Ajaran Budi Pekerti Jawa
TERJEMAHAN BEBAS & NASKAH ASLI “SERAT “WEDHATAMA”
Oleh : ANJAR ANY
Penerbit : Percetakan – Toko Buku CV. Aneka
Ilmu - Semarang
Tahun : 1983
Edit Penerjemah : Pujo Prayitno
PUPUH
I
NYANYIAN
: PANGKUR
01
Mingkar-mingkuring ukara, // akarana karenan mardi siwi, // sinawung
resmining kidung// sinuba
sinukarta,// mrih
kretarta pakartining ilmu luhung, // kang
tumrap ing tanah Jawa, // agama
ageming aji.
Merangkai kata-kata (Ada yang tertulis
Mingkar-mingkuring angkara – menjauhi sifat angkara // karena berkehendak memberikan
ajaran untuk anak cucu // Digubah dalam nyanyian kidung yang indah // agar
lebih mengena atas manfaat dari ilmu luhur // bahwa yang berlaku di tanah Jawa
// adalah Agama itu Baju yang sangat Indah.
02
Jinejer ing Wedhatama,// mrih tan kemba
kembenganing pambudi,//mangka
nadyan tuwa pikun,//
yen tan mikani rasa,// yekti
sepi sepa lir sepah asamun,// samasane
pakumpulan,// gonyak-ganyuk
nglelingsemi.
Yang diuraikan di dalam Kitab/Serat
Wedhatama // dengan harapan janganlah lemah penalaran akal budinya // Walaupun
sudah tua dan pikun // jika tidak memahami ilmu rasa // pastilah jiwanya
kosong, hampa bagaikan sampah yang tidak berguna // Dan jika sedang berada
dalam perkumpulan // tidak bisa menempatkan diri sehingga bersikap memalukan.
03
Nggugu karsane priyangga,// nora nganggo peparah
lamun angling,// lumuh
ingaran balilu,// uger
guru aleman,// nanging
janma ingkang wus waspadeng semu,// sinamun samudana,// sesadoning adu manis
.
Hanya menuruti benarnya sendiri // jika
berkata tidak menggunakan dasar // dan tidak mau disebut semaunya sendiri //
dan ingin disanjung sebagai guru // Namun manusia yang telah paham ilmu yang
tersirat // menutupi atas segala tingkahnya // dan menaggapinya dengan sikap
yang ramah.
04
Si pengung nora nglegewa,// sangsayarda denira
cacariwis,// ngandhar-andhar
angendukur,// kandhane
nora kaprah,// saya
elok alangka longkangipun, //si
wasis waskitha ngalah,//
ngalingi marang sipingging.
Namun si dungu tidak memahaminya // semakin
menjadi-jadi kata-katanya // melantur tidak karuan // yang dibicarakan tidak
masuk akal // semakin aneh dan mengada-ada // Sedangkan yang ahli telah paham
sehingga mengalah saja // bahkan menutupi kebodohan orang yang bodoh.
05
Mangkono ilmu kang nyata,// sanyatane mung we
reseping ati,// bungah
ingaran cubluk,// sukeng
tyas yen den ina,// nora
kaya si punggung anggung gumunggung,//
ugungan sadina dina,// aja
mangkono wong urip.
Itulah kebenaran ilmu // yang sebenarnya
untuk menyenangkan hati // justru senang jika dikira orang bodoh // senang
hatinya jika pun di hina // tidak seperti sikap orang bodoh yang selalu ingin
di puja // sehingga menyombongkan ddiri setiap harinya // janganlah bersikap
seperti di dalam pergaulan hidup.
06
Uripa sapisan rusak,// nora mulur nalare ting
saluwir,// kadi ta
guwa kang sirung,//
sinerang ing maruta,//
gumarenggeng anggereng anggung gumrunggung,// pindha padhane si mudha,// prandene paksa kumaki.
Hidup di dunia hanya sekali namun rusak //
karena tidak berkembang penalarannya dan tercabik-cabik // bagaikan berada di
dalam kegelapan gua // atau bagaikan dihempas badai // hanya suaranya saja yang
keras menggema menggelagar dengan kerasnya // bagaikan anak muda yang // yang
sombongnya tidak terkira.
07
Kikisane mung sapala,// palayune ngendelken yayah
wibi,// bangkit
tur bangsaning luhur,//
lah iya ingkang rama,// balik
sira sarawungan bae durung,//
mring atining tata krama,//
nggon-anggon agama suci.
Keahlianya sangat sedikit sekali //
keberanianya karena mengandalkan kedua orang tuanya // keberaniannya karena
merasa dari golongan bangsawan // itu pun hanya kedudukan ayahnya // Sedangkan
dirimu belum bisa memahami // atas inti rahasia kebenaran // yang terkandung di
dalam Agama Suci.
08
Socaning jiwangganira,// jer katara lamun pocapan
pasthi,// lumuh
asor kudu unggul,//
sumengah sesongaran,// yen
mangkono kena ingaran katungkul,//
karem ing reh kaprawiran,//
nora enak iku kaki.
Isi hatimu itu bisa dikatahui // dan bisa terlihat dari caramu berkata-kata
// yang tidak mau kalah,// dan hanya mau menang sendiri // menyombongkan diri
dan suka berdebat // hal yan demikian bisa disebut hanya // senang kepada
menangnya sendiri // itu tidak baik wahai anakku.
09
Kekerane ngelmu karang,// kakarangan saking
bangsaning gaib,//
iku boreh paminipun,//
tan rumasuk ing jasad,//
amung aneng sajabaning daging kulup,//
Yen kapengkok pancabaya,// ubayane
mbalenjani.
Sebagai andalannya adalah ilmu sihir // ilmu
tipuan yang bersumber dari alam gaib (Jin) // itu ibaratnya hanyalah bedak //
yang tidak bisa merasuk ke dalam jasad // yang hanya berada di luar daging
wahai anakku // jika terbentur bahaya // mengingkari atas kesanggupannya.
10
Marma ing sabisa-bisa,// bebasane muriha tyas basuki,// puruitaa kang patut,// lan traping angganira, // Ana uga angger ugering
kaprabun,// abon
aboning panembah, //kang
kambah ing siang ratri.
Sehingga agar bisalah // bagaikan berusaha
berfikir tentang kebenaran // belajarlah dengan tekun // dan juga tentang sikap
dirimu // Selain Hukum Agama ada juga aturan Hukum Negara // Dan ada juga
pedoman cara beribada // yang selalu
dijadikan pedoman di siang dan malam hari.
11
Iku kaki takokena,// marang para sarjana kang
martapi,// mring
tapaking tepa tulus,//
kawawa nahen hawa,//
Wruhanira mungguh sanyataning
ngelmu,// tan
mesthi neng janma wreda,//
tuwin muda sudra kaki.
Hal itu tanyakanlah wahai anakku // kepada
para sarjana yang ahli // dalam jejak ajaran keikhlasan // dan yang telah
berhasil mengendalikan hawa nafsu // sedangkan yang telah berhasil memahami kebenaran
ilmu itu // tidak harus bagi orang yang telah tua // bagi yang muda dan rakyat
jelata pun itu bisa juga.
12
Sapantuk wahyuning Allah,// gya dumilah mangulah
ngelmu bangkit,// bangkit
mikat reh mangukut, //kukutaning
Jiwangga,// Yen
mangkono kena sinebut wong sepuh, // liring
sepuh sepi hawa,//
awas roroning ngatunggil.
Siapapun yang mendapat anugerah dari Allah
// dengan segera bangkit dan bisa menguasai segala ilmu kebenaran // bangkit
segera medapatkan ilmu yang mampu memahami // dan memahami ilmu mengenal diri
sendiri // yang demikian itu bisa disebut sebagai orang tua // yang dimaksud
tua itu yang tanang jiwanya // dan yang yang telah memahami dua dalam satu
(menyatukan rasa dengan kehendak Tuhan).
13
Tan samar pamoring Sukma,// sinukma ya winahya ing ngasepi,// sinimpen telenging kalbu, //Pambukaning warana,// tarlen saking liyep
layaping ngaluyup,//
pindha pesating supena,//
sumusuping rasa jati.
Tidak ada keraguan dalam menyatukan rasa
sukma dengan kehendak Tuhan // menyatukannya di kala dalam keheningan // dan di
endapkan di kedalaman batin // sebagai pembuka penghalang // bisa dicapai dalam
keadaan antara sadar dan tidur (bagaikan rasa ayunan ketika mengantuk) atau
disebut khusyuk // itu bagaikan melesatnya alam mimpi // itulah yang disebut memasuki
alam rasa yang sejati.
14
Sajatine kang mangkono,// wus kakenan nugrahaning
Hyang Widi,// bali alaming
ngasuwung,//
tan karem karamean,//
ingkang sipat wisesa winisesa wus,//
mulih mula mulanira,//
mulane wong anom sami.
Kebenaran yang demikian // adalah atas
anugerah Tuhan semata // untuk bisa kembali memasuki alam kosong // sehingga
sudah tidak tergoda atau menginginkan dunia keramaian // dan antara yang
menguasai dan yang dikuasai // telah
kembali kepada asal mulanya // agar bagi yang masih muda (masuk nyanyian
Sinom).
PUPUH
II
NYANYIAN : SINOM.
01
Nulada laku utama,// tumrape wong Tanah Jawi,// Wong Agung ing
Ngeksiganda,//
Panembahan Senopati,//
kepati amarsudi,//
sudane hawa lan nepsu,//
pinesu tapa brata,//
tanapi ing siyang ratri,//
amamangun karyenak
tyasing sesama.
Menirulah perbuatan utama // yang sudah
berlaku di Tanah Jawa // Atas orang besar dari Ngeksiganda (Raja Mataram) //
yang bernama Panembahan Senopati // yang bersungguh penuh dengan ketekunan //
dalam mengendalikan hawa nafsunya sendiri // dikekangnya dengan jalan
bertafakur keras bertapa // namun pada siang harinya // selalu bertindak dan
bersikap menyenangkan hati sesamanya.
02
Samangsane pesamuan,// mamangun martana martani,// sinambi ing saben mangsa,// kala kalaning asepi,/ lelana teki-teki,// nggayuh geyonganing kayun,// kayungyun eninging tyas,// sanityasa pinrihatin,// puguh panggah cegah
dhahar,// lawan
nendra.
Di kala mengadakan pertemuan // selalu
membangkitkan rasa bahagia lahir batin // dan pada setiap saat // ketika sedang
tidak ada kesibukan // mengembara di alam rasa // untuk bisa mencapai
ketenangan jiwa // karena sangat cintanya pada ketengan hati // dengan cara
memaksa atas dorongan keinginan raga // walau sengsara namun tetap mengurangi
makan // dan mengurangi tidurnya.
03
Saben nendra saking wisma,// lelana laladan sepi,// ngisep sepuhing supana,// mrih pana pranaweng kapti,// titising tyas marsudi,// mardawaning budya tulus,// mesu reh kasudarman,// neng tepining jala nidhi,// sruning brata kataman
wahyu dyatmika.
Setiap pergi meninggalkan istananya //
berkala ke tempat kesunyian // untuk meresapi ilmu rahasia // agar bisa
memahami makna yang tersirat // agar terbuka mata hatinya // dan terbukanya
keindahan budi pekertinya // dengan cara menahan segala kehendak diri // dengan
berada di pantai tepi laut // dengan kerasnya bertafakur sehingga mendapatkan pencerahan hati.
04
Wikan wengkoning samodra,// kederan wus den ideri,// kinemat kamot hing driya,// rinegan segegem dadi,// dumadya angratoni,// nenggih Kanjeng Ratu
Kidul,// ndedel
nggayuh nggegana,//
umara marak maripih,//
sor prabawa lan Wong Agung Ngeksiganda.
Sehingga memahami sang penguasa samudra
kesenangan // kesemuanya telah dipahami pengaruhnya // dan dihayati serta di
pahami di dalam batinnya // digenggam dalam satu genggaman tangan // atas
segala keindahan yang merajai dunia // yang diibaratkan sebagai Ratu kidul
itulah ibarat kesenangan dunia // keluar terbang ke angkasa // kemudian
mendekat dengan penuh ketakutan // karena kalah wibawa oleh Orang besar dari
Ngeksiganda (Raja mataram – digoda tuntutan raga dan kesenangan dunia – yang di
ibaratkan sebagai sosok ratu pantai selatan / Ratu Kidul).
05
Dahat denira aminta,// sinupeket pangkat kanci,// jroning alam palimunan,// ing pasaban saben
sepi,//
sumanggem anjanggemi,//
ing karsa kang wus tinamtu,//
pamrihe mung aminta,//
supangate teki-teki,//
nora ketang teken janggut suku jaja.
Dengan pengharapan dirinya dalam memohon //
agar dijadikan sahabat dan diberi kedudukan // di alam yang tidak terlihat mata
// di tempat kesunyian // mematuhi dan menyanggupi // atas kehendak yang telah
ditentukan // semua itu dengan tujuan meminta // diperkenankan tetap ada //
walau harus bertongkat Dagu dan berkaki dada (merangkak). (Tuntutan raganya ..
di alihkan untuk kesejahteraan kerajaannya).
06
Prajanjine abipraja,// saturun-turun wuri,// Mangkono trahing ngawirya,// yen amasah mesu budi,// dumadya glis dumugi,// iya ing sakarsanipun,// wong agung Ngeksiganda,// nugrahane prapteng
mangkin,// trah
tumerah darahe pada wibawa.
Perjanjiannya untuk mensejahterakan
kerajaan (Bahwa kerajaan itu membutuhkan kekayaan) // sampai dengan anak
cucunya // Begitulah keturunan dari manusia luhur // karena tekun mengasah dan
melatih budi // sehingga cepat tercapai // atas segala cita-citanya // Orang
besar Ngeksiganda (Raja Mataram) // mendapatkan anugerah Tuhan sampai sekarang
// Semua keturunannya yang sedarah selalu mendapat kewibwaan dan hidup mulia.
07
Ambawani tanah Jawa,// kang padha jumeneng aji,// satriya dibya sumbaga,// tan lyan trahingSenapati,// pan iku pantes ugi,// tinelad labetanipun,// ing sakuwasanira,// enake lan jaman mangkin,// sayektine tan bisa
ngepleki kuna.
Dan menguasai tanah Jawa // dan yang
menjadi rajanya // adalah para satria digdaya yang sakti // tidak lain dari
anak keturunan Panembahan Senopati // Hal itu patut juga // untuk dijadikan
contoh dalam sikap perjuangannya // dengan cara semampunya saja // karena pada
jaman sekarang // tidak akan bisa meniru persis seperti di jaman masa lalu.
08
Luwung kalamun tinimbang,// ngaurip tanpa prihatin,// Nanging ta ing jaman
mangkya,// pra
mudha kang den karemi,//
manulad nelad Nabi,//
nayakeng rad Gusti Rasul,//
anggung ginawe umbag,//
saben saba mapir masjid,//
ngajap-ajap mukjijat tibaning drajat.
Namun hal itu masih lebih baik dibandingkan
// dengan hidup tanpa mengekang diri // Namun di jaman sekarang // bagi para
muda yang disenangi // meniru bersikap mencontoh Nabi // Pemimpin Dunia utusan
Tuhan // hanya sebatas untuk kesombongan diri saja // setiap masuk ke dalam
Masjid // hanya mencari mukjizat mendapatkan derajat saja.
09
Anggung anggubel sarengat,// saringane tan den wruhi,// dalil dalaning ijemak,// kiyase nora mikani,// katungkul mungkul sami,// bengkrakan neng masjid
agung,// kalamun
maca kutbah,// lelagone
dhandhanggendhis,//
swara arum ngumandhang cengkok palaran.
Hanya meyakini ilmu syari’at yang tertulis
saja // makna yang tersirat tidak dipahaminya // dalil dan jalan Ijma’ // serta
Kiyas-nya tidak dikuasainya // yang diyakininya hanya percaya membabi buta
sehingga // membanggakan diri di Masjid Agung // dan ketika membaca khutbah //
dilagukan dengan lagu Dhandhanggula // suaranya merdu menggema // menggunakan
nada Palaran. (jenis nada Jawa).
10
Lamun sira paksa nulad,// Tuladhaning Kangjeng Nabi,// O, ngger kadohan
panjangkah,// wateke
tak betah kaki,// Rehne
ta sira Jawi,// satitik
bae wus cukup,// aja
ngguru aleman,// nelad
kas ngepleki pekih,//
Lamun pungkuh pangangkah yekti karamat.
Jika engkau memaksanakn diri mencontoh //
Contoh yang diberikan oleh Kanjeng Nabi // Wahai Anakku .. terlalu muluk
cita-citamu // engkau tidak akan mampu wahai anakku // karena engkau itu orang
Jawa // sedikit saja pun telah mencukupinya // Janganlah hanya mencari pujian
// Jika meniru ahli hakikat menjalankan semua aturan Hukum Fikih // jika
dijalankan dengan benar pasti akan mendapatkan karomah.
11
Nanging enak ngupa boga,// rehne ta tinitah langip,// apa ta suwiteng Nata,// tani tanapi agrami,// Mangkono mungguh mami,// padune wong dhahat cubluk,// durung wruh cara Arab,// Jawaku bae tan ngenting,// parandene pari peksa
mulang putra.
Namun lebih baik mencari nafkah // karena
telah ditakdirkan sebagai mahluk lemah // atau mengabdi kepada raja // bertani
atau pun berdagagng // seperti itu yang baik menurut pendapat saya // karena saya orang bodoh // belum memahami
tata cara hukum Arab // sedangkan Ilmu Jawa saja, saya belum paham // namun
demikian memaksakan diri mendidik putra.
12
Saking duk maksih taruna,// sadhela wus anglakoni,// aberag marang agama,// maguru anggering kaji,// sawadine tyas mami,// banget wedine ing besuk,// pranatan ngakir jaman, //Tan tutug kaselak ngabdi,// nora kober sembahyang gya
tinimbalanalan.
Dikarenakan pada waktu mudanya // sebentar
pernah merasakan // belajar dan mencintai ilmu Agama // berguru syariat
kebenaran // sampai dengan rahasianya, sehingga dalam batinku // sangat takut
kepada hari akhir // untuk menghadapi pengadilan di dakhir jaman // namun tidak
sampai tamat karena terburu mengabdi // sehingga tidak sempat melaksanakan
shalat, karena tiba-tiba dipanggil untuk menghadap.
13
Marang ingkang asung
pangan,// yen
kasuwen den dukani,//
abubrah bawur tyas ingwang,//
lir kiyamat saben hari,//
bot Allah apa gusti,//
tambuh-tambuh solah ingsun, //lawas-lawas
graita, //rehne ta
suta priyayi, //yen
mamriha dadi kaum temah nista.
Oleh yang memberi makan // jika terlalu
lama menghadapnya maka dimarahi // sehingga rusak dan bingunglah batinku //
bagaikan merasakan kiyamat tiap hari // Lebih berat Allah ataukah Raja //
Sehingga ragu-ragulah tingkah laku ku // lama-kelamaan terfikirlah // oleh
karena anak bangsawab // apabila berhasrat menjadi pemimpin Agama itu bukan
ahlinya.
14
Tuwin ketip suragama,// pan ingsun nora winaris,// angur baya angantepana,// pranatan wajibing urip,// lampahan angluluri,// aluraning pra luluhur,// kuna kumunanira,// kongsi tumekeng semangkin,// Kikisane tan lyan among
ngupa boga.
Atau untuk menjadi khatib ceramah Agama //
itu pun bukan keahlianku // lebih baik menekuni // tata aturan kewajiban hidup
// menjalankan dan meniru // yang telah dicontohkan oleh para leluhur // sejak
jaman dahulu // hingga sampai di jaman sekarang // pada akhirnya pun tidak lain
hanyalah mencari nafkah saja.
15
Bonggan kang tan mrelokena,// mungguh ugering ngaurip,// uripe lan tri prakara,// wirya, arta, tri
winasis,// kalamun
kongsi sepi,// saka
wilangan tetelu,//
telas tilasing janma,//
aji godhong jati aking,//
temah papa papariman ngulandara.
Salah sendiri bagi yang tidak
memperdulikannya // atas kewajiban hidup // tiga landasan kehidupan // yaitu
keluhuran/nama baik; uang ataukesejahteraan, yang ketiganya adalah keahlian
atau ilmu // jika sampai tidak memiliki // dari ketiganya itu // maka hilanglah
sifat sebagai manusia // lebih berharga sampah daun kering // pada akhirnya
menderita bahkan bisa menjadi pengemis atau pun gelandangan.
16
Kang wus waspada ing
patrap,// manganyut ayat winasis,// wasana wosing Jiwangga,// melok tanpa aling-aling,// kang ngalingi kaliling,// wenganing rasa tumlawung,// keksi saliring jaman,// angelangut tanpa tepi,// yeku aran tapa tapaking
Hyang Sukma.
Bagi yang sudah paham dan bisa menyikapinya
// menghayati makna dibalik ayat // akhir dibalik kehidupannya // yang telah
melihat dengan jelas tanpa ada penghalang // dan penghalangnya pun telah
tersingkir // terbukanya rasa sehingga mengarahkan // terlihatlah dengan nyata
segala cerita kehidupan // yang sangat luas tanpa bertepi // itulah yang
disebut bertapa pada jejak Tuhan.
17
Mangkono janma utama,// tuman tumanem ing sepi,// ing saben rikala mangsa,// masah amemasuh budi,// lahire den tetepi,// ing reh kasatriyanipun,// susila anor raga,// wignya met tyasing sesame,// yeku aran wong barek berag
agama.
Itulah yang disebut manusia sejati // sudah
terbiasa di tempat yang hening // dalam setiap keadaannya // mengasuh dan
mensucikan budi // dalam tata lahirnya tetap menjalankan // sikap sebagai
seorang satria // berlaku baik menata diri // ahli dalam mengambil hati
sesamanya // itu lah yang disebut ahli dalam menjalankan syari’at Agama.
18
Ing jaman mengko pan ora,// arahe para turami,// yen antuk tuduh kang
nyata,// nora
pisan den lakoni,//
banjur njujurken kapti,//
kakekne arsa winuruk,//
ngandelken gurunira,//
pandhitane praja sidik,//
tur wus manggon pamucunge mring makrifat.
Namun di jaman sekarang tidaklah demikian //
sikap para yang muda // jika mendapat petunjuk kebenaran // tidak sekalipun
dijalaninya // dan kemudian hanya menuruti kebenarannya sendiri // sehingga
kakek-nya pun hendak diajarnya // karena hanya percaya kepada ajaran gurunya //
seorang ahli ilmu negara // yang menurutnya telah ahli dan memahami ilmu
ma’rifat.
PUPUH
III
PUCUNG
01
Ngelmu iku,// kalakone kanthi laku,// lekase lawan kas,// tegese kas nyantosani,// setya budya pangkese dur
angkara.
Ilmu itu // bisa terwujud jika dijalankan
// dengan cara yang tepat // artinya tepat adalah memperkuatnya // kebenaran
itu sebagai peghancur angkara murka.
02
Angkara gung,//neng angga anggung
gumulung,//
gogolonganira triloka,//
lekere kongsi,//yen den
umbar ambabar dadi rubeda.
Kekuatan angkara murka // di dalam badan sangat
besar sekali // menguasai atas Triloka tiga dunia // hanya mencari kesenangan
saja // jika dibiarkan akan menyebar dan jadi penghalang.
03
Beda lamun,// kang wus sengsem reh
ngasamun,// semune
ngaksama,//
sasamane bangsa sisip,//
sarwa sareh saking mardi marto tama.
Jauh beda atas // yang sudah menyenangi
kesepian dunia rokhani // maka akan selalu bersifat pemaaf // kepada sesamanya
yang berbuat salah // dan sabar karena senang perbuatan utama.
04
Taman limut,// durgameng tyas kang weh
limput,//
kereming karamat,//
karana karohaning sih,//
sihing Sukma ngrebda
sahardi gengira.
Di dalam keheningan // kejahatan hati telah
terbuang // sehingga menjadi ahli karomah // karena
mendapat kasih sayang-Nya // kasih sayang Tuhan mengembang sebesar gunung
besarnya.
05
Yeku patut,// tinulad-tulad tinurut,// sapituduhira,// aja kaya jaman mangkin,// keh pramudha mundhi dhiri rapal makna.
Itulah yang seharusnya // ditiru dicontoh
dan diikuti // atas segala petunjuknya // jangan seperti di jaman sekarang //
banyak yang muda-muda membanggakan diri sebatas menghafal lafal dan mantra
06
Durung pecus,// kesusu kaselak besus,// amak nani lapal,// kaya sayid weton Mesir,// pendhak-pendhak angendhak
gunaning janma.
Belum bisa // tergesa-gesa merasa bisa //
memaknai lafal // bagaikan Sayid dari Mesir // Setiap saat ingin menguasai
kepandaian orang lain.
07
Kang kadyeku,// kalebu wong ngaku-aku,// akale alangka,// elok Jawane den mohi,// paksa ngangkah langkah met
kawruh ing Mekah.
Hal seperti itu // termasuk hanya mengaku
saja // karena kurang akalnya // ilmu jawa yang indah ditolaknya // berambisi
melangkah mengambil ilmu dari Mekkah.
08
Nora weruh,// rosing rasa kang rinuruh,// lumeketing angga,// anggere padha marsudi,// kana-kene kaanane nora
beda.
Tidak tau // inti rasa itulah yang sangat
perlu // yang menyatu di badan // jika mau mengusahakannya // ilmu di sana dan
di sini pun tiada beda.
09
Uger lugu,// den ta mrih pralebdeng
kalbu,// yen
kabul kabuka,/// ing
drajat kajating urip,//
kaya kang wus winahyeng
sekar srinata.
Asal jujur // dalam usahanya membersihkan kalbu // jika terkabul berhasil
terbuka // tentang derajat kebenaran hidup // seperti yang diuraikan dalam
Nyanyian Sinom tersebut di atas.
10
Basa ngelmu,// mupakate lan panemu,// pasahe lan tapa,// yen satriya tanah Jawi,// kuna-kuna kang ginilut
triprakara.
Tentang Ilmu // itu adalah kebenaran logika
// untuk mempertajam adalah dengan jalan bertapa // bagi satria di Tanah Jawa
// pada jaman dahulu yang dijadikan pedoman adalah tiga hal.
11
Lila lamun,// kelangan nora gegetun,// trima yen kataman,// sakserik sameng dumadi,// trilegawa nalangsa srahing
Batara.
Ikhlas jika // kehilangan tidak tidak
merasa kecewa // ikhlas jika mendapat cobaan // dan ikhlas juga jika dibenci
sesamanya // dan yang ketiga ikhlas dan berserah diri kepada Tuhan.
12
Batara gung,// inguger graning jajantung,// jenak Hyang Wisesa,// sana pasenedan Suci,// nora kaya si mudha mudhar
angkara.
Tuhan Yang Maha Agung // dijadikan pedoman
di dalam jantungnya // sebagai singgasan Tuhan // tempat bersemayam-Nya Yang
Maha Suci // tidak seperti kelakuan yang muda-muda yang selalu menuruti
angkaranya.
13
Nora uwus,// kareme anguwus-uwus,// uwose tan ana,// mung janjine
muring-muring,// kaya
buta-buteng betah nganiaya.
Tidak menyadari diri // hobbynya menyalah-nyalahkan // namun isinya tidak
ada // marahnya hanya asal-asalan saja // Bagaikan sifat raksasa yang sukanya
menganiaya.
14
Sakeh luput,// ing angga tansah
linimput,//
linimpet ing sabda,//
narka tan ana udani, // lumuh
ala ardane ginawe gada.
Segala kesalahan // di dirinya ditutupinya
// ditutupi dengan kata-katanya // dikiranya tidak ada yang mengetahuinya //
tidak mau dibilang jahat dan kemarahannya untuk menyerangnya.
15
Durung punjul,// ing kawruh kaselak jujul,// kaseselan hawa,// cupet kapepetan pamrih,// tangeh nedya anggambuh
mring Hyang Wisesa.
Belum ahli // dalam hal ilmu tergesa-gesa
ingin dianggp pintar // karena terdorong hawa // pendek nalarnya tertutup
cita-citannya // hal itu tidak mungkin untuk bisa mendekat kepada Tuhan.
PUPUH
IV
NYANYIAN :
GAMBUH
01
Samengko ingsun tutur,// sembah catur: supaya
lumuntur,// dihin:
raga,// cipta,
jiwa, rasa, kaki,//
ing kono lamun tinemu,//
tandha nugrahaning Manon.
Sekarang saya sampaikan // empat macam
ibadah agar selalu dijalankan // yang pertama ibadah Raga // Cipta, Jiwa,,dan
rasa wahai anakku // jika hal demikian bisa kau kuasai // itu adalah anugerah
Tuhan semata.
02
Sembah raga puniku,// pakartine wong amagang
laku,//
susucine asarana saking warih,//
kang wus lumrah limang wektu,//wantu
wataking wawaton.
Ibadah raga itu // dikerjakan dalam
tindakan // bersuci dengan menggunakan air // yang sudah umum adalah lima waktu
// syarat dan rukunnya itu pedomannya.
03
Inguni-uni durung,// sinarawung wulang kang
sinerung,// lagi
iki bangsa kas ngetok-ken anggit,//
mintoken kawignyanipun,//
sarengate elok-elok.
Sebelumnya belum ada // yang membuka ajaran
yang terselubung // baru di jaman sekarang ahli hakikat membuat karangan //
menyebarkan kepandaiannya // syariatnya aneh-aneh.
04
Thithik kaya santri Dul,// gajeg kaya santri brahi
kidul,// saurute
Pacitan pinggir pasisir,//
ewon wong kang padha nggugu//,
anggere guru nyalemong.
Sedikit-sedikit seperti santri bodoh //
bergaya bagaikan santri di bagian selatan // di wilayah tepi pantai Pacitan //
ribuan orang yang mempercayainya // atas apapun yang disampaikan sang guru.
05
Kasusu arsa weruh,// cahyaning Hyang kinira yen
karuh,///ngarep-arep
urup arsa den kurebi, //Tan
wruh kang mangkono
iku,// akale
keliru enggon.
Karena tergesa-gesa ingin paham // cahaya
Tuhan yang di kira-kira, jika bisa melihatnya // mengharapkan nyalanya yang akan di jadikan
pedoman bahwa itulah Tuhan // karena tidak tau bahwa hal seperti itu adalah //
penerapan akal yang salah.
06
Yen ta jaman rumuhun, // tata titi tumrah
tumaruntun,// bangsa
srengat tan winor lan laku batin,//
dadi ora gawe bingung,//
kang padha nembah Hyang Manon.
Sedangkan pada jaman dahulu // tertata,
terbagi, dan berurutan // Ilmu syariat di dicampur dengan ilmu hakikat //
sehingga tidak membingungkan // bagi yang menjalan ibadah kepada Tuhan.
07
Lire sarengat iku,// kena uga ingaranan laku,// dihin ajeg kapindhone
ataberi,//
pakolehe putraningsun,//
nyenyeger badan miwah
kaot.
Yang dimaksud syariat adalah // bisa
disebut juga sebagai laku perbuatan // yang pertama rutin dijalankan dan tidak
terputus // hasil yang negkau peroleh wahai anakku // menyehatkan badan dan
menyegarkan roman muka.
08
Wong seger badanipun,// otot daging kulit balung
sungsum,// tumrah
ing rah memarah antenging ati,// antenging
ati nunungku,//
angruwat ruweting batos.
Orang yang sehat badannya // otot daging
kulit tulang dan sumsum // hingga sampai ke darah itu menyebabkan hati menjadi
tenang // dari ketenangan hati kemudian // akan menghilangkan keruhnya batin.
09
Mangkono mungguh ingsun,// ananging ta sarehne asnafun,// beda-beda panduk panduming dumadi,// sayektine nora jumbuh,// tekad kang padha linakon.
Seperti itulah menurut diriku // namun oleh
karena setiap manusia // berbeda-beda dalam memahami tentang kehidupan //
tentulah tidak akan sama // atas keyakinan yang dijalankannya.
10
Nanging ta paksa tutur,// rehning tuwa tuwase mung
catur,// bok
lumuntur lantaraning reh utami,//
sing sapa temen tinemu,//
nugraha geming Kaprabon.
Namun diriku terpaksa memberi nasihat //
karena lebih tua walau tua hanya bisa berkata saja // barangkali ada manfaatnya
sebagai lantaran dalam hal keutamaan // Barangsiapa yang bersungguh-sungguh
pasti akan menemukan // anugerah pedoman dalam kehidupan.
11
Samengko sembah kalbu,// yen lumintu uga dadi laku,// laku agung kang kagungan
Narapati,// patitis
tetesing kawruh,//
meruhi marang kang momong.
Sedangkan Ibadah Kalbu // jika dijalankan
terus menerus pun menjadi ibadah // itu lah tindakan yang agung yang dijalankan
oleh raja // tepat dan jelas ilmunya // hingga bisa memahami kepada yang
mengayominya.
12
Sucine tanpa banyu,// mung nyenyuda mring
hardaning kalbu,//
pambukane tata,// titi,
ngati-ati,// atetetp
talaten atul,//
tuladhan marang waspaos.
Bersucinya tidak mempergunakan air // hanya
dengan jalan mengurangi dorongan keinginan hati // terbukanya dengan tertata //
teliti dan berhati-hati // tetap tekun belajar // meneladani dan berpedoman
pada kewaspadaan.
13
Mring jatining pandulu,// panduk ing ndon dedalan
satuhu,// lamun
lugu leguting reh maligi,//
lageane tumalawung,//
wenganing alam kinaot.
Kepada inti penglihatan // jika bisa sampai
pada intinya itulah jalan yang sebenarnya // jika hanya itu saja dalam
konsentrasinya // dengan sikap bersungguh-sungguh // maka akan terbukalah
rahasia alam.
14
Yen wus kambah kadyeku,// sarat sareh
saniskareng laku,// kalakone
saka eneng, ening, eling, // Ilanging
rasa tumlawung,// kono
adile Hyang Manon.
Jika sudah memasuki hal itu // harus dengan
syarat sabar dalam segala tindakannya // berhasilnya adalah dengan diam, hening
dan sadar atau selalu ingat // kesadaran rasa tertuju kepada keadilan Tuhan.
15
Gagare ngunggar kayun,// tan kayungyun mring
ayuning kayun,// bangsa
anggit yen ginigit nora dadi,//
Marma den awas den emut,//
mring pamurunging lelakon.
Kegagalan melepaskan kehendak // tidak
tertarik atas indahnya tujuan // segala hasil karya manusia jika diyakini tentang
kebenarannya itu tidak benar // maka dari itu hati-hatilah dan ingatlah // akan
penghalang dan rintangan tujuan.
16
Samengko kang tinutur,// sembah katri kang sayekti
katur,// mring
Hyang Sukma sukmanen sehari-hari,//
arahen dipun kecakup,//
sembah ing Jiwa sutengong.
Sekarang akan membicarakan // Ibadah yang
ketiga yaitu diperuntukkan // Bagi Tuhan yaitu dengan jalan mengingatnya setiap
saat // bersungguh-sungguhlah hingga kau kuasai
// ibadah bagi jiwa ini wahai anakku.
17
Sayekti luwih prelu,// ingaranan pepuntoning
laku,//
kalakuan kang tumrap bangsaning batin,//
sucine lan Awas Emut,//
mring alame alam maot.
Sesungguhnnya ini sangatlah penting //
disebut juga akhir dari tindakan // tindakan yang berhubungan dengan batin //
bersucinya adalah dengan jalan waspada dan ingat serta sadar diri // atas alam
yaitu alam kematian.
18
Ruktine ngangkah ngukut,// ngiket ngrukut triloka
kakukut,// jagad agung
ginulung lan jagad cilik,// Den kandel kumandel kulup,// mring kelaping alam kono.
Rawatlah dalam cita-cita untuk bisa
menguasainya // mengikat, merengkuh triloka tiga dunia di kuasainya // jagad
besar di gulung bersama dengan jagad kecil // perteballah keyakinanmu wahai
anakku // atas gemerlapnya alam tersebut.
19
Keleme mawa limut,// kalamatan jroning alam
kanyut,//
sanyatane iku kanyatan kaki,//
Sajatine yen tan emut,//
sayekti tan bisa awor.
Untuk mendalaminya itu penuh kabut // akan
mendapat firasat di dalam alam menghanyutkan // kebenarannya itulah kenyataan
wahai anakku // sesungguhnya jika tanpa ingatan // sesungguhnya tidak akan bisa
menyatu.
20
Pamete saka luyut,// sarwa sareh saliring
panganyut,/ lamun
yitna kayitnan kang mitayani,//
tarlen mung pribadinipun,//
kang katon tinonton kono.
Jalan masuknya adalah dari antara sadar dan
tiada (batas antara alam lahir dan batin) // dengan jalan tenang ikhlas sabar
dalam mengendalikan gerak keinginannya // jika waspada dan terus wasspada
itulah kekuatannya // dan akhirnya diri sendirilah yang nampak di sana (Siapa
yang mengenal dirinya .. akan diantarkan untuk mengenal Tuhan-nya).
21
Nging aywa salah surup,// kono ana sajatining Urub,// yeku urup pangarep uriping
Budi,// sumirat
sirat narawung,// kadya kartika
katongton.
Namun jangan sampai salah terka // di situ
ada cahaya yang sejati // itulah nyala yang membimbing tumbuhnya budi //
bercahaya memancar terlihat nyata // bagaikan cahaya bintang nampak di sana.
22
Yeku wenganing kalbu,// kabukane kang wengku
winengku,//
wewengkone wis kawengku neng sireki,//
nging sira uga kawengku,//
mring kang pindha kartika byor.
Itulah terbukanya pintu hati // terbukalah
untuk memahami yang menguasai dan yang dikuasai // kekuasaannya telah berada di
dalam kekuasaanmu // namun dirimu itulah yang sebenarnya terkuasai // oleh yang
seperti cahaya bintang gemerlapan.
23
Samengko ingsun tutur,// gantya sembah ingkang
kaping catur,// sembah
Rasa karasa rosing dumadi,//
dadine wis tanpa tuduh,//
mung kalawan kasing Batos.
Sekarang kusampaikan // berganti ibadah
yang ke empat // Ibadah Rasa terasa pada inti hakikat kehidupan // untuk bisa
menguasainya itu tidak ada petunjuknya // hanya dengan jalan kekuatan batin
diri pribadi.
24
Kalamun durung lugu,// aja pisan wani ngaku-aku,// antuk siku kang
mangkono iku kaki,//
kena uga wenang muluk,//
kalamun wus pada melok.
Jika belum merasakan sendiri // jangan
sekalpun berani mengakuinya // akan mendapat laknat jika bersikap seperti itu
wahai anakku // boleh saja menjelaskannya // asalkan telah benar-benar
merasakannya sendiri.
25
Meloke ujar iku,// yen wus ilang sumelang ing
kalbu,// amung
kandel kumandel ngandel mring takdir,//
iku den awas den emut,//
den memet yen arsa momot.
Menjelaskan dengan kata-kata tentang hal
itu // jika telah hilang keraguan hati // jika telah yakin meyakini dan
mempercayai sebenar-benar yakin tentang Takdir // hal itu harus waspada dan
hati-hati dan selalu ingat // harus dengan cermat jika ingin menguasainya.
26
Pamoring ujar iku,// kudu santosa ing budi
teguh,// sarta
sabar tawekal legaweng ati,//
trima lila ambeg sadu,// weruh wekasing dumados.
Keberhasilan melaksanakan nasihat itu //
harus kuat dan teguh budi //serta sabar tawakal dan ikhlas di hati // menerima
ikhlas dalam segalanya // memahami akhir segala kejadian.
27
Sabarang tindak-tanduk,// tumindake lan sakadaripun,// den ngaksama kasisipaning
sesami,//
sumimpanga ing laku dur,//
hardaning budi kang ngrodon.
Segala tingkah lakunya // tindakannya dan
jalan semampunya // memberi maaf atas kesalahan sesamanya // menghindari
perbuatan sesat // dan watak angkara murka.
28
Dadya wruh iya dudu,// yeku minangka pandaming
kalbu,// ingkang buka ing kijab bullah
agaib,//
sesengkeran kang sinerung,//
dumunung telenging batos.
Sehingga memahami yang benar dan yang salah
// itulah sebagai pedoman hati // sebagai pembuka hijab Allah yang Maha Gaib //
larangan yang tertutup itu // berada pada pusat batin.
29
Rasaning urip iku// krana momor pamoring
sawujud,//
wujuddullah sumrambah ngalam sakalir,//
lir manis kalawan madu,//
endi arane ing kono.
Rasa hidup itu // karena menyatu dengan
Yang Maha Wujud // Wujud Dzat Allah menguasai seluruh alam // bagaikan rasa
manis di dalam madu // manakah antara manis dan madunya.
30
Endi manis endi madu,// yen wis bisa nuksmeng
pasang semu,// pasamoning
hebing kang Maha Suci,//
kasikep ing tyas kacakup,//
kasat mata lair batos.
Mana yang manisnya dan mana madunya // jika
sudah bisa memahami ibarat ini // makna yang tersirat di balik sabda Tuhan Yang
Maha Suci // hal itu kuasailah dalam hati dengan sempurna // maka akan bisa
melihat yang Maha Nyata dan Yang Maha Ghaib.
31
Ing batin tan keliru,// kedhap kilap liniling ing
kalbu,// kang
minangka colok celaking Hyang Widi, //widadaning
budi sadu,// pandak
panduking liru nggon.
Tidak salah dalam batin-nya // atas cetusan
hati aagr dipilah di teliti // sebagai petunjuk yang mengarah dan mendekat
kepada Tuhan // agar selamatlah budi yang baik // serta memahami segala perubahan
yang terjadi.
32
Nggonira mrih tulus,// kalaksitaning reh kang
rinuruh,//
ngayanira mrih wikal,//
warananing gaib,//
paranta lamun tan weruh,//
sasmita jatining endhog.
Agar dirimu bisa berhasil // dalam usaha
pencarian // dengan gigih agar mengetahui
// penutup Yang Maha Ghaib // itu apabila belum memahami // makna yang
sebenarnya tenetang telur.
33
Putih lan kuningpun,// lamun arsa titah teka
mangsul,// dene
nora mantra-mantra yen ing lair,//
bisa aliru wujud,//
kadadeyane ing kono.
Putih dan kuningnya // jika akan menetas
maka menjadi terbalik // tidak terbayangkan bahwa akan berganti wujud // bisa
berganti wujud // dalam kejadian tersebut.
34
Istingarah tan metu,// lawan istingarah tan
lumebu,// dene
ing njro wekasane dadi njawi,// rasakna kang tuwajuh,// aja kongsi kabasturon.
Bisa dipatikan tidak keluar // dan juga
tidak masuk // sedangkan yang semula di dalam akhirnya berada di luar //pikirkanlah
hal itu hingga paham // jangan sampai tidak kau pahami.
35
Karana yen kebanjur,// kajantaka tumekeng saumur,// tanpa tuwas yen tiwasa ing
dumadi,// dadi
wong ina tan wruh,//
dheweke den
anggep dhayoh.
Apabila sudah terlanjur // maka akan
mengalami kekecewaan hidup sepanjang hidupnya // tidak ada gunanya jika telah
sampai saat kematiannya // akan menjadi hina karena tidak mengetahui // Dirinya
dianggap sebagai tamu.
PUPUH
V
NYANYIAN
: KINANTHI
01
Mangka kantining tumuwuh,// salami mung awas eling,// eling lukitaning alam,// wedi weryaning dumadi,// supadi niring sangsaya,// yeku pangreksaning urip.
Sedangkan yang menyelamatkan hidup //
selama hidupnya adalah waspada dan ingat
// ingat segala pelajaran yang ada di alam // takut salah dalah hidupnya
// agar bisa lepas dari segala cobaan // itulah cara memelihara hidup.
02
Marma den taberi kulup,// angulah lantiping ati,// rina wengi den anedya,// pandak-panduking pambudi,// bengkas kahardaning driya,// supadya dadya utami.
Oleh karena itu rajinlah selalu wahai
anakku // belajar mempertajam hati // berusahalah di siang dan malam hari //
selalu berusaha pada tiap saatnya // untuk menghancurkan dan mengendalikan
tuntutan keinginan pancaindra // agar bisa menjadi berifat utama.
03
Pangasahe sepi samun,// aywa esah ing salami,// samangsa wis kawistara,// lalandhepe mingis-mingis,// pasah wukir reksa muka,// kekes srabedaning budi.
Untuk mempertajamnya itu di tempat yang
sepi dan keheningan dengan cara tafakur // jangan sampai terhenti selamanya //
apabila sudah bisa memahaminya // akan sangat tajam mata hatinya // bisa untuk
mengiris gunung angkara murka // hilang musnah penghalang budi.
04
Dene awas tegesipun,// weruh warananing urip,// miwah wisesaning tunggal,// kang atunggil rina wengi,// kang mukitan ing sakarsa,// gumelar ngalam sakalir.
Sedang makna waspada // mengetahui
penghalang hidup // serta kekuasaan Yang Maha Tunggal // yang selalu bersama di
siang dan malam // yang selalu mengabulkan segala keinginan // dan yang
terhampar di seluruh alam.
05
Aywa sembrana ing kalbu,// wawasen wuwus sireki,/// ing kono yekti karasa,// dudu ucape pribadi,// marma den sembadeng sedya,// wewesen praptaning uwis.
Jangan sampai lengah di dalam hati //
telaahlah terlebih dahulu segala perkataanmu // maka akan terasa // bahwa itu
bukan kata-katamu sendiri // maka dari itu agar benarkan dulu niatnya //
telaahlah sampai dengan akibat akhirnya.
06
Sirnakna semanging kalbu,// den waspada ing pangeksi,// yeku dalaning kasidan,// sinuda saka satitik,// pamotahing nafsu hawa,// jinalantih mamrih titih.
Hilangkan keraguan hati // waspadalah dalam
niat cita-citanya // itulah jalan kebenaran // kurangilah sedikit demi sedikit
// ajakan hawa nafsu // latihlah agar menjadi patuh.
07
Aywa mamatuh malutuh,// tanpa tuwas tanpa kasil,// kasalibuk ing srabeda,// marma dipun ngati-ati,// urip keh rencananira,// sambekala den kaliling.
Jangan membiasakan diri berbuat cela // itu
tidak ada manfaatnya dan tidak ada hasilnya // justru akan terjerat dan
mendapat coba // maka dari itu hati-hatilah // hidup itu banyak sekali
rintangannya // godaan hidup agar di waspadai.
08
Upamane wong lumaku,// marga gawat den liwati,// lamun kurang ing pangarah,// sayekti karendet ing ri,// apese kasandhung padhas,// babak bundhas anemahi.
Bagaikan orang berjalan // melewati jalan
yang berbahaya // jika kurang perhitungan // maka akan tertusuk duri //
setidaknya terantuk batu cadas // akhirnya terluka parah.
09
Lumrah bae yen kadyeku, //atetamba yen wis bucik,// duwea kawruh sabodag,// yen ta nartani ing kapti,// dadi kawruhe kinarya,// ngupaya kasil lan melik.
Wajarlah jika demikian // mencari obat
setalh sakit // meski memili ilmu segudang // jika tidak di hayati dalam hati
// ilmunya hanya digunakan // untuk mencari penghasilan dan kepemilikan harta.
10
Meloke yen arsa muluk,// muluk ujare lir wali,// wola-wali nora nyata,// anggepe pandhita luwih,// kaluwihane tan ana,// kabeh tandha-tandha sepi.
Itu terlihat dalam ucapannya //
perkataannya tinggi bagaikan wali // namun berulang kali tidak ada kenyataannya
// menganggap dirinya sebagai ahli ilmu // namuan tidak memiliki kelebihan
apa-apa // buktinya pun kosong tidak terlihat.
11
Kawruhe mung ana wuwus,// wuwuse gumaib baib,// kasliring titik tan kena,// mancereng alise gatik,// apa pandhita antige, //kang mangkono iku kaki.
Ilmunya hanya dimulut saja // perkataanyya
tidak masuk akal // di tentang sedikit saja tidak akan mau // melotot alisnya
pun bersatu // itulah pandita palsu // jika seperti itu wahai anakku.
12
Mangka ta kang aran laku,// lakune ngelmu sajati,// tan dahwen pati openan,// tan panasten nora jail,// tan njurungi ing kaardan,// amung eneng mamrih ening.
Sedangkan yang disebut laku // kebenaran
ilmu sejati // tidak iri dan dengki // tidak gampang marah dan tidak usil //
tidak mendorong keluarnya hawa nafsu // hanya tenang agar hening.
13
Kunanging budi luhung,//bangkit ajur ajer kaki,// yen mangkono bakal cikal,// thukul wijining utami,// nadyan bener kawruhira,// yen ana kang nyulayani.
Sinar budi yang baik itu // akan nampak
dalam sikap pergaulan yang selalu menyenangkan // jika demikian itu sebagai
biji // untuk menjadi tumbuhnya sifat utama // meski benar ilmunya // jika ada
yang membantahnya.
14
Tur kang nyulayani iku,// wus wruh yen kawruhe
nempil,// nanging
laire angalah,// katingala
angemori,// mung
ngenaki tyasing liyan,//
aywa esak aywa serik.
Dan yang membantahnya adalah // sudah paham
bahwa ilmunya hanya meminjam // namun dalam sikap lahirnya akan mengalah //
memperlihatkan sikap menyetujuinya // dengan tujuan menyenangkan hati orang
lain // pun jangan sakit hati dan dendam.
15
Yeku ilapating wahyu,// yen yuwana ing salami, //marga wimbuh ing nugraha,// saking heb kang Maha Suci,// cinancang pucuking cipta,// nora ucul-ucul kaki.
Itulah petuha wahyu // jika bisa bersikap
seperti selamanya // maka akan semakin bertambah anugerahnya // dari kemurahan Yang Maha Suci // ikatlah
di ujung cipta // janganlah sampai terlepas wahai anakku.
16
Mangkono ingkang tinamtu,// tampa nugrahaning Widhi,// marma ta kulup den bisa,// mbusuki ujaring janmi,// pakoleh lair batinnya,// iyeku budi premati.
Seperti itulah sudah menjadi ketentuan //
akan menerima anugerah Tuhan // maka dari itu wahai anakku agar bisalah // bersikap
pura-pura bodoh ketika mendengarkan perkataan seseorang // itu akan memperoleh
dalam lahir dan batinnya // yang disebut budi yang mulia.
17
Pantes tinulad tinurut,// laladane mrih utami,// utama kembanging mulya,// kamulyaning jiwa dhiri,// ora yen ta ngeplekana,// lir leluhur nguni-uni.
Pantes menjadi tauladan dan panutan // itu
cara agar menjadi utama // kebaikan adalah awal kemuliaan // kemuliaan jiwa dan
diri // meski tidak bisa menyamai // seperti para leluhur dan jaman dahulu.
18
Ananging ta kudu-kudu,// sakadarira pribadi,// aywa tinggal tutuladan,// lamun tan mangkono kaki,// yekti tuna ing tumitah,// poma kaestokna kaki.
Namun haruslah // semampunya diri sendiri
// jangan meninggalkan petuah para sesepuh // jika tidak demikian wahai anakku
// sungguh rugilah dalam hidupnya // Sungguh !! patuhilah wahai anakku.!!
Sepanjang, Sidoarjo : 6 April 2014.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar