dikuasainya // yang diyakininya hanya percaya membabi buta sehingga // membanggakan diri di Masjid Agung // dan ketika membaca khutbah // dilagukan dengan lagu Dhandhanggula // suaranya merdu menggema // menggunakan nada Palaran. (jenis nada Jawa).
10
Lamun sira paksa nulad,// Tuladhaning Kangjeng Nabi,// O, ngger kadohan panjangkah,// wateke tak betah kaki,// Rehne ta sira Jawi,// satitik bae wus cukup,// aja ngguru aleman,// nelad kas ngepleki pekih,// Lamun pungkuh pangangkah yekti karamat.
Jika engkau memaksanakn diri mencontoh // Contoh yang diberikan oleh Kanjeng Nabi // Wahai Anakku .. terlalu muluk cita-citamu // engkau tidak akan mampu wahai anakku // karena engkau itu orang Jawa // sedikit saja pun telah mencukupinya // Janganlah hanya mencari pujian // Jika meniru ahli hakikat menjalankan semua aturan Hukum Fikih // jika dijalankan dengan benar pasti akan mendapatkan karomah.
11
Nanging enak ngupa boga,// rehne ta tinitah langip,// apa ta suwiteng Nata,// tani tanapi agrami,// Mangkono mungguh mami,// padune wong dhahat cubluk,// durung wruh cara Arab,// Jawaku bae tan ngenting,// parandene pari peksa mulang putra.
Namun lebih baik mencari nafkah // karena telah ditakdirkan sebagai mahluk lemah // atau mengabdi kepada raja // bertani atau pun berdagagng // seperti itu yang baik menurut pendapat saya  // karena saya orang bodoh // belum memahami tata cara hukum Arab // sedangkan Ilmu Jawa saja, saya belum paham // namun demikian memaksakan diri mendidik putra.
12
Saking duk maksih taruna,// sadhela wus anglakoni,// aberag marang agama,// maguru anggering kaji,// sawadine tyas mami,// banget wedine ing besuk,// pranatan ngakir jaman, //Tan tutug kaselak ngabdi,// nora kober sembahyang gya tinimbalanalan.
Dikarenakan pada waktu mudanya // sebentar pernah merasakan // belajar dan mencintai ilmu Agama // berguru syariat kebenaran // sampai dengan rahasianya, sehingga dalam batinku // sangat takut kepada hari akhir // untuk menghadapi pengadilan di dakhir jaman // namun tidak sampai tamat karena terburu mengabdi // sehingga tidak sempat melaksanakan shalat, karena tiba-tiba dipanggil untuk menghadap.
13
Marang ingkang asung pangan,// yen kasuwen den dukani,// abubrah bawur tyas ingwang,// lir kiyamat saben hari,// bot Allah apa gusti,// tambuh-tambuh solah ingsun, //lawas-lawas graita, //rehne ta suta priyayi, //yen mamriha dadi kaum temah nista.
Oleh yang memberi makan // jika terlalu lama menghadapnya maka dimarahi // sehingga rusak dan bingunglah batinku // bagaikan merasakan kiyamat tiap hari // Lebih berat Allah ataukah Raja // Sehingga ragu-ragulah tingkah laku ku // lama-kelamaan terfikirlah // oleh karena anak bangsawab // apabila berhasrat menjadi pemimpin Agama itu bukan ahlinya.
14
Tuwin ketip suragama,// pan ingsun nora winaris,// angur baya angantepana,// pranatan wajibing urip,// lampahan angluluri,// aluraning pra luluhur,// kuna kumunanira,// kongsi tumekeng semangkin,// Kikisane tan lyan among ngupa boga.
Atau untuk menjadi khatib ceramah Agama // itu pun bukan keahlianku // lebih baik menekuni // tata aturan kewajiban hidup // menjalankan dan meniru // yang telah dicontohkan oleh para leluhur // sejak jaman dahulu // hingga sampai di jaman sekarang // pada akhirnya pun tidak lain hanyalah mencari nafkah saja.
15
Bonggan kang tan mrelokena,// mungguh ugering ngaurip,// uripe lan tri prakara,//  wirya, arta, tri winasis,// kalamun kongsi sepi,// saka wilangan tetelu,// telas tilasing janma,// aji godhong jati aking,// temah papa papariman ngulandara.
Salah sendiri bagi yang tidak memperdulikannya // atas kewajiban hidup // tiga landasan kehidupan // yaitu keluhuran/nama baik; uang ataukesejahteraan, yang ketiganya adalah keahlian atau ilmu // jika sampai tidak memiliki // dari ketiganya itu // maka hilanglah sifat sebagai manusia // lebih berharga sampah daun kering // pada akhirnya menderita bahkan bisa menjadi pengemis atau pun gelandangan.
16
Kang wus waspada ing patrap,// manganyut ayat winasis,// wasana wosing Jiwangga,// melok tanpa aling-aling,// kang ngalingi kaliling,// wenganing rasa tumlawung,// keksi saliring jaman,// angelangut tanpa tepi,// yeku aran tapa tapaking Hyang Sukma.
Bagi yang sudah paham dan bisa menyikapinya // menghayati makna dibalik ayat // akhir dibalik kehidupannya // yang telah melihat dengan jelas tanpa ada penghalang // dan penghalangnya pun telah tersingkir // terbukanya rasa sehingga mengarahkan // terlihatlah dengan nyata segala cerita kehidupan // yang sangat luas tanpa bertepi // itulah yang disebut bertapa pada jejak Tuhan.
17
Mangkono janma utama,// tuman tumanem ing sepi,// ing saben rikala mangsa,// masah amemasuh budi,// lahire den tetepi,// ing reh kasatriyanipun,// susila anor raga,// wignya met tyasing sesame,// yeku aran wong barek berag agama.
Itulah yang disebut manusia sejati // sudah terbiasa di tempat yang hening // dalam setiap keadaannya // mengasuh dan mensucikan budi // dalam tata lahirnya tetap menjalankan // sikap sebagai seorang satria // berlaku baik menata diri // ahli dalam mengambil hati sesamanya // itu lah yang disebut ahli dalam menjalankan syari’at Agama.
18
Ing jaman mengko pan ora,// arahe para turami,// yen antuk tuduh kang nyata,// nora pisan den lakoni,// banjur njujurken kapti,// kakekne arsa winuruk,// ngandelken gurunira,// pandhitane praja sidik,// tur wus manggon pamucunge mring makrifat.
Namun di jaman sekarang tidaklah demikian // sikap para yang muda // jika mendapat petunjuk kebenaran // tidak sekalipun dijalaninya // dan kemudian hanya menuruti kebenarannya sendiri // sehingga kakek-nya pun hendak diajarnya // karena hanya percaya kepada ajaran gurunya // seorang ahli ilmu negara // yang menurutnya telah ahli dan memahami ilmu ma’rifat.

PUPUH III
PUCUNG

01
Ngelmu iku,// kalakone kanthi laku,// lekase lawan kas,// tegese kas nyantosani,// setya budya pangkese dur angkara.
Ilmu itu // bisa terwujud jika dijalankan // dengan cara yang tepat // artinya tepat adalah memperkuatnya // kebenaran itu sebagai peghancur angkara murka.
02
Angkara gung,//neng angga anggung gumulung,// gogolonganira triloka,// lekere kongsi,//yen den umbar ambabar dadi rubeda.
Kekuatan angkara murka // di dalam badan sangat besar sekali // menguasai atas Triloka tiga dunia // hanya mencari kesenangan saja // jika dibiarkan akan menyebar dan jadi penghalang.
03
Beda lamun,// kang wus sengsem reh ngasamun,// semune ngaksama,// sasamane bangsa sisip,// sarwa sareh saking mardi marto tama.
Jauh beda atas // yang sudah menyenangi kesepian dunia rokhani // maka akan selalu bersifat pemaaf // kepada sesamanya yang berbuat salah // dan sabar karena senang perbuatan utama.
04
Taman limut,// durgameng tyas kang weh limput,// kereming karamat,// karana karohaning sih,// sihing Sukma ngrebda sahardi gengira.
Di dalam keheningan // kejahatan hati telah terbuang  //  sehingga menjadi ahli karomah // karena mendapat kasih sayang-Nya // kasih sayang Tuhan mengembang sebesar gunung besarnya.
05
Yeku patut,// tinulad-tulad tinurut,// sapituduhira,// aja kaya jaman mangkin,// keh pramudha mundhi dhiri rapal makna.
Itulah yang seharusnya // ditiru dicontoh dan diikuti // atas segala petunjuknya // jangan seperti di jaman sekarang // banyak yang muda-muda membanggakan diri sebatas menghafal lafal dan mantra
06
Durung pecus,// kesusu kaselak besus,// amak nani lapal,// kaya sayid weton Mesir,// pendhak-pendhak angendhak gunaning janma.
Belum bisa // tergesa-gesa merasa bisa // memaknai lafal // bagaikan Sayid dari Mesir // Setiap saat ingin menguasai kepandaian orang lain.
07
Kang kadyeku,// kalebu wong ngaku-aku,// akale alangka,// elok Jawane den mohi,// paksa ngangkah langkah met kawruh ing Mekah.
Hal seperti itu // termasuk hanya mengaku saja // karena kurang akalnya // ilmu jawa yang indah ditolaknya // berambisi melangkah mengambil ilmu dari Mekkah.
08
Nora weruh,// rosing rasa kang rinuruh,// lumeketing angga,// anggere padha marsudi,// kana-kene kaanane nora beda.
Tidak tau // inti rasa itulah yang sangat perlu // yang menyatu di badan // jika mau mengusahakannya // ilmu di sana dan di sini pun tiada beda.
09
Uger lugu,// den ta mrih pralebdeng kalbu,// yen kabul kabuka,/// ing drajat kajating urip,// kaya kang wus winahyeng sekar srinata.
Asal jujur // dalam usahanya membersihkan kalbu // jika terkabul berhasil terbuka // tentang derajat kebenaran hidup // seperti yang diuraikan dalam Nyanyian Sinom tersebut di atas.
10
Basa ngelmu,// mupakate lan panemu,// pasahe lan tapa,// yen satriya tanah Jawi,// kuna-kuna kang ginilut triprakara.
Tentang Ilmu // itu adalah kebenaran logika // untuk mempertajam adalah dengan jalan bertapa // bagi satria di Tanah Jawa // pada jaman dahulu yang dijadikan pedoman adalah tiga hal.
11
Lila lamun,// kelangan nora gegetun,// trima yen kataman,// sakserik sameng dumadi,// trilegawa nalangsa srahing Batara.
Ikhlas jika // kehilangan tidak tidak merasa kecewa // ikhlas jika mendapat cobaan // dan ikhlas juga jika dibenci sesamanya // dan yang ketiga ikhlas dan berserah diri kepada Tuhan.
12
Batara gung,// inguger graning jajantung,// jenak Hyang Wisesa,// sana pasenedan Suci,// nora kaya si mudha mudhar angkara.
Tuhan Yang Maha Agung // dijadikan pedoman di dalam jantungnya // sebagai singgasan Tuhan // tempat bersemayam-Nya Yang Maha Suci // tidak seperti kelakuan yang muda-muda yang selalu menuruti angkaranya.
13
Nora uwus,// kareme anguwus-uwus,// uwose tan ana,// mung janjine muring-muring,// kaya buta-buteng betah nganiaya.
Tidak menyadari diri // hobbynya menyalah-nyalahkan // namun isinya tidak ada // marahnya hanya asal-asalan saja // Bagaikan sifat raksasa yang sukanya menganiaya.
14
Sakeh luput,//  ing angga tansah linimput,// linimpet ing sabda,// narka tan ana udani, // lumuh ala ardane ginawe gada.
Segala kesalahan // di dirinya ditutupinya // ditutupi dengan kata-katanya // dikiranya tidak ada yang mengetahuinya // tidak mau dibilang jahat dan kemarahannya untuk menyerangnya.
15
Durung punjul,// ing kawruh kaselak jujul,// kaseselan hawa,// cupet kapepetan pamrih,// tangeh nedya anggambuh mring Hyang Wisesa.
Belum ahli // dalam hal ilmu tergesa-gesa ingin dianggp pintar // karena terdorong hawa // pendek nalarnya tertutup cita-citannya // hal itu tidak mungkin untuk bisa mendekat kepada Tuhan.

PUPUH IV
NYANYIAN  :  GAMBUH

01
Samengko ingsun tutur,// sembah catur: supaya lumuntur,// dihin: raga,// cipta, jiwa, rasa, kaki,// ing kono lamun tinemu,// tandha nugrahaning Manon.
Sekarang saya sampaikan // empat macam ibadah agar selalu dijalankan // yang pertama ibadah Raga // Cipta, Jiwa,,dan rasa wahai anakku // jika hal demikian bisa kau kuasai // itu adalah anugerah Tuhan semata.
02
Sembah raga puniku,// pakartine wong amagang laku,// susucine asarana saking warih,// kang wus lumrah limang wektu,//wantu wataking wawaton.
Ibadah raga itu // dikerjakan dalam tindakan // bersuci dengan menggunakan air // yang sudah umum adalah lima waktu // syarat dan rukunnya itu pedomannya.
03
Inguni-uni durung,// sinarawung wulang kang sinerung,// lagi iki bangsa kas ngetok-ken anggit,// mintoken kawignyanipun,// sarengate elok-elok.
Sebelumnya belum ada // yang membuka ajaran yang terselubung // baru di jaman sekarang ahli hakikat membuat karangan // menyebarkan kepandaiannya // syariatnya aneh-aneh.
04
Thithik kaya santri Dul,// gajeg kaya santri brahi kidul,// saurute Pacitan pinggir pasisir,// ewon wong kang padha nggugu//, anggere guru nyalemong.
Sedikit-sedikit seperti santri bodoh // bergaya bagaikan santri di bagian selatan // di wilayah tepi pantai Pacitan // ribuan orang yang mempercayainya // atas apapun yang disampaikan sang guru.
05
Kasusu arsa weruh,// cahyaning Hyang kinira yen karuh,///ngarep-arep urup arsa den kurebi, //Tan wruh kang mangkono iku,// akale keliru enggon.
Karena tergesa-gesa ingin paham // cahaya Tuhan yang di kira-kira, jika bisa melihatnya //  mengharapkan nyalanya yang akan di jadikan pedoman bahwa itulah Tuhan // karena tidak tau bahwa hal seperti itu adalah // penerapan akal yang salah.
06
Yen ta jaman rumuhun, // tata titi tumrah tumaruntun,// bangsa srengat tan winor lan laku batin,// dadi ora gawe bingung,// kang padha nembah Hyang Manon.
Sedangkan pada jaman dahulu // tertata, terbagi, dan berurutan // Ilmu syariat di dicampur dengan ilmu hakikat // sehingga tidak membingungkan // bagi yang menjalan ibadah kepada Tuhan.
07
Lire sarengat iku,// kena uga ingaranan laku,// dihin ajeg kapindhone ataberi,// pakolehe putraningsun,// nyenyeger badan miwah kaot.
Yang dimaksud syariat adalah // bisa disebut juga sebagai laku perbuatan // yang pertama rutin dijalankan dan tidak terputus // hasil yang negkau peroleh wahai anakku // menyehatkan badan dan menyegarkan roman muka.
08
Wong seger badanipun,// otot daging kulit balung sungsum,// tumrah ing rah memarah antenging ati,// antenging ati nunungku,// angruwat ruweting batos.
Orang yang sehat badannya // otot daging kulit tulang dan sumsum // hingga sampai ke darah itu menyebabkan hati menjadi tenang // dari ketenangan hati kemudian // akan menghilangkan keruhnya batin.
09
Mangkono mungguh ingsun,// ananging ta sarehne asnafun,// beda-beda panduk panduming dumadi,// sayektine nora jumbuh,// tekad kang padha linakon.
Seperti itulah menurut diriku // namun oleh karena setiap manusia // berbeda-beda dalam memahami tentang kehidupan // tentulah tidak akan sama // atas keyakinan yang dijalankannya.
10
Nanging ta paksa tutur,// rehning tuwa tuwase mung catur,// bok lumuntur lantaraning reh utami,// sing sapa temen tinemu,// nugraha geming Kaprabon.
Namun diriku terpaksa memberi nasihat // karena lebih tua walau tua hanya bisa berkata saja // barangkali ada manfaatnya sebagai lantaran dalam hal keutamaan // Barangsiapa yang bersungguh-sungguh pasti akan menemukan // anugerah pedoman dalam kehidupan.
11
Samengko sembah kalbu,// yen lumintu uga dadi laku,// laku agung kang kagungan Narapati,// patitis tetesing kawruh,// meruhi marang kang momong.
Sedangkan Ibadah Kalbu // jika dijalankan terus menerus pun menjadi ibadah // itu lah tindakan yang agung yang dijalankan oleh raja // tepat dan jelas ilmunya // hingga bisa memahami kepada yang mengayominya.
12
Sucine tanpa banyu,// mung nyenyuda mring hardaning kalbu,// pambukane tata,// titi, ngati-ati,// atetetp talaten atul,// tuladhan marang waspaos.
Bersucinya tidak mempergunakan air // hanya dengan jalan mengurangi dorongan keinginan hati // terbukanya dengan tertata // teliti dan berhati-hati // tetap tekun belajar // meneladani dan berpedoman pada kewaspadaan.
13
Mring jatining pandulu,// panduk ing ndon dedalan satuhu,// lamun lugu leguting reh maligi,// lageane tumalawung,// wenganing alam kinaot.
Kepada inti penglihatan // jika bisa sampai pada intinya itulah jalan yang sebenarnya // jika hanya itu saja dalam konsentrasinya // dengan sikap bersungguh-sungguh // maka akan terbukalah rahasia alam.
14
Yen wus kambah kadyeku,// sarat sareh saniskareng laku,// kalakone saka eneng, ening, eling, // Ilanging rasa tumlawung,// kono adile Hyang Manon.
Jika sudah memasuki hal itu // harus dengan syarat sabar dalam segala tindakannya // berhasilnya adalah dengan diam, hening dan sadar atau selalu ingat // kesadaran rasa tertuju kepada keadilan Tuhan.
15
Gagare ngunggar kayun,// tan kayungyun mring ayuning kayun,// bangsa anggit yen ginigit nora dadi,// Marma den awas den emut,// mring pamurunging lelakon.
Kegagalan melepaskan kehendak // tidak tertarik atas indahnya tujuan // segala hasil karya manusia jika diyakini tentang kebenarannya itu tidak benar // maka dari itu hati-hatilah dan ingatlah // akan penghalang dan rintangan tujuan.
16
Samengko kang tinutur,// sembah katri kang sayekti katur,// mring Hyang Sukma sukmanen sehari-hari,// arahen dipun kecakup,// sembah ing Jiwa sutengong.
Sekarang akan membicarakan // Ibadah yang ketiga yaitu diperuntukkan // Bagi Tuhan yaitu dengan jalan mengingatnya setiap saat // bersungguh-sungguhlah hingga kau kuasai  // ibadah bagi jiwa ini wahai anakku.
17
Sayekti luwih prelu,// ingaranan pepuntoning laku,// kalakuan kang tumrap bangsaning batin,// sucine lan Awas Emut,// mring alame alam maot.
Sesungguhnnya ini sangatlah penting // disebut juga akhir dari tindakan // tindakan yang berhubungan dengan batin // bersucinya adalah dengan jalan waspada dan ingat serta sadar diri // atas alam yaitu alam kematian.
18
Ruktine ngangkah ngukut,// ngiket ngrukut triloka kakukut,// jagad agung ginulung lan jagad cilik,// Den kandel kumandel kulup,// mring kelaping alam kono.
Rawatlah dalam cita-cita untuk bisa menguasainya // mengikat, merengkuh triloka tiga dunia di kuasainya // jagad besar di gulung bersama dengan jagad kecil // perteballah keyakinanmu wahai anakku // atas gemerlapnya alam tersebut.
19
Keleme mawa limut,// kalamatan jroning alam kanyut,// sanyatane iku kanyatan kaki,// Sajatine yen tan emut,// sayekti tan bisa awor.
Untuk mendalaminya itu penuh kabut // akan mendapat firasat di dalam alam menghanyutkan // kebenarannya itulah kenyataan wahai anakku // sesungguhnya jika tanpa ingatan // sesungguhnya tidak akan bisa menyatu.
20
Pamete saka luyut,// sarwa sareh saliring panganyut,/ lamun yitna kayitnan kang mitayani,// tarlen mung pribadinipun,// kang katon tinonton kono.
Jalan masuknya adalah dari antara sadar dan tiada (batas antara alam lahir dan batin) // dengan jalan tenang ikhlas sabar dalam mengendalikan gerak keinginannya // jika waspada dan terus wasspada itulah kekuatannya // dan akhirnya diri sendirilah yang nampak di sana (Siapa yang mengenal dirinya .. akan diantarkan untuk mengenal Tuhan-nya).
21
Nging aywa salah surup,// kono ana sajatining Urub,// yeku urup pangarep uriping Budi,// sumirat sirat narawung,// kadya kartika katongton.
Namun jangan sampai salah terka // di situ ada cahaya yang sejati // itulah nyala yang membimbing tumbuhnya budi // bercahaya memancar terlihat nyata // bagaikan cahaya bintang nampak di sana.
22
Yeku wenganing kalbu,// kabukane kang wengku winengku,// wewengkone wis kawengku neng sireki,// nging sira uga kawengku,// mring kang pindha kartika byor.
Itulah terbukanya pintu hati // terbukalah untuk memahami yang menguasai dan yang dikuasai // kekuasaannya telah berada di dalam kekuasaanmu // namun dirimu itulah yang sebenarnya terkuasai // oleh yang seperti cahaya bintang gemerlapan.
23
Samengko ingsun tutur,// gantya sembah ingkang kaping catur,// sembah Rasa karasa rosing dumadi,// dadine wis tanpa tuduh,// mung kalawan kasing Batos.
Sekarang kusampaikan // berganti ibadah yang ke empat // Ibadah Rasa terasa pada inti hakikat kehidupan // untuk bisa menguasainya itu tidak ada petunjuknya // hanya dengan jalan kekuatan batin diri pribadi.
24
Kalamun durung lugu,// aja pisan wani ngaku-aku,// antuk siku kang mangkono iku kaki,// kena uga wenang muluk,// kalamun wus pada melok.
Jika belum merasakan sendiri // jangan sekalpun berani mengakuinya // akan mendapat laknat jika bersikap seperti itu wahai anakku // boleh saja menjelaskannya // asalkan telah benar-benar merasakannya sendiri.
25
Meloke ujar iku,// yen wus ilang sumelang ing kalbu,// amung kandel kumandel ngandel mring takdir,// iku den awas den emut,// den memet yen arsa momot.
Menjelaskan dengan kata-kata tentang hal itu // jika telah hilang keraguan hati // jika telah yakin meyakini dan mempercayai sebenar-benar yakin tentang Takdir // hal itu harus waspada dan hati-hati dan selalu ingat // harus dengan cermat jika ingin menguasainya.
26
Pamoring ujar iku,// kudu santosa ing budi teguh,// sarta sabar tawekal legaweng ati,// trima lila ambeg sadu,// weruh wekasing dumados.
Keberhasilan melaksanakan nasihat itu // harus kuat dan teguh budi //serta sabar tawakal dan ikhlas di hati // menerima ikhlas dalam segalanya // memahami akhir segala kejadian.
27
Sabarang tindak-tanduk,// tumindake lan sakadaripun,// den ngaksama kasisipaning sesami,// sumimpanga ing laku dur,// hardaning budi kang ngrodon.
Segala tingkah lakunya // tindakannya dan jalan semampunya // memberi maaf atas kesalahan sesamanya // menghindari perbuatan sesat // dan watak angkara murka.
28
Dadya wruh iya dudu,// yeku minangka pandaming kalbu,// ingkang buka ing kijab bullah agaib,// sesengkeran kang sinerung,// dumunung telenging batos.
Sehingga memahami yang benar dan yang salah // itulah sebagai pedoman hati // sebagai pembuka hijab Allah yang Maha Gaib // larangan yang tertutup itu // berada pada pusat batin.
29
Rasaning urip iku// krana momor pamoring sawujud,// wujuddullah sumrambah ngalam sakalir,// lir manis kalawan madu,// endi arane ing kono.
Rasa hidup itu // karena menyatu dengan Yang Maha Wujud // Wujud Dzat Allah menguasai seluruh alam // bagaikan rasa manis di dalam madu // manakah antara manis dan madunya.
30
Endi manis endi madu,// yen wis bisa nuksmeng pasang semu,// pasamoning hebing kang Maha Suci,// kasikep ing tyas kacakup,// kasat mata lair batos.
Mana yang manisnya dan mana madunya // jika sudah bisa memahami ibarat ini // makna yang tersirat di balik sabda Tuhan Yang Maha Suci // hal itu kuasailah dalam hati dengan sempurna // maka akan bisa melihat yang Maha Nyata dan Yang Maha Ghaib.
31
Ing batin tan keliru,// kedhap kilap liniling ing kalbu,// kang minangka colok celaking Hyang Widi, //widadaning budi sadu,// pandak panduking liru nggon.
Tidak salah dalam batin-nya // atas cetusan hati aagr dipilah di teliti // sebagai petunjuk yang mengarah dan mendekat kepada Tuhan // agar selamatlah budi yang baik // serta memahami segala perubahan yang terjadi.
32
Nggonira mrih tulus,// kalaksitaning reh kang rinuruh,// ngayanira mrih wikal,// warananing gaib,// paranta lamun tan weruh,// sasmita jatining endhog.
Agar dirimu bisa berhasil // dalam usaha pencarian // dengan gigih  agar mengetahui // penutup Yang Maha Ghaib // itu apabila belum memahami // makna yang sebenarnya tenetang telur.
33
Putih lan kuningpun,// lamun arsa titah teka mangsul,// dene nora mantra-mantra yen ing lair,// bisa aliru wujud,// kadadeyane ing kono.
Putih dan kuningnya // jika akan menetas maka menjadi terbalik // tidak terbayangkan bahwa akan berganti wujud // bisa berganti wujud // dalam kejadian tersebut.
34
Istingarah tan metu,// lawan istingarah tan lumebu,// dene ing njro wekasane dadi njawi,// rasakna kang tuwajuh,// aja kongsi kabasturon.
Bisa dipatikan tidak keluar // dan juga tidak masuk // sedangkan yang semula di dalam akhirnya berada di luar //pikirkanlah hal itu hingga paham // jangan sampai tidak kau pahami.
35
Karana yen kebanjur,// kajantaka tumekeng saumur,// tanpa tuwas yen tiwasa ing dumadi,// dadi wong ina tan wruh,// dheweke den anggep dhayoh.
Apabila sudah terlanjur // maka akan mengalami kekecewaan hidup sepanjang hidupnya // tidak ada gunanya jika telah sampai saat kematiannya // akan menjadi hina karena tidak mengetahui // Dirinya dianggap sebagai tamu.

PUPUH V
NYANYIAN : KINANTHI

01
Mangka kantining tumuwuh,// salami mung awas eling,// eling lukitaning alam,// wedi weryaning dumadi,// supadi niring sangsaya,// yeku pangreksaning urip.
Sedangkan yang menyelamatkan hidup // selama hidupnya adalah waspada dan ingat  // ingat segala pelajaran yang ada di alam // takut salah dalah hidupnya // agar bisa lepas dari segala cobaan // itulah cara memelihara hidup.
02
Marma den taberi kulup,// angulah lantiping ati,// rina wengi den anedya,// pandak-panduking pambudi,// bengkas kahardaning driya,// supadya dadya utami.
Oleh karena itu rajinlah selalu wahai anakku // belajar mempertajam hati // berusahalah di siang dan malam hari // selalu berusaha pada tiap saatnya // untuk menghancurkan dan mengendalikan tuntutan keinginan pancaindra // agar bisa menjadi berifat utama.
03
Pangasahe sepi samun,// aywa esah ing salami,// samangsa wis kawistara,// lalandhepe mingis-mingis,// pasah wukir reksa muka,// kekes srabedaning budi.
Untuk mempertajamnya itu di tempat yang sepi dan keheningan dengan cara tafakur // jangan sampai terhenti selamanya // apabila sudah bisa memahaminya // akan sangat tajam mata hatinya // bisa untuk mengiris gunung angkara murka // hilang musnah penghalang budi.
04
Dene awas tegesipun,// weruh warananing urip,// miwah wisesaning tunggal,// kang atunggil rina wengi,// kang mukitan ing sakarsa,// gumelar ngalam sakalir.
Sedang makna waspada // mengetahui penghalang hidup // serta kekuasaan Yang Maha Tunggal // yang selalu bersama di siang dan malam // yang selalu mengabulkan segala keinginan // dan yang terhampar di seluruh alam.
05
Aywa sembrana ing kalbu,// wawasen wuwus sireki,/// ing kono yekti karasa,// dudu ucape pribadi,// marma den sembadeng sedya,// wewesen praptaning uwis.
Jangan sampai lengah di dalam hati // telaahlah terlebih dahulu segala perkataanmu // maka akan terasa // bahwa itu bukan kata-katamu sendiri // maka dari itu agar benarkan dulu niatnya // telaahlah sampai dengan akibat akhirnya.
06
Sirnakna semanging kalbu,// den waspada ing pangeksi,// yeku dalaning kasidan,// sinuda saka satitik,// pamotahing nafsu hawa,// jinalantih mamrih titih.
Hilangkan keraguan hati // waspadalah dalam niat cita-citanya // itulah jalan kebenaran // kurangilah sedikit demi sedikit // ajakan hawa nafsu // latihlah agar menjadi patuh.
07
Aywa mamatuh malutuh,// tanpa tuwas tanpa kasil,// kasalibuk ing srabeda,// marma dipun ngati-ati,// urip keh rencananira,// sambekala den kaliling.
Jangan membiasakan diri berbuat cela // itu tidak ada manfaatnya dan tidak ada hasilnya // justru akan terjerat dan mendapat coba // maka dari itu hati-hatilah // hidup itu banyak sekali rintangannya // godaan hidup agar di waspadai.
08
Upamane wong lumaku,// marga gawat den liwati,// lamun kurang ing pangarah,// sayekti karendet ing ri,// apese kasandhung padhas,// babak bundhas anemahi.
Bagaikan orang berjalan // melewati jalan yang berbahaya // jika kurang perhitungan // maka akan tertusuk duri // setidaknya terantuk batu cadas // akhirnya terluka parah.
09
Lumrah bae yen kadyeku, //atetamba yen wis bucik,// duwea kawruh sabodag,// yen ta nartani ing kapti,// dadi kawruhe kinarya,// ngupaya kasil lan melik.
Wajarlah jika demikian // mencari obat setalh sakit // meski memili ilmu segudang // jika tidak di hayati dalam hati // ilmunya hanya digunakan // untuk mencari penghasilan dan kepemilikan harta.
10
Meloke yen arsa muluk,// muluk ujare lir wali,// wola-wali nora nyata,// anggepe pandhita luwih,// kaluwihane tan ana,// kabeh tandha-tandha sepi.
Itu terlihat dalam ucapannya // perkataannya tinggi bagaikan wali // namun berulang kali tidak ada kenyataannya // menganggap dirinya sebagai ahli ilmu // namuan tidak memiliki kelebihan apa-apa // buktinya pun kosong tidak terlihat.
11
Kawruhe mung ana wuwus,// wuwuse gumaib baib,// kasliring titik tan kena,// mancereng alise gatik,// apa pandhita antige, //kang mangkono iku kaki.
Ilmunya hanya dimulut saja // perkataanyya tidak masuk akal // di tentang sedikit saja tidak akan mau // melotot alisnya pun bersatu // itulah pandita palsu // jika seperti itu wahai anakku.
12
Mangka ta kang aran laku,// lakune ngelmu sajati,// tan dahwen pati openan,// tan panasten nora jail,// tan njurungi ing kaardan,// amung eneng mamrih ening.
Sedangkan yang disebut laku // kebenaran ilmu sejati // tidak iri dan dengki // tidak gampang marah dan tidak usil // tidak mendorong keluarnya hawa nafsu // hanya tenang agar hening.
13
Kunanging budi luhung,//bangkit ajur ajer kaki,// yen mangkono bakal cikal,// thukul wijining utami,// nadyan bener kawruhira,// yen ana kang nyulayani.
Sinar budi yang baik itu // akan nampak dalam sikap pergaulan yang selalu menyenangkan // jika demikian itu sebagai biji // untuk menjadi tumbuhnya sifat utama // meski benar ilmunya // jika ada yang membantahnya.
14
Tur kang nyulayani iku,// wus wruh yen kawruhe nempil,// nanging laire angalah,// katingala angemori,// mung ngenaki tyasing liyan,// aywa esak aywa serik.
Dan yang membantahnya adalah // sudah paham bahwa ilmunya hanya meminjam // namun dalam sikap lahirnya akan mengalah // memperlihatkan sikap menyetujuinya // dengan tujuan menyenangkan hati orang lain // pun jangan sakit hati dan dendam.
15
Yeku ilapating wahyu,// yen yuwana ing salami, //marga wimbuh ing nugraha,// saking heb kang Maha Suci,// cinancang pucuking cipta,// nora ucul-ucul kaki.
Itulah petuha wahyu // jika bisa bersikap seperti selamanya // maka akan semakin bertambah anugerahnya  // dari kemurahan Yang Maha Suci // ikatlah di ujung cipta // janganlah sampai terlepas wahai anakku.
16
Mangkono ingkang tinamtu,// tampa nugrahaning Widhi,// marma ta kulup den bisa,// mbusuki ujaring janmi,// pakoleh lair batinnya,// iyeku budi premati.
Seperti itulah sudah menjadi ketentuan // akan menerima anugerah Tuhan // maka dari itu wahai anakku agar bisalah // bersikap pura-pura bodoh ketika mendengarkan perkataan seseorang // itu akan memperoleh dalam lahir dan batinnya // yang disebut budi yang mulia.
17
Pantes tinulad tinurut,// laladane mrih utami,// utama kembanging mulya,// kamulyaning jiwa dhiri,// ora yen ta ngeplekana,// lir leluhur nguni-uni.
Pantes menjadi tauladan dan panutan // itu cara agar menjadi utama // kebaikan adalah awal kemuliaan // kemuliaan jiwa dan diri // meski tidak bisa menyamai // seperti para leluhur dan jaman dahulu.
18
Ananging ta kudu-kudu,// sakadarira pribadi,// aywa tinggal tutuladan,// lamun tan mangkono kaki,// yekti tuna ing tumitah,// poma kaestokna kaki.
Namun haruslah // semampunya diri sendiri // jangan meninggalkan petuah para sesepuh // jika tidak demikian wahai anakku // sungguh rugilah dalam hidupnya // Sungguh !! patuhilah wahai anakku.!!

Sepanjang, Sidoarjo : 6 April 2014.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar