Dan membangun manusia itu, seharusnya dilakukan sebelum membangun apa pun. Dan itulah yang dibutuhkan oleh semua bangsa.
Dan ada sebuah pendapat yang mengatakan, bahwa apabila ingin menghancurkan peradaban suatu bangsa, ada tiga cara untuk melakukannya, yaitu:

Hancurkan tatanan keluarga.
Hancurkan pendidikan.
Hancurkan keteladanan dari para tokoh masyarakat dan rohaniawan.

Selasa, 15 Juli 2014

Filsafat Jawa Dalam Serat Wedatama Macapat

Ajaran Budi Pekerti Jawa

TERJEMAHAN  BEBAS & NASKAH ASLI “SERAT “WEDHATAMA”
Oleh : ANJAR ANY
Penerbit : Percetakan – Toko Buku CV. Aneka Ilmu - Semarang
Tahun : 1983
Edit Penerjemah : Pujo Prayitno

PUPUH I
NYANYIAN : PANGKUR

01
Mingkar-mingkuring ukara, // akarana karenan mardi siwi, // sinawung resmining kidung// sinuba sinukarta,// mrih kretarta pakartining ilmu luhung, // kang tumrap ing tanah Jawa, // agama ageming aji.
Merangkai kata-kata (Ada yang tertulis Mingkar-mingkuring angkara – menjauhi sifat angkara // karena berkehendak memberikan ajaran untuk anak cucu // Digubah dalam nyanyian kidung yang indah // agar lebih mengena atas manfaat dari ilmu luhur // bahwa yang berlaku di tanah Jawa // adalah Agama itu Baju yang sangat Indah.
02
Jinejer ing Wedhatama,// mrih tan kemba kembenganing pambudi,//mangka nadyan tuwa pikun,// yen tan mikani rasa,// yekti sepi sepa lir sepah asamun,// samasane pakumpulan,// gonyak-ganyuk nglelingsemi.
Yang diuraikan di dalam Kitab/Serat Wedhatama // dengan harapan janganlah lemah penalaran akal budinya // Walaupun sudah tua dan pikun // jika tidak memahami ilmu rasa // pastilah jiwanya kosong, hampa bagaikan sampah yang tidak berguna // Dan jika sedang berada dalam perkumpulan // tidak bisa menempatkan diri sehingga bersikap memalukan.
03
Nggugu karsane priyangga,// nora nganggo peparah lamun angling,// lumuh ingaran balilu,// uger guru aleman,// nanging janma ingkang wus waspadeng semu,// sinamun samudana,// sesadoning adu manis .
Hanya menuruti benarnya sendiri // jika berkata tidak menggunakan dasar // dan tidak mau disebut semaunya sendiri // dan ingin disanjung sebagai guru // Namun manusia yang telah paham ilmu yang tersirat // menutupi atas segala tingkahnya // dan menaggapinya dengan sikap yang ramah.
04
Si pengung nora nglegewa,// sangsayarda denira cacariwis,// ngandhar-andhar angendukur,// kandhane nora kaprah,// saya elok alangka longkangipun, //si wasis waskitha ngalah,// ngalingi marang sipingging.
Namun si dungu tidak memahaminya // semakin menjadi-jadi kata-katanya // melantur tidak karuan // yang dibicarakan tidak masuk akal // semakin aneh dan mengada-ada // Sedangkan yang ahli telah paham sehingga mengalah saja // bahkan menutupi kebodohan orang yang bodoh.
05
Mangkono ilmu kang nyata,// sanyatane mung we reseping ati,// bungah ingaran cubluk,// sukeng tyas yen den ina,// nora kaya si punggung anggung gumunggung,// ugungan sadina dina,// aja mangkono wong urip.
Itulah kebenaran ilmu // yang sebenarnya untuk menyenangkan hati // justru senang jika dikira orang bodoh // senang hatinya jika pun di hina // tidak seperti sikap orang bodoh yang selalu ingin di puja // sehingga menyombongkan ddiri setiap harinya // janganlah bersikap seperti di dalam pergaulan hidup.
06
Uripa sapisan rusak,// nora mulur nalare ting saluwir,// kadi ta guwa kang sirung,//  sinerang ing maruta,// gumarenggeng anggereng anggung gumrunggung,// pindha padhane si mudha,// prandene paksa kumaki.
Hidup di dunia hanya sekali namun rusak // karena tidak berkembang penalarannya dan tercabik-cabik // bagaikan berada di dalam kegelapan gua // atau bagaikan dihempas badai // hanya suaranya saja yang keras menggema menggelagar dengan kerasnya // bagaikan anak muda yang // yang sombongnya tidak terkira.
07
Kikisane mung sapala,// palayune ngendelken yayah wibi,// bangkit tur bangsaning luhur,// lah iya ingkang rama,// balik sira sarawungan bae durung,// mring atining tata krama,// nggon-anggon agama suci.
Keahlianya sangat sedikit sekali // keberanianya karena mengandalkan kedua orang tuanya // keberaniannya karena merasa dari golongan bangsawan // itu pun hanya kedudukan ayahnya // Sedangkan dirimu belum bisa memahami // atas inti rahasia kebenaran // yang terkandung di dalam Agama Suci.
08
Socaning jiwangganira,// jer katara lamun pocapan pasthi,// lumuh asor kudu unggul,// sumengah sesongaran,// yen mangkono kena ingaran katungkul,// karem ing reh kaprawiran,// nora enak iku kaki.
Isi hatimu itu bisa dikatahui  // dan bisa terlihat dari caramu berkata-kata // yang tidak mau kalah,// dan hanya mau menang sendiri // menyombongkan diri dan suka berdebat // hal yan demikian bisa disebut hanya // senang kepada menangnya sendiri // itu tidak baik wahai anakku.
09
Kekerane ngelmu karang,// kakarangan saking bangsaning gaib,// iku boreh paminipun,// tan rumasuk ing jasad,// amung aneng sajabaning daging kulup,// Yen kapengkok pancabaya,// ubayane mbalenjani.
Sebagai andalannya adalah ilmu sihir // ilmu tipuan yang bersumber dari alam gaib (Jin) // itu ibaratnya hanyalah bedak // yang tidak bisa merasuk ke dalam jasad // yang hanya berada di luar daging wahai anakku // jika terbentur bahaya // mengingkari atas kesanggupannya.
10
Marma ing sabisa-bisa,// bebasane muriha tyas basuki,// puruitaa kang patut,// lan traping angganira, // Ana uga angger ugering kaprabun,// abon aboning panembah, //kang kambah ing siang ratri.
Sehingga agar bisalah // bagaikan berusaha berfikir tentang kebenaran // belajarlah dengan tekun // dan juga tentang sikap dirimu // Selain Hukum Agama ada juga aturan Hukum Negara // Dan ada juga pedoman cara beribada // yang selalu  dijadikan pedoman di siang dan malam hari.
11
Iku kaki takokena,// marang para sarjana kang martapi,// mring tapaking tepa tulus,// kawawa nahen hawa,// Wruhanira mungguh sanyataning ngelmu,// tan mesthi neng janma wreda,// tuwin muda sudra kaki.
Hal itu tanyakanlah wahai anakku // kepada para sarjana yang ahli // dalam jejak ajaran keikhlasan // dan yang telah berhasil mengendalikan hawa nafsu // sedangkan yang telah berhasil memahami kebenaran ilmu itu // tidak harus bagi orang yang telah tua // bagi yang muda dan rakyat jelata pun itu bisa juga.
12
Sapantuk wahyuning Allah,// gya dumilah mangulah ngelmu bangkit,// bangkit mikat reh mangukut, //kukutaning Jiwangga,// Yen mangkono kena sinebut wong sepuh, // liring sepuh sepi hawa,// awas roroning ngatunggil.
Siapapun yang mendapat anugerah dari Allah // dengan segera bangkit dan bisa menguasai segala ilmu kebenaran // bangkit segera medapatkan ilmu yang mampu memahami // dan memahami ilmu mengenal diri sendiri // yang demikian itu bisa disebut sebagai orang tua // yang dimaksud tua itu yang tanang jiwanya // dan yang yang telah memahami dua dalam satu (menyatukan rasa dengan kehendak Tuhan).
13
Tan samar pamoring Sukma,// sinukma ya winahya ing ngasepi,// sinimpen telenging kalbu, //Pambukaning warana,// tarlen saking liyep layaping ngaluyup,// pindha pesating supena,// sumusuping rasa jati.
Tidak ada keraguan dalam menyatukan rasa sukma dengan kehendak Tuhan // menyatukannya di kala dalam keheningan // dan di endapkan di kedalaman batin // sebagai pembuka penghalang // bisa dicapai dalam keadaan antara sadar dan tidur (bagaikan rasa ayunan ketika mengantuk) atau disebut khusyuk // itu bagaikan melesatnya alam mimpi // itulah yang disebut memasuki alam rasa yang sejati.
14
Sajatine kang mangkono,// wus kakenan nugrahaning Hyang Widi,// bali alaming ngasuwung,// tan karem karamean,// ingkang sipat wisesa winisesa wus,// mulih mula mulanira,// mulane wong anom sami.
Kebenaran yang demikian // adalah atas anugerah Tuhan semata // untuk bisa kembali memasuki alam kosong // sehingga sudah tidak tergoda atau menginginkan dunia keramaian // dan antara yang menguasai dan yang dikuasai  // telah kembali kepada asal mulanya // agar bagi yang masih muda (masuk nyanyian Sinom).

PUPUH II
NYANYIAN : SINOM.


01
Nulada laku utama,// tumrape wong Tanah Jawi,// Wong Agung ing Ngeksiganda,// Panembahan Senopati,// kepati amarsudi,// sudane hawa lan nepsu,// pinesu tapa brata,// tanapi ing siyang ratri,// amamangun karyenak tyasing sesama.

Menirulah perbuatan utama // yang sudah berlaku di Tanah Jawa // Atas orang besar dari Ngeksiganda (Raja Mataram) // yang bernama Panembahan Senopati // yang bersungguh penuh dengan ketekunan // dalam mengendalikan hawa nafsunya sendiri // dikekangnya dengan jalan bertafakur keras bertapa // namun pada siang harinya // selalu bertindak dan bersikap menyenangkan hati sesamanya.
02
Samangsane pesamuan,// mamangun martana martani,// sinambi ing saben mangsa,// kala kalaning asepi,/ lelana teki-teki,// nggayuh geyonganing kayun,// kayungyun eninging tyas,// sanityasa pinrihatin,// puguh panggah cegah dhahar,// lawan nendra.
Di kala mengadakan pertemuan // selalu membangkitkan rasa bahagia lahir batin // dan pada setiap saat // ketika sedang tidak ada kesibukan // mengembara di alam rasa // untuk bisa mencapai ketenangan jiwa // karena sangat cintanya pada ketengan hati // dengan cara memaksa atas dorongan keinginan raga // walau sengsara namun tetap mengurangi makan // dan mengurangi tidurnya.
03
Saben nendra saking wisma,// lelana laladan sepi,// ngisep sepuhing supana,// mrih pana pranaweng kapti,// titising tyas marsudi,// mardawaning budya tulus,// mesu reh kasudarman,// neng tepining jala nidhi,// sruning brata kataman wahyu dyatmika.
Setiap pergi meninggalkan istananya // berkala ke tempat kesunyian // untuk meresapi ilmu rahasia // agar bisa memahami makna yang tersirat // agar terbuka mata hatinya // dan terbukanya keindahan budi pekertinya // dengan cara menahan segala kehendak diri // dengan berada di pantai tepi laut // dengan kerasnya bertafakur sehingga  mendapatkan pencerahan hati.
04
Wikan wengkoning samodra,// kederan wus den ideri,// kinemat kamot hing driya,// rinegan segegem dadi,// dumadya angratoni,// nenggih Kanjeng Ratu Kidul,// ndedel nggayuh nggegana,// umara marak maripih,// sor prabawa lan Wong Agung Ngeksiganda.
Sehingga memahami sang penguasa samudra kesenangan // kesemuanya telah dipahami pengaruhnya // dan dihayati serta di pahami di dalam batinnya // digenggam dalam satu genggaman tangan // atas segala keindahan yang merajai dunia // yang diibaratkan sebagai Ratu kidul itulah ibarat kesenangan dunia // keluar terbang ke angkasa // kemudian mendekat dengan penuh ketakutan // karena kalah wibawa oleh Orang besar dari Ngeksiganda (Raja mataram – digoda tuntutan raga dan kesenangan dunia – yang di ibaratkan sebagai sosok ratu pantai selatan / Ratu Kidul).
05
Dahat denira aminta,// sinupeket pangkat kanci,// jroning alam palimunan,//  ing pasaban saben sepi,// sumanggem anjanggemi,// ing karsa kang wus tinamtu,// pamrihe mung aminta,// supangate teki-teki,// nora ketang teken janggut suku jaja.
Dengan pengharapan dirinya dalam memohon // agar dijadikan sahabat dan diberi kedudukan // di alam yang tidak terlihat mata // di tempat kesunyian // mematuhi dan menyanggupi // atas kehendak yang telah ditentukan // semua itu dengan tujuan meminta // diperkenankan tetap ada // walau harus bertongkat Dagu dan berkaki dada (merangkak). (Tuntutan raganya .. di alihkan untuk kesejahteraan kerajaannya).
06
Prajanjine abipraja,// saturun-turun wuri,// Mangkono trahing ngawirya,// yen amasah mesu budi,// dumadya glis dumugi,// iya ing sakarsanipun,// wong agung Ngeksiganda,// nugrahane prapteng mangkin,// trah tumerah darahe pada wibawa.
Perjanjiannya untuk mensejahterakan kerajaan (Bahwa kerajaan itu membutuhkan kekayaan) // sampai dengan anak cucunya // Begitulah keturunan dari manusia luhur // karena tekun mengasah dan melatih budi // sehingga cepat tercapai // atas segala cita-citanya // Orang besar Ngeksiganda (Raja Mataram) // mendapatkan anugerah Tuhan sampai sekarang // Semua keturunannya yang sedarah selalu mendapat kewibwaan dan hidup mulia.
07
Ambawani tanah Jawa,// kang padha jumeneng aji,// satriya dibya sumbaga,// tan lyan trahingSenapati,// pan iku pantes ugi,// tinelad labetanipun,// ing sakuwasanira,// enake lan jaman mangkin,// sayektine tan bisa ngepleki kuna.
Dan menguasai tanah Jawa // dan yang menjadi rajanya // adalah para satria digdaya yang sakti // tidak lain dari anak keturunan Panembahan Senopati // Hal itu patut juga // untuk dijadikan contoh dalam sikap perjuangannya // dengan cara semampunya saja // karena pada jaman sekarang // tidak akan bisa meniru persis seperti di jaman masa lalu.
08
Luwung kalamun tinimbang,// ngaurip tanpa prihatin,// Nanging ta ing jaman mangkya,// pra mudha kang den karemi,// manulad nelad Nabi,// nayakeng rad Gusti Rasul,// anggung ginawe umbag,// saben saba mapir masjid,// ngajap-ajap mukjijat tibaning drajat.
Namun hal itu masih lebih baik dibandingkan // dengan hidup tanpa mengekang diri // Namun di jaman sekarang // bagi para muda yang disenangi // meniru bersikap mencontoh Nabi // Pemimpin Dunia utusan Tuhan // hanya sebatas untuk kesombongan diri saja // setiap masuk ke dalam Masjid // hanya mencari mukjizat mendapatkan derajat saja.
09
Anggung anggubel sarengat,// saringane tan den wruhi,// dalil dalaning ijemak,// kiyase nora mikani,// katungkul mungkul sami,// bengkrakan neng masjid agung,// kalamun maca kutbah,// lelagone dhandhanggendhis,// swara arum ngumandhang cengkok palaran.
Hanya meyakini ilmu syari’at yang tertulis saja // makna yang tersirat tidak dipahaminya // dalil dan jalan Ijma’ // serta Kiyas-nya tidak dikuasainya // yang diyakininya hanya percaya membabi buta sehingga // membanggakan diri di Masjid Agung // dan ketika membaca khutbah // dilagukan dengan lagu Dhandhanggula // suaranya merdu menggema // menggunakan nada Palaran. (jenis nada Jawa).
10
Lamun sira paksa nulad,// Tuladhaning Kangjeng Nabi,// O, ngger kadohan panjangkah,// wateke tak betah kaki,// Rehne ta sira Jawi,// satitik bae wus cukup,// aja ngguru aleman,// nelad kas ngepleki pekih,// Lamun pungkuh pangangkah yekti karamat.
Jika engkau memaksanakn diri mencontoh // Contoh yang diberikan oleh Kanjeng Nabi // Wahai Anakku .. terlalu muluk cita-citamu // engkau tidak akan mampu wahai anakku // karena engkau itu orang Jawa // sedikit saja pun telah mencukupinya // Janganlah hanya mencari pujian // Jika meniru ahli hakikat menjalankan semua aturan Hukum Fikih // jika dijalankan dengan benar pasti akan mendapatkan karomah.
11
Nanging enak ngupa boga,// rehne ta tinitah langip,// apa ta suwiteng Nata,// tani tanapi agrami,// Mangkono mungguh mami,// padune wong dhahat cubluk,// durung wruh cara Arab,// Jawaku bae tan ngenting,// parandene pari peksa mulang putra.
Namun lebih baik mencari nafkah // karena telah ditakdirkan sebagai mahluk lemah // atau mengabdi kepada raja // bertani atau pun berdagagng // seperti itu yang baik menurut pendapat saya  // karena saya orang bodoh // belum memahami tata cara hukum Arab // sedangkan Ilmu Jawa saja, saya belum paham // namun demikian memaksakan diri mendidik putra.
12
Saking duk maksih taruna,// sadhela wus anglakoni,// aberag marang agama,// maguru anggering kaji,// sawadine tyas mami,// banget wedine ing besuk,// pranatan ngakir jaman, //Tan tutug kaselak ngabdi,// nora kober sembahyang gya tinimbalanalan.
Dikarenakan pada waktu mudanya // sebentar pernah merasakan // belajar dan mencintai ilmu Agama // berguru syariat kebenaran // sampai dengan rahasianya, sehingga dalam batinku // sangat takut kepada hari akhir // untuk menghadapi pengadilan di dakhir jaman // namun tidak sampai tamat karena terburu mengabdi // sehingga tidak sempat melaksanakan shalat, karena tiba-tiba dipanggil untuk menghadap.
13
Marang ingkang asung pangan,// yen kasuwen den dukani,// abubrah bawur tyas ingwang,// lir kiyamat saben hari,// bot Allah apa gusti,// tambuh-tambuh solah ingsun, //lawas-lawas graita, //rehne ta suta priyayi, //yen mamriha dadi kaum temah nista.
Oleh yang memberi makan // jika terlalu lama menghadapnya maka dimarahi // sehingga rusak dan bingunglah batinku // bagaikan merasakan kiyamat tiap hari // Lebih berat Allah ataukah Raja // Sehingga ragu-ragulah tingkah laku ku // lama-kelamaan terfikirlah // oleh karena anak bangsawab // apabila berhasrat menjadi pemimpin Agama itu bukan ahlinya.
14
Tuwin ketip suragama,// pan ingsun nora winaris,// angur baya angantepana,// pranatan wajibing urip,// lampahan angluluri,// aluraning pra luluhur,// kuna kumunanira,// kongsi tumekeng semangkin,// Kikisane tan lyan among ngupa boga.
Atau untuk menjadi khatib ceramah Agama // itu pun bukan keahlianku // lebih baik menekuni // tata aturan kewajiban hidup // menjalankan dan meniru // yang telah dicontohkan oleh para leluhur // sejak jaman dahulu // hingga sampai di jaman sekarang // pada akhirnya pun tidak lain hanyalah mencari nafkah saja.
15
Bonggan kang tan mrelokena,// mungguh ugering ngaurip,// uripe lan tri prakara,//  wirya, arta, tri winasis,// kalamun kongsi sepi,// saka wilangan tetelu,// telas tilasing janma,// aji godhong jati aking,// temah papa papariman ngulandara.
Salah sendiri bagi yang tidak memperdulikannya // atas kewajiban hidup // tiga landasan kehidupan // yaitu keluhuran/nama baik; uang ataukesejahteraan, yang ketiganya adalah keahlian atau ilmu // jika sampai tidak memiliki // dari ketiganya itu // maka hilanglah sifat sebagai manusia // lebih berharga sampah daun kering // pada akhirnya menderita bahkan bisa menjadi pengemis atau pun gelandangan.
16
Kang wus waspada ing patrap,// manganyut ayat winasis,// wasana wosing Jiwangga,// melok tanpa aling-aling,// kang ngalingi kaliling,// wenganing rasa tumlawung,// keksi saliring jaman,// angelangut tanpa tepi,// yeku aran tapa tapaking Hyang Sukma.
Bagi yang sudah paham dan bisa menyikapinya // menghayati makna dibalik ayat // akhir dibalik kehidupannya // yang telah melihat dengan jelas tanpa ada penghalang // dan penghalangnya pun telah tersingkir // terbukanya rasa sehingga mengarahkan // terlihatlah dengan nyata segala cerita kehidupan // yang sangat luas tanpa bertepi // itulah yang disebut bertapa pada jejak Tuhan.
17
Mangkono janma utama,// tuman tumanem ing sepi,// ing saben rikala mangsa,// masah amemasuh budi,// lahire den tetepi,// ing reh kasatriyanipun,// susila anor raga,// wignya met tyasing sesame,// yeku aran wong barek berag agama.
Itulah yang disebut manusia sejati // sudah terbiasa di tempat yang hening // dalam setiap keadaannya // mengasuh dan mensucikan budi // dalam tata lahirnya tetap menjalankan // sikap sebagai seorang satria // berlaku baik menata diri // ahli dalam mengambil hati sesamanya // itu lah yang disebut ahli dalam menjalankan syari’at Agama.
18
Ing jaman mengko pan ora,// arahe para turami,// yen antuk tuduh kang nyata,// nora pisan den lakoni,// banjur njujurken kapti,// kakekne arsa winuruk,// ngandelken gurunira,// pandhitane praja sidik,// tur wus manggon pamucunge mring makrifat.
Namun di jaman sekarang tidaklah demikian // sikap para yang muda // jika mendapat petunjuk kebenaran // tidak sekalipun dijalaninya // dan kemudian hanya menuruti kebenarannya sendiri // sehingga kakek-nya pun hendak diajarnya // karena hanya percaya kepada ajaran gurunya // seorang ahli ilmu negara // yang menurutnya telah ahli dan memahami ilmu ma’rifat.

PUPUH III
PUCUNG

01
Ngelmu iku,// kalakone kanthi laku,// lekase lawan kas,// tegese kas nyantosani,// setya budya pangkese dur angkara.
Ilmu itu // bisa terwujud jika dijalankan // dengan cara yang tepat // artinya tepat adalah memperkuatnya // kebenaran itu sebagai peghancur angkara murka.
02
Angkara gung,//neng angga anggung gumulung,// gogolonganira triloka,// lekere kongsi,//yen den umbar ambabar dadi rubeda.
Kekuatan angkara murka // di dalam badan sangat besar sekali // menguasai atas Triloka tiga dunia // hanya mencari kesenangan saja // jika dibiarkan akan menyebar dan jadi penghalang.
03
Beda lamun,// kang wus sengsem reh ngasamun,// semune ngaksama,// sasamane bangsa sisip,// sarwa sareh saking mardi marto tama.
Jauh beda atas // yang sudah menyenangi kesepian dunia rokhani // maka akan selalu bersifat pemaaf // kepada sesamanya yang berbuat salah // dan sabar karena senang perbuatan utama.
04
Taman limut,// durgameng tyas kang weh limput,// kereming karamat,// karana karohaning sih,// sihing Sukma ngrebda sahardi gengira.
Di dalam keheningan // kejahatan hati telah terbuang  //  sehingga menjadi ahli karomah // karena mendapat kasih sayang-Nya // kasih sayang Tuhan mengembang sebesar gunung besarnya.
05
Yeku patut,// tinulad-tulad tinurut,// sapituduhira,// aja kaya jaman mangkin,// keh pramudha mundhi dhiri rapal makna.
Itulah yang seharusnya // ditiru dicontoh dan diikuti // atas segala petunjuknya // jangan seperti di jaman sekarang // banyak yang muda-muda membanggakan diri sebatas menghafal lafal dan mantra
06
Durung pecus,// kesusu kaselak besus,// amak nani lapal,// kaya sayid weton Mesir,// pendhak-pendhak angendhak gunaning janma.
Belum bisa // tergesa-gesa merasa bisa // memaknai lafal // bagaikan Sayid dari Mesir // Setiap saat ingin menguasai kepandaian orang lain.
07
Kang kadyeku,// kalebu wong ngaku-aku,// akale alangka,// elok Jawane den mohi,// paksa ngangkah langkah met kawruh ing Mekah.
Hal seperti itu // termasuk hanya mengaku saja // karena kurang akalnya // ilmu jawa yang indah ditolaknya // berambisi melangkah mengambil ilmu dari Mekkah.
08
Nora weruh,// rosing rasa kang rinuruh,// lumeketing angga,// anggere padha marsudi,// kana-kene kaanane nora beda.
Tidak tau // inti rasa itulah yang sangat perlu // yang menyatu di badan // jika mau mengusahakannya // ilmu di sana dan di sini pun tiada beda.
09
Uger lugu,// den ta mrih pralebdeng kalbu,// yen kabul kabuka,/// ing drajat kajating urip,// kaya kang wus winahyeng sekar srinata.
Asal jujur // dalam usahanya membersihkan kalbu // jika terkabul berhasil terbuka // tentang derajat kebenaran hidup // seperti yang diuraikan dalam Nyanyian Sinom tersebut di atas.
10
Basa ngelmu,// mupakate lan panemu,// pasahe lan tapa,// yen satriya tanah Jawi,// kuna-kuna kang ginilut triprakara.
Tentang Ilmu // itu adalah kebenaran logika // untuk mempertajam adalah dengan jalan bertapa // bagi satria di Tanah Jawa // pada jaman dahulu yang dijadikan pedoman adalah tiga hal.
11
Lila lamun,// kelangan nora gegetun,// trima yen kataman,// sakserik sameng dumadi,// trilegawa nalangsa srahing Batara.
Ikhlas jika // kehilangan tidak tidak merasa kecewa // ikhlas jika mendapat cobaan // dan ikhlas juga jika dibenci sesamanya // dan yang ketiga ikhlas dan berserah diri kepada Tuhan.
12
Batara gung,// inguger graning jajantung,// jenak Hyang Wisesa,// sana pasenedan Suci,// nora kaya si mudha mudhar angkara.
Tuhan Yang Maha Agung // dijadikan pedoman di dalam jantungnya // sebagai singgasan Tuhan // tempat bersemayam-Nya Yang Maha Suci // tidak seperti kelakuan yang muda-muda yang selalu menuruti angkaranya.
13
Nora uwus,// kareme anguwus-uwus,// uwose tan ana,// mung janjine muring-muring,// kaya buta-buteng betah nganiaya.
Tidak menyadari diri // hobbynya menyalah-nyalahkan // namun isinya tidak ada // marahnya hanya asal-asalan saja // Bagaikan sifat raksasa yang sukanya menganiaya.
14
Sakeh luput,//  ing angga tansah linimput,// linimpet ing sabda,// narka tan ana udani, // lumuh ala ardane ginawe gada.
Segala kesalahan // di dirinya ditutupinya // ditutupi dengan kata-katanya // dikiranya tidak ada yang mengetahuinya // tidak mau dibilang jahat dan kemarahannya untuk menyerangnya.
15
Durung punjul,// ing kawruh kaselak jujul,// kaseselan hawa,// cupet kapepetan pamrih,// tangeh nedya anggambuh mring Hyang Wisesa.
Belum ahli // dalam hal ilmu tergesa-gesa ingin dianggp pintar // karena terdorong hawa // pendek nalarnya tertutup cita-citannya // hal itu tidak mungkin untuk bisa mendekat kepada Tuhan.

PUPUH IV
NYANYIAN  :  GAMBUH

01
Samengko ingsun tutur,// sembah catur: supaya lumuntur,// dihin: raga,// cipta, jiwa, rasa, kaki,// ing kono lamun tinemu,// tandha nugrahaning Manon.
Sekarang saya sampaikan // empat macam ibadah agar selalu dijalankan // yang pertama ibadah Raga // Cipta, Jiwa,,dan rasa wahai anakku // jika hal demikian bisa kau kuasai // itu adalah anugerah Tuhan semata.
02
Sembah raga puniku,// pakartine wong amagang laku,// susucine asarana saking warih,// kang wus lumrah limang wektu,//wantu wataking wawaton.
Ibadah raga itu // dikerjakan dalam tindakan // bersuci dengan menggunakan air // yang sudah umum adalah lima waktu // syarat dan rukunnya itu pedomannya.
03
Inguni-uni durung,// sinarawung wulang kang sinerung,// lagi iki bangsa kas ngetok-ken anggit,// mintoken kawignyanipun,// sarengate elok-elok.
Sebelumnya belum ada // yang membuka ajaran yang terselubung // baru di jaman sekarang ahli hakikat membuat karangan // menyebarkan kepandaiannya // syariatnya aneh-aneh.
04
Thithik kaya santri Dul,// gajeg kaya santri brahi kidul,// saurute Pacitan pinggir pasisir,// ewon wong kang padha nggugu//, anggere guru nyalemong.
Sedikit-sedikit seperti santri bodoh // bergaya bagaikan santri di bagian selatan // di wilayah tepi pantai Pacitan // ribuan orang yang mempercayainya // atas apapun yang disampaikan sang guru.
05
Kasusu arsa weruh,// cahyaning Hyang kinira yen karuh,///ngarep-arep urup arsa den kurebi, //Tan wruh kang mangkono iku,// akale keliru enggon.
Karena tergesa-gesa ingin paham // cahaya Tuhan yang di kira-kira, jika bisa melihatnya //  mengharapkan nyalanya yang akan di jadikan pedoman bahwa itulah Tuhan // karena tidak tau bahwa hal seperti itu adalah // penerapan akal yang salah.
06
Yen ta jaman rumuhun, // tata titi tumrah tumaruntun,// bangsa srengat tan winor lan laku batin,// dadi ora gawe bingung,// kang padha nembah Hyang Manon.
Sedangkan pada jaman dahulu // tertata, terbagi, dan berurutan // Ilmu syariat di dicampur dengan ilmu hakikat // sehingga tidak membingungkan // bagi yang menjalan ibadah kepada Tuhan.
07
Lire sarengat iku,// kena uga ingaranan laku,// dihin ajeg kapindhone ataberi,// pakolehe putraningsun,// nyenyeger badan miwah kaot.
Yang dimaksud syariat adalah // bisa disebut juga sebagai laku perbuatan // yang pertama rutin dijalankan dan tidak terputus // hasil yang negkau peroleh wahai anakku // menyehatkan badan dan menyegarkan roman muka.
08
Wong seger badanipun,// otot daging kulit balung sungsum,// tumrah ing rah memarah antenging ati,// antenging ati nunungku,// angruwat ruweting batos.
Orang yang sehat badannya // otot daging kulit tulang dan sumsum // hingga sampai ke darah itu menyebabkan hati menjadi tenang // dari ketenangan hati kemudian // akan menghilangkan keruhnya batin.
09
Mangkono mungguh ingsun,// ananging ta sarehne asnafun,// beda-beda panduk panduming dumadi,// sayektine nora jumbuh,// tekad kang padha linakon.
Seperti itulah menurut diriku // namun oleh karena setiap manusia // berbeda-beda dalam memahami tentang kehidupan // tentulah tidak akan sama // atas keyakinan yang dijalankannya.
10
Nanging ta paksa tutur,// rehning tuwa tuwase mung catur,// bok lumuntur lantaraning reh utami,// sing sapa temen tinemu,// nugraha geming Kaprabon.
Namun diriku terpaksa memberi nasihat // karena lebih tua walau tua hanya bisa berkata saja // barangkali ada manfaatnya sebagai lantaran dalam hal keutamaan // Barangsiapa yang bersungguh-sungguh pasti akan menemukan // anugerah pedoman dalam kehidupan.
11
Samengko sembah kalbu,// yen lumintu uga dadi laku,// laku agung kang kagungan Narapati,// patitis tetesing kawruh,// meruhi marang kang momong.
Sedangkan Ibadah Kalbu // jika dijalankan terus menerus pun menjadi ibadah // itu lah tindakan yang agung yang dijalankan oleh raja // tepat dan jelas ilmunya // hingga bisa memahami kepada yang mengayominya.
12
Sucine tanpa banyu,// mung nyenyuda mring hardaning kalbu,// pambukane tata,// titi, ngati-ati,// atetetp talaten atul,// tuladhan marang waspaos.
Bersucinya tidak mempergunakan air // hanya dengan jalan mengurangi dorongan keinginan hati // terbukanya dengan tertata // teliti dan berhati-hati // tetap tekun belajar // meneladani dan berpedoman pada kewaspadaan.
13
Mring jatining pandulu,// panduk ing ndon dedalan satuhu,// lamun lugu leguting reh maligi,// lageane tumalawung,// wenganing alam kinaot.
Kepada inti penglihatan // jika bisa sampai pada intinya itulah jalan yang sebenarnya // jika hanya itu saja dalam konsentrasinya // dengan sikap bersungguh-sungguh // maka akan terbukalah rahasia alam.
14
Yen wus kambah kadyeku,// sarat sareh saniskareng laku,// kalakone saka eneng, ening, eling, // Ilanging rasa tumlawung,// kono adile Hyang Manon.
Jika sudah memasuki hal itu // harus dengan syarat sabar dalam segala tindakannya // berhasilnya adalah dengan diam, hening dan sadar atau selalu ingat // kesadaran rasa tertuju kepada keadilan Tuhan.
15
Gagare ngunggar kayun,// tan kayungyun mring ayuning kayun,// bangsa anggit yen ginigit nora dadi,// Marma den awas den emut,// mring pamurunging lelakon.
Kegagalan melepaskan kehendak // tidak tertarik atas indahnya tujuan // segala hasil karya manusia jika diyakini tentang kebenarannya itu tidak benar // maka dari itu hati-hatilah dan ingatlah // akan penghalang dan rintangan tujuan.
16
Samengko kang tinutur,// sembah katri kang sayekti katur,// mring Hyang Sukma sukmanen sehari-hari,// arahen dipun kecakup,// sembah ing Jiwa sutengong.
Sekarang akan membicarakan // Ibadah yang ketiga yaitu diperuntukkan // Bagi Tuhan yaitu dengan jalan mengingatnya setiap saat // bersungguh-sungguhlah hingga kau kuasai  // ibadah bagi jiwa ini wahai anakku.
17
Sayekti luwih prelu,// ingaranan pepuntoning laku,// kalakuan kang tumrap bangsaning batin,// sucine lan Awas Emut,// mring alame alam maot.
Sesungguhnnya ini sangatlah penting // disebut juga akhir dari tindakan // tindakan yang berhubungan dengan batin // bersucinya adalah dengan jalan waspada dan ingat serta sadar diri // atas alam yaitu alam kematian.
18
Ruktine ngangkah ngukut,// ngiket ngrukut triloka kakukut,// jagad agung ginulung lan jagad cilik,// Den kandel kumandel kulup,// mring kelaping alam kono.
Rawatlah dalam cita-cita untuk bisa menguasainya // mengikat, merengkuh triloka tiga dunia di kuasainya // jagad besar di gulung bersama dengan jagad kecil // perteballah keyakinanmu wahai anakku // atas gemerlapnya alam tersebut.
19
Keleme mawa limut,// kalamatan jroning alam kanyut,// sanyatane iku kanyatan kaki,// Sajatine yen tan emut,// sayekti tan bisa awor.
Untuk mendalaminya itu penuh kabut // akan mendapat firasat di dalam alam menghanyutkan // kebenarannya itulah kenyataan wahai anakku // sesungguhnya jika tanpa ingatan // sesungguhnya tidak akan bisa menyatu.
20
Pamete saka luyut,// sarwa sareh saliring panganyut,/ lamun yitna kayitnan kang mitayani,// tarlen mung pribadinipun,// kang katon tinonton kono.
Jalan masuknya adalah dari antara sadar dan tiada (batas antara alam lahir dan batin) // dengan jalan tenang ikhlas sabar dalam mengendalikan gerak keinginannya // jika waspada dan terus wasspada itulah kekuatannya // dan akhirnya diri sendirilah yang nampak di sana (Siapa yang mengenal dirinya .. akan diantarkan untuk mengenal Tuhan-nya).
21
Nging aywa salah surup,// kono ana sajatining Urub,// yeku urup pangarep uriping Budi,// sumirat sirat narawung,// kadya kartika katongton.
Namun jangan sampai salah terka // di situ ada cahaya yang sejati // itulah nyala yang membimbing tumbuhnya budi // bercahaya memancar terlihat nyata // bagaikan cahaya bintang nampak di sana.
22
Yeku wenganing kalbu,// kabukane kang wengku winengku,// wewengkone wis kawengku neng sireki,// nging sira uga kawengku,// mring kang pindha kartika byor.
Itulah terbukanya pintu hati // terbukalah untuk memahami yang menguasai dan yang dikuasai // kekuasaannya telah berada di dalam kekuasaanmu // namun dirimu itulah yang sebenarnya terkuasai // oleh yang seperti cahaya bintang gemerlapan.
23
Samengko ingsun tutur,// gantya sembah ingkang kaping catur,// sembah Rasa karasa rosing dumadi,// dadine wis tanpa tuduh,// mung kalawan kasing Batos.
Sekarang kusampaikan // berganti ibadah yang ke empat // Ibadah Rasa terasa pada inti hakikat kehidupan // untuk bisa menguasainya itu tidak ada petunjuknya // hanya dengan jalan kekuatan batin diri pribadi.
24
Kalamun durung lugu,// aja pisan wani ngaku-aku,// antuk siku kang mangkono iku kaki,// kena uga wenang muluk,// kalamun wus pada melok.
Jika belum merasakan sendiri // jangan sekalpun berani mengakuinya // akan mendapat laknat jika bersikap seperti itu wahai anakku // boleh saja menjelaskannya // asalkan telah benar-benar merasakannya sendiri.
25
Meloke ujar iku,// yen wus ilang sumelang ing kalbu,// amung kandel kumandel ngandel mring takdir,// iku den awas den emut,// den memet yen arsa momot.
Menjelaskan dengan kata-kata tentang hal itu // jika telah hilang keraguan hati // jika telah yakin meyakini dan mempercayai sebenar-benar yakin tentang Takdir // hal itu harus waspada dan hati-hati dan selalu ingat // harus dengan cermat jika ingin menguasainya.
26
Pamoring ujar iku,// kudu santosa ing budi teguh,// sarta sabar tawekal legaweng ati,// trima lila ambeg sadu,// weruh wekasing dumados.
Keberhasilan melaksanakan nasihat itu // harus kuat dan teguh budi //serta sabar tawakal dan ikhlas di hati // menerima ikhlas dalam segalanya // memahami akhir segala kejadian.
27
Sabarang tindak-tanduk,// tumindake lan sakadaripun,// den ngaksama kasisipaning sesami,// sumimpanga ing laku dur,// hardaning budi kang ngrodon.
Segala tingkah lakunya // tindakannya dan jalan semampunya // memberi maaf atas kesalahan sesamanya // menghindari perbuatan sesat // dan watak angkara murka.
28
Dadya wruh iya dudu,// yeku minangka pandaming kalbu,// ingkang buka ing kijab bullah agaib,// sesengkeran kang sinerung,// dumunung telenging batos.
Sehingga memahami yang benar dan yang salah // itulah sebagai pedoman hati // sebagai pembuka hijab Allah yang Maha Gaib // larangan yang tertutup itu // berada pada pusat batin.
29
Rasaning urip iku// krana momor pamoring sawujud,// wujuddullah sumrambah ngalam sakalir,// lir manis kalawan madu,// endi arane ing kono.
Rasa hidup itu // karena menyatu dengan Yang Maha Wujud // Wujud Dzat Allah menguasai seluruh alam // bagaikan rasa manis di dalam madu // manakah antara manis dan madunya.
30
Endi manis endi madu,// yen wis bisa nuksmeng pasang semu,// pasamoning hebing kang Maha Suci,// kasikep ing tyas kacakup,// kasat mata lair batos.
Mana yang manisnya dan mana madunya // jika sudah bisa memahami ibarat ini // makna yang tersirat di balik sabda Tuhan Yang Maha Suci // hal itu kuasailah dalam hati dengan sempurna // maka akan bisa melihat yang Maha Nyata dan Yang Maha Ghaib.
31
Ing batin tan keliru,// kedhap kilap liniling ing kalbu,// kang minangka colok celaking Hyang Widi, //widadaning budi sadu,// pandak panduking liru nggon.
Tidak salah dalam batin-nya // atas cetusan hati aagr dipilah di teliti // sebagai petunjuk yang mengarah dan mendekat kepada Tuhan // agar selamatlah budi yang baik // serta memahami segala perubahan yang terjadi.
32
Nggonira mrih tulus,// kalaksitaning reh kang rinuruh,// ngayanira mrih wikal,// warananing gaib,// paranta lamun tan weruh,// sasmita jatining endhog.
Agar dirimu bisa berhasil // dalam usaha pencarian // dengan gigih  agar mengetahui // penutup Yang Maha Ghaib // itu apabila belum memahami // makna yang sebenarnya tenetang telur.
33
Putih lan kuningpun,// lamun arsa titah teka mangsul,// dene nora mantra-mantra yen ing lair,// bisa aliru wujud,// kadadeyane ing kono.
Putih dan kuningnya // jika akan menetas maka menjadi terbalik // tidak terbayangkan bahwa akan berganti wujud // bisa berganti wujud // dalam kejadian tersebut.
34
Istingarah tan metu,// lawan istingarah tan lumebu,// dene ing njro wekasane dadi njawi,// rasakna kang tuwajuh,// aja kongsi kabasturon.
Bisa dipatikan tidak keluar // dan juga tidak masuk // sedangkan yang semula di dalam akhirnya berada di luar //pikirkanlah hal itu hingga paham // jangan sampai tidak kau pahami.
35
Karana yen kebanjur,// kajantaka tumekeng saumur,// tanpa tuwas yen tiwasa ing dumadi,// dadi wong ina tan wruh,// dheweke den anggep dhayoh.
Apabila sudah terlanjur // maka akan mengalami kekecewaan hidup sepanjang hidupnya // tidak ada gunanya jika telah sampai saat kematiannya // akan menjadi hina karena tidak mengetahui // Dirinya dianggap sebagai tamu.

PUPUH V
NYANYIAN : KINANTHI

01
Mangka kantining tumuwuh,// salami mung awas eling,// eling lukitaning alam,// wedi weryaning dumadi,// supadi niring sangsaya,// yeku pangreksaning urip.
Sedangkan yang menyelamatkan hidup // selama hidupnya adalah waspada dan ingat  // ingat segala pelajaran yang ada di alam // takut salah dalah hidupnya // agar bisa lepas dari segala cobaan // itulah cara memelihara hidup.
02
Marma den taberi kulup,// angulah lantiping ati,// rina wengi den anedya,// pandak-panduking pambudi,// bengkas kahardaning driya,// supadya dadya utami.
Oleh karena itu rajinlah selalu wahai anakku // belajar mempertajam hati // berusahalah di siang dan malam hari // selalu berusaha pada tiap saatnya // untuk menghancurkan dan mengendalikan tuntutan keinginan pancaindra // agar bisa menjadi berifat utama.
03
Pangasahe sepi samun,// aywa esah ing salami,// samangsa wis kawistara,// lalandhepe mingis-mingis,// pasah wukir reksa muka,// kekes srabedaning budi.
Untuk mempertajamnya itu di tempat yang sepi dan keheningan dengan cara tafakur // jangan sampai terhenti selamanya // apabila sudah bisa memahaminya // akan sangat tajam mata hatinya // bisa untuk mengiris gunung angkara murka // hilang musnah penghalang budi.
04
Dene awas tegesipun,// weruh warananing urip,// miwah wisesaning tunggal,// kang atunggil rina wengi,// kang mukitan ing sakarsa,// gumelar ngalam sakalir.
Sedang makna waspada // mengetahui penghalang hidup // serta kekuasaan Yang Maha Tunggal // yang selalu bersama di siang dan malam // yang selalu mengabulkan segala keinginan // dan yang terhampar di seluruh alam.
05
Aywa sembrana ing kalbu,// wawasen wuwus sireki,/// ing kono yekti karasa,// dudu ucape pribadi,// marma den sembadeng sedya,// wewesen praptaning uwis.
Jangan sampai lengah di dalam hati // telaahlah terlebih dahulu segala perkataanmu // maka akan terasa // bahwa itu bukan kata-katamu sendiri // maka dari itu agar benarkan dulu niatnya // telaahlah sampai dengan akibat akhirnya.
06
Sirnakna semanging kalbu,// den waspada ing pangeksi,// yeku dalaning kasidan,// sinuda saka satitik,// pamotahing nafsu hawa,// jinalantih mamrih titih.
Hilangkan keraguan hati // waspadalah dalam niat cita-citanya // itulah jalan kebenaran // kurangilah sedikit demi sedikit // ajakan hawa nafsu // latihlah agar menjadi patuh.
07
Aywa mamatuh malutuh,// tanpa tuwas tanpa kasil,// kasalibuk ing srabeda,// marma dipun ngati-ati,// urip keh rencananira,// sambekala den kaliling.
Jangan membiasakan diri berbuat cela // itu tidak ada manfaatnya dan tidak ada hasilnya // justru akan terjerat dan mendapat coba // maka dari itu hati-hatilah // hidup itu banyak sekali rintangannya // godaan hidup agar di waspadai.
08
Upamane wong lumaku,// marga gawat den liwati,// lamun kurang ing pangarah,// sayekti karendet ing ri,// apese kasandhung padhas,// babak bundhas anemahi.
Bagaikan orang berjalan // melewati jalan yang berbahaya // jika kurang perhitungan // maka akan tertusuk duri // setidaknya terantuk batu cadas // akhirnya terluka parah.
09
Lumrah bae yen kadyeku, //atetamba yen wis bucik,// duwea kawruh sabodag,// yen ta nartani ing kapti,// dadi kawruhe kinarya,// ngupaya kasil lan melik.
Wajarlah jika demikian // mencari obat setalh sakit // meski memili ilmu segudang // jika tidak di hayati dalam hati // ilmunya hanya digunakan // untuk mencari penghasilan dan kepemilikan harta.
10
Meloke yen arsa muluk,// muluk ujare lir wali,// wola-wali nora nyata,// anggepe pandhita luwih,// kaluwihane tan ana,// kabeh tandha-tandha sepi.
Itu terlihat dalam ucapannya // perkataannya tinggi bagaikan wali // namun berulang kali tidak ada kenyataannya // menganggap dirinya sebagai ahli ilmu // namuan tidak memiliki kelebihan apa-apa // buktinya pun kosong tidak terlihat.
11
Kawruhe mung ana wuwus,// wuwuse gumaib baib,// kasliring titik tan kena,// mancereng alise gatik,// apa pandhita antige, //kang mangkono iku kaki.
Ilmunya hanya dimulut saja // perkataanyya tidak masuk akal // di tentang sedikit saja tidak akan mau // melotot alisnya pun bersatu // itulah pandita palsu // jika seperti itu wahai anakku.
12
Mangka ta kang aran laku,// lakune ngelmu sajati,// tan dahwen pati openan,// tan panasten nora jail,// tan njurungi ing kaardan,// amung eneng mamrih ening.
Sedangkan yang disebut laku // kebenaran ilmu sejati // tidak iri dan dengki // tidak gampang marah dan tidak usil // tidak mendorong keluarnya hawa nafsu // hanya tenang agar hening.
13
Kunanging budi luhung,//bangkit ajur ajer kaki,// yen mangkono bakal cikal,// thukul wijining utami,// nadyan bener kawruhira,// yen ana kang nyulayani.
Sinar budi yang baik itu // akan nampak dalam sikap pergaulan yang selalu menyenangkan // jika demikian itu sebagai biji // untuk menjadi tumbuhnya sifat utama // meski benar ilmunya // jika ada yang membantahnya.
14
Tur kang nyulayani iku,// wus wruh yen kawruhe nempil,// nanging laire angalah,// katingala angemori,// mung ngenaki tyasing liyan,// aywa esak aywa serik.
Dan yang membantahnya adalah // sudah paham bahwa ilmunya hanya meminjam // namun dalam sikap lahirnya akan mengalah // memperlihatkan sikap menyetujuinya // dengan tujuan menyenangkan hati orang lain // pun jangan sakit hati dan dendam.
15
Yeku ilapating wahyu,// yen yuwana ing salami, //marga wimbuh ing nugraha,// saking heb kang Maha Suci,// cinancang pucuking cipta,// nora ucul-ucul kaki.
Itulah petuha wahyu // jika bisa bersikap seperti selamanya // maka akan semakin bertambah anugerahnya  // dari kemurahan Yang Maha Suci // ikatlah di ujung cipta // janganlah sampai terlepas wahai anakku.
16
Mangkono ingkang tinamtu,// tampa nugrahaning Widhi,// marma ta kulup den bisa,// mbusuki ujaring janmi,// pakoleh lair batinnya,// iyeku budi premati.
Seperti itulah sudah menjadi ketentuan // akan menerima anugerah Tuhan // maka dari itu wahai anakku agar bisalah // bersikap pura-pura bodoh ketika mendengarkan perkataan seseorang // itu akan memperoleh dalam lahir dan batinnya // yang disebut budi yang mulia.
17
Pantes tinulad tinurut,// laladane mrih utami,// utama kembanging mulya,// kamulyaning jiwa dhiri,// ora yen ta ngeplekana,// lir leluhur nguni-uni.
Pantes menjadi tauladan dan panutan // itu cara agar menjadi utama // kebaikan adalah awal kemuliaan // kemuliaan jiwa dan diri // meski tidak bisa menyamai // seperti para leluhur dan jaman dahulu.
18
Ananging ta kudu-kudu,// sakadarira pribadi,// aywa tinggal tutuladan,// lamun tan mangkono kaki,// yekti tuna ing tumitah,// poma kaestokna kaki.
Namun haruslah // semampunya diri sendiri // jangan meninggalkan petuah para sesepuh // jika tidak demikian wahai anakku // sungguh rugilah dalam hidupnya // Sungguh !! patuhilah wahai anakku.!!

Sepanjang, Sidoarjo : 6 April 2014.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar