SULUK MALANG SUMIRANG
Edit dan Penerjemah : Pujo Prayitno
S I N O M
1.
Nian gantya kan winarna // / Dan berganti lah
cerita
wonten panjenengan wali // / ada seorang wali
alul ing ngelmu
makripat // / yang ahli ilmu Ma’rifat
sarana sarak den sirik // / yang telah
meninggalkan urusan dunia
kasukbireng wawangi // / Hujjah dan
nasihatnya harum mewangi
anenggih Pangeran Panggung // / dia bernama
“Pangeran panggung”
kadangira panenggak lan Sunan Ngudung ing nguni // / Adik dari Sunan
Ngudung seorang ulama di masa lalu
atmajaning kalifah Kusen ing kina. / anak dari Khalifah Kusen
2.
Dadya paguroning kathah // / Menjadi guru bagi orang banyak.
winuruk ngelmu sajati // / Mengajarkan Ilmu sejati/Ilmu Hakikat
tebih ing sembahyangira // / Tidak mengajarkan ilmu Shalat syariat
mung winulang salat Daim // / dan hanya
mengajarkan shalat daim
sembahyang jroning batin // / melakukan shalat di dalam batin
keh samya mangsud ngguguru // / sehingga banyak yang berguru kepadanya
darbe ameng-amengan // / memiliki hewan
kesayangan
para kirik cilik-cilik // / anak anjing yang
masik kecil-kecil
pan kinarya sasmita anteping tekad / yang digunakan
sebagai ibarat dari kekuatan tekadnya.
3.
Satunggal nama pun Iman // / anjing yang satu bernama Iman
satunggal nama pun Tokid // / yang satunya bernama tauhid
kakalih saged anjilma // / keduanya bisa berbicara
tan keneng sah sari-ari // / tidak pernah terpisah dalam setiap waktunya
sareng ing lami-lami // / (perguruannya) semakin lama
saya kasusra misuwur // n’/ semakin terkenal
kapiyarsa saking Demak // / yang
akhirnya terdengar sampai di Keraton Demak
tinimbalan mring nagari // /sehingga ipanggil
oleh pihak kerajaan
Pangran Panggung wus amarek Sri Narendra / kemudian
Pangeran Panggung pergi menghadap Raja
Edit : Pujo Prayitno
/Buku jwa.Blogspot.com
4.
Njujug kamar pamidikan // / Menuju ruang pertemuan
kapareng ngarsa Sang Aji // / sudah berhadapan
dengan Raja
Jeng Sultan alon ngandika // / Sultan bertanya dengan lembut
he kisanak paran kapti // / Wahai Sudara, ada apakah sebenarnya?
dene kula miyarsa // / karena saya mendengar kabar
yen andika dados guru // / bahwa telah menjadi guru
ngririsak rukun Islam // / yang mrusak
Rukun Islam
ngorakaken saraking Nabi // / menolak syariat Nabi
lah jawaben paran
ta anteping tekad / maka jawablah apa yang menjadi dasar atas keyakinanmu
itu.
Tekadipun
Pangeran Panggung // Keyakinan Pangeran Panggung
1.
Kula dipun sulangena // / berilah penjelasan kepadaku
Pangeran Panggung duk miyarsi // / setelah pangeran Panggung mendengarnya
sabdaning Nata mangkana // / atas pertanyaan raja yang demikian itu
sumungkem umatur aris // /
sambil menyembah dan berkata pelan
ulun tadah
ruruntuk // /
hamba tidak membantahnya
makaten saetunipun // / seperti itulah kenyataannya
inggih kauningana // / dan ketahuilah
mila mbucal sarak Nabi // / alasan membuang syariat Nabi
wit ki murid met jatining susurupan / karena para
murid kebingunan dalam mengambil intisari dari ilmu syariat.
2.
Patrape ing sangkan paran // / Ilmu innalillahi (berasal dari mana dan akan
ke mana)
tajehing tanajultarki // / mengambil makna di balik mana
kang kocap dalem hidayat // / atas yang tertulis dalam kitab
amung sajatining ngelmi // / hanya inti sari ilmunya
mrih santosaning ati // / dalam
memantapkan keyakinan hati
nggayuh geyonganing kayun // / untuk menggayuh tujuan hidup yang sebenarnya
yen mbicara sarak
// / dan jika hanya menggunakan dasar syariat
belaka
saengga paksi sulindit // / sudah pasti berakibat salah arah dan tujuan
tiwas polah salah
pakolih ing nalar / jika direnungkan, maka sudah cape-cape beribadah tapi tanpa hasil
Edit : Pujo Prayitno
/Buku jwa.Blogspot.com
3.
Karananing solah salah // / karena salah dalam memahami syariat
pan sarak punika
inggih // / syariat yang sebenarnya adalah
dumunung sorah papalang // / terletak pada kalimat/ucapan, yang menjadi
penghalang
jatining ngelmi kang pundi ?// / sedangkan inti sari ilmunya itu yang mana?
Marma yen pinarsudi // / sedangkan jika gali intinya
cinundukaken ing ngelmu // / dicocokan dan diterapkan dengan ilmu
amanggung salawana
// / selamanya hanya sebatas ucapan belaka
prapteng jangji
mbalenjani // / yang pada akhirnya mengingkari janjinya
tan tuwajuh tyasira uwas sumelang / dan tidak sesuai
kenyataan sehinga mengakibatkan hati menjadi resah penuh gelisah.
4.
Wateking tyas sumelangan // / Sifat akal
pikiran adalah mudah merasa kuatir penuh ragu-ragu
ancasing ka-anan jati // / ketika
digunakan untuk memahai Yang Sejati
dadi ratuning
rancana // /
jika dijadikan raja atas segala
rencan
rubeda angriribedi // / malah
menjadi penggangu dan penghalang
embuh-embuh den rukti // / yang
bukan-bukan yang diyakini
wedi lamun nemu
dudu /// takut jika mendapatkesalahan
dedalaning delahan // / tentang jalan kebenaran
terlen anetepi jangji // / hanya
penetap janji
sadayanya pinuja mrih don asmara/ terhadap yang dipujanya, dan penjelasannnya
diurai dalam bentuk tembang Asmara - Dana
ASMARA - NDANA
1.
Jagad sakurebing langit // / seluruh dunia yang berada di bawah langit
salumaeh ing bantala // / dan
yang berada di atas bumi
saisen-isene kabeh // / beserta seluruh isinya
pan amung cinipta tunggal // /
dicipta oleh Yang Maha Tunggal
tan nganggo
karoneyan // /
dan tidak ada kembarannya
lair batine kawengku // / telah
dikuasainya yang lahir maupun yang batin
mantep anetepi tekad. / sangat
mantap
2.
Gumilang tanpa ling-aling // / Sangat jelas tanpa ada yang menghalanginya
pineleng telenging nala /// terpusat di pusat pikirannya
teleng tan kena
kalalen // /
selalu ingat dan tidak boleh melupakan-Nya
Ngadika Sultan Bintara // / Berkatalah Sultan Binatara (Sultan Kerajaan
Demak)
kalamun makaten // / jika
demikian
anteping tekad saestu /// yang menjadi keyakinanmu, olehkarenanya
kula nuwun
cuculikan / saya
minta untuk dijelaskan. Edit : Pujo Prayitno /Buku
jwa.Blogspot.com
3.
Nenggih sarahsaning ngelmi // / bahwa menurut ilmu yang tertulis
caritane Kitab Kuran // / yang tertulis di dalam Kitab Qur’an
kang ewed rapal murade // / yang
sulit adalah makna di balik kata
punika den pajarena /// hal itu mohon untuk dijelaskan
tekeng rasane
pisan // / sampai
ke rahasia inti dan rasanya
punapa jumbuh ing
kawruh // / apakah sesuai dengan yang dijabarkan oleh ilmu
pangrasa krasa ing karsa. / tentang rasa perasaan dalam kehendak
4.
Pangran Panggung matur aris // duh Sultan ing bab punika
// pan gampil minangka angel // gampil yen sampun nugraha // angel yen tan
kabuka // ing pralambine ing ngelmu // kang kangge ing kene kana.
Pangeran Panggung berkata // Wahai Sultan
tentang masalah ini // adalah antara mudah dan sulit // mudah jika sudah
mendapat anugerah // sangat sulit jika hati tidak terbuka // tentang yang
tersirat pada ilmu // yang bermanfaat di alam sana dan di sini.
5.
Mung rasa maknaning ngelmi // miwiti wruhing sarira //
sapisan wruh ing ajale // wekasan marang kamulyan // kapindo wruh sangkannya //
ananira kang satuhu // anane pan saking ora.
Hanya rasa dari makna ilmu // adalah dengan
jalan mengenal diri sendiri // yang pertama memahami kematiannya // yang kedua
mengetahui asal diri // adanya yang sebenarnya // bahwa berasal dari tidak ada.
6.
Orane kang pasti dadi // dadine kinarya tlada // wujud
mokal pratandane // minangka paesan wrana // warananing dunya // kang pasti
Datira suwung // sapisan pan nora nana.
Dari ketiadaan menuju ada // adanya menjadi
contoh // wujud mokal sebagai tandanya // hanya hiasan saja // hiasan atas
dunia // yang jelas ujud dirimu adalah kosong // pertama dan tidak pernah ada
lagi.
7.
Lan aja angaku yekti // narimaha dene nora // iku pakone
kang gawe // wong tinitah aneng dunya // mung siji pakewuhnya // tan wenang
darbe karseku // mung ngarah rilahing
Allah.
Edit : Pujo Prayitno
/Buku jwa.Blogspot.com
Dan janganlah mengaku ada // sadarilah
bahwa sesungguhnya tidak ada // itulah perintah yang emncipta // manusia berada di alam dunia // hanya satu
permasalahannya // tidak berhak mempunyai kehendak // hanya berusaha menerima
kehendak Allah.
8.
Den eling-eling sayekti // sakatahe kang tumitah // mokal
yen ana-a dewe // wujude kalawan Suksma // badan kalawan nyawa // puniku warana
agung // sipat cahya roh lan jasad.
Sungguh! Ingatlah itu // semua yang dicipta
// tidak mungkin ada dengan sendirinya // adanya atas karena Sukma // Badan dan
nyawa // adalah rahasia besar // bersifat cahaya ruh dan jasad.
9.
Kang tan wruh tata kakalih // puniku sanget cidranya //
amung sawiji kawruhe // kaliwating sang utusan // kawruhe isih bakal // mokal
den arani setu // uripe den aku Allah.
Yang tidak memahami kedua hal tersebut //
sungguh sangalah tertipu // hanya satu ilmunya // tertipu sebagai utusan //
ilmuanya masih mentah // mokal jika disebut paham // karena hidupnya di aku
Allah.
10.
Sampun ta urip puniki // tan kena ingaku Allah //
Suksmaning urip ta mangke // kupur yen ingaran Allah // kupur yen ngorakena //
Suksma lawan uripipun // tan antara lawan Allah.
Sungguh dalam hidup ini // tidak boleh
mengaku Allah // Sukma hidup sekarang // sesat jika disebut Allah // dan Sesat
pula jika tidak demikian // Sukma beserta daya hidupnya // tidak ada jarak
dengan Allah.
11.
Sultan Demak duk miyarsi // paturan ingkang mangkana //
pakewed angrusake // wasana alon ngandika // yen makaten kisanak // kula ngudi
babaripun // salat kang mungguhing badan.
Ketika Sultan Demak mendengar hal itu //
Penjelasan yang demikian // kebingungan untuk memahaminya // kemudian pelan
berkata // jika demikian wahai saudara // yang mohon penjelasannya // Shalat
dan gambarannya di badan.
12.
Dununge sawiji-wiji // cunduke lawan ngelmu chak // teka
kathah ricikane // Pangran Panggung aris mojar // menggah wektuning salat //
cunduke ngelmu linuhung // mangke tuwan piyarsakena.
Tempatnya satu persatu // hubungannya
dengan ilmu hakikat // karena banyak perinciannya // Pangeran Panggung pelan
berkata // tentang waktu shalat // hubungannya dengan ilmu luhur // sekarang
Tuan dengarkanah.
13.
Salat luhur kang rumiyin // marmane patang rekangat //
duk sira dinadekake // tangan suku papat pisan dene ta salat ngasar // sakawan
rekangatipun // inggih kadadehanira.
Shalar dhuhur asalnya // sehingga empat
raka’at // adalah ketika dirimu dilengkapi dua tangan dan dua kaki, sedangkan
shalat Ashar // empat raka’atnya // adalah berasal dari
14.
Tangkep padha kalih // pan talaga kalkaosar // lawan
gigirira karo // gigir kering lawan kanan // Salah Mahrib punika // ulun jarwa
dunungipun // marmane tigang rekangat.
Sepasang pada // dan telaga kalkautsar //
dan juga dua punggung // punggung kanan dan kiri // Shalat Maghrib adalah //
saya jelaskan tempatnya // mengapa ada tiga raka’at.
15.
Elenging grana kakalih // miwah ta elenging lesan //
jangkep titiga dununge // ana dene Salat Ngisa // mila rekangat papat // ulun
jarwa dunungipun // inggih dumunung ing karna.
Adalah dua lubang hidung // serta lubang
mulut // lengkap tiga jumlahnya // sedangkan Shalat Isa // sehingga empat
raka’at // saya jelaskan alasannya // adalah terletak pada telinga.
16.
Kalih pisan bolongneki // kalawan paningalira // jangkep
papat rekakngate // dene Salat Subuh ika // mila kalih rekangat // dadine badanireku
// kalawan nyawa rochayat.
Dua lobangnya // ditamba dengan penglihatan
// lengkap menjadi empat raka’at // Sedangkan shalat Subuh // ada dua raka’at
// menjadi badan dirimu // dengan nyawa ruh hayat.
17.
Ananing Sunat talwitri // punika sunat mupangat // tan kena atinggal reka // kakalih
rekangatira // dadi kang winicara // tukule alis punika // alis kanan alis
kiwa.
Adanya shalat Witir // adalah Sunat Muakad
// sebaiknya jangan ditinggal // dua raka’atnya // yang menjadi sebabnya //
adalah tumbuhnya kedua alis mata // alis kanan dan kiri.
18.
Sunat rakaatawitri // jayedun kadibunira // mangkyamba
amajarake // dene kang neptu lilima //
punika den paspadha // kang ndarbeni Salat wetu // tan ndarbeni beda-beda.
Sunah Raka’atalwitri // jayedun kadibun mu
// akan saya jelaskan // bahwa nafsu yang lima // harus diperhatikan // yang
menguasai shalat witir // tidak memiliki perbedaan.
19.
Pan Shalat Subuh kang wajib // kang ndarbeni Nabi Adam // duk kala
tinurunake // saking suwarga dimulya // apisah lawan garwa // langkung susah
galihipun // dene tan ana rowangnya.
Sedangkan Shlat subuh yang wajib // adalah
milik Nabi Adam // ketika diturunkan // dari surga mulia // sehingga tepisah
dengan isterinya // sehingga sangat sedih hatinya // akrena tidak ada temannya.
20.
Wonten parmaning Hyang Widdi // Jabrail ngemban parentah
// dhawuh mring Jeng Nabi reke // padhuka tampi sihing Hyang // ing mangke
asalata // rong rekangat salat Shubuh // Jeng Nabi matur sandika.
Ada kemurahan Tuhan // Jibril membawa
amanah // memerintahkan keapada Sang Nabi // Engkau mendapat ampunan Tuhan //
sekarang kerjakanlah shalat // dua rakat Shalat Subuh // Nabi menjawab segera
dilaksanakan.
21.
Pukul lima pajar sidik // Nabi Adam nulya salat // kalih
rekangat salate // uluk salam kering kanan // kang garwa aneng wuntat // nauri
salam ngalaikum // kalih pareng rarangkulan.
Jam lima fajar shodik // Nabi Adam kemudian
Shalat // dua raka’at dalam shalatnya // salam berpaling ke kiri dan kanan //
sang Istri ada di belakangnya // menjawan Wa’alaikum salam // keduanya kemudian
berpelukan.
22.
Karantam karuna sami // Jeng Nabi alon ngandika // nora
kaya Ingsun kiye // kapanggih kalwan sira // dewi Kawa tur sembah // inggih
karsaning Hyang Agung // ulun panggih lan paduka.
Menjadi bahagialah keduanya // Nabi pelan
berkata // tidak seperti diriku ini // bisa bertemu denganmu // Dewi Hawa
menyembahnya // adalah atas anugerah Yang Maha Agung // hamba bisa bertemu
dengan paduka.
23.
Salat Luhur kang ginupit // Jeng Nabi Ibrahim kina // duk
kataman coba gedhe // linebokken aneng tulang // pan pininda kunarpa // tampi
dhawuhing Hyang Agung // Jeng Nabi kinen asalat.
Shalat Dhuhur yang membawa // Nabi Ibraham
dijaman kuna // ketika mendapat ujian besar // dimasukan ke dalam api //
disamakan dengan mayat // kemudian mendapat perintah Tuhan Yang Maha Agung //
Sang Nabi di suruh mengerjakan Shalat.
24.
Luhur Arbangarakatin // Jeng Nabi Nulya asalat // dahana
sirep kemawon // anadene Salat Ngasar // Nabi Yunus kang karya // kala Jeng
Nabi merahu // baita inguntal mina.
Shalat Dhuhur empat raka’at // Nabi
kemudian mengerjakan Shalat // sehingga api menjadi padam // sedangkan shalat
Ashar // Nabi Yunus yang pertama // ketika Nabi naik perahu // dan perahunya di
telan ikan.
25.
Jeng Nabi susah tan sipi // aneng jroning weteng mina //
wonten parmaning Hyang Manon // Jeng Nabi kinen asalat // Ngasar patang
rekangat // Jeng Nabi asalat gupuh // kang mina tan kelar nyangga.
Nabi sangatlah bersedih // ketika berada di
perut ikan // ada kemurahan Tuhan // Nabi disuruh mengerjakan Shalat // Ashar
empat raka’at // segera Nabi mengerjakannya // Sang ikan tidak kuat
26.
Bubrah awake ngemasi // Jeng Nabi anulya luwar // saking
jro weteng minane // salat Mahrib winicara // kang ngadani ing kina //
panjenengan Nabi Enuh // pan topan keleming Jagad.
Hancur badannya sehingga mati // Nabi
kemudian keluar // dari dalam perut ikan // Sedangkan Shalat Maghrib // yang
menjadi cerita dahulunya // adalah Nabi Nuh // ketika dilanda topan
menenggelamkan dunia.
27.
Jeng Nabi tobat tan sipi // rumasa yen kaluputan // gya
tinari martubate // anulya kinen asalat // Mahrib tigang rekangat // wus Salat
Jeng Nabi wau // hernawa suh sirna gempang.
Nabi segera mohon pengampunan // menyadari
atas kesalahannya // dan segera melakukan tobat // kemudian disuruh mengerjakan
Shalat // Maghrib tiga raka’at // setelah selesai Shalat // Topan pu
menghilang.
28.
Salat Ngisa kang sayekti // Nabi Musa ingkang karya //
duk kala asor yudane // amungsuh raja Arkiya // para kaum sadaya // bingung tan
wruh ing lor kidul // kulon wetan miwah ngarsa.
Sedang Shalat Isa // Nabi musa yang
mengawali // ketika kalah perang // melawan Raja Arkiya // semua pasukannya //
kebingunan tidak tau arah utara selatan // barat timur dan juga depan.
29.
Jeng Nabi susah tan sipi // anulya asalat kajat // datan
antara praptane // Jibril ngemban parentah // uluk salam angucap // Jeng Nabi
paduka iku // dinawuhan salat ngisa.
Nabi sangatlah sudah hatinya // kemudian
mengerjakan shalat hajat // tidak tau dari arah mana // datanglah Jibril membawa
perintah // memberi salam kemudian berkata // Wahai Nabi engkau //
diperintahkan untuk mengerjakan shalat Isa.
30.
Matur sandika Jeng Nabi // tumulya asalat ngisa // pra
kaum waluya kabeh // Jibril aturira // ingsun kang malesena // marang sang pandita
Balhum // telas prakawising salat.
Nabi menyanggupinya // kemudian mengerjakan
Shalat Isa // semua pasukannya kembali seperti semula // Jibril kemudian
berkata // Hamba yang membalasnya // atas sang Pandhita Bulham // habis tentang
masalah Shalat.
31.
Sultan Demak matur malih // inggih sampun katanggelan //
kawula nuwun artose // menggah nganasir punika // pinten kang pitedhahan //
umatur Pangeran Panggung // wijiling pajar sajarwa.
Sultan demak kembali berkata // janganlah
setengah-setengah // saya mohon dijelaskan // tentang anasir ini // ada
berapakah ujudnya // berkatalah Pangeran Panggung// yang akan dijelaskan dalam
tembang Macapat Mijil.
M I J I L
Nganasiring Gusti, Roh tuwin Kawula //
Anasir Tuhan, Ruh dan Hamba
1.
Pangran Panggung aturira aris // pukulun Sang Katong //
bangsa nganasir catur kathahe // ingkang dingin nganasiring Gusti // wekasan
winilis // kasampurnanipun.
Pangeran Panggung kemudian berkata // Wahai
Sang Raja // tentang anasir ada empat jenis // Yang pertama anasir Tuhan //
harus dipahami sampai tuntas // atas kesempurnaannya.
2.
Edat Sipat Asma Apngal yekti // dununge rinaos // basa
Edat wujudira angger // apadene wujuding kumelip // tan ana ndarbeni // mung
Pangran kan Luhur.
Dzat Sifat Asma dan Af’al // maknanya
adalah // Dzat adalah ujud-Nya // hanya ujud yang Maha Tinggi yang ada // selain-Nya tidak ada yang memiliki //
Hanya Tuhan Yang Maha Luhur yang ada.
3.
Ingkang gedhe miwah ingkang cilik // pasanging pasemon //
iku kagunganing Allah kabeh // ananira nora darbe urip // mung Allah kang urip
// kang tunggal pandulu.
Yang besar maupun yang kecil // pasangan
dari ibarat // itu semua milik Allah // adanya dirimu sesungguhnya tidak
mempunyai daya Hidup // Hanya Allah Yang Maha Hidup // yang satu penglihatan.
4.
Dene basa sipat kang sayekti /// rupane kang katon //
barang rupa gede myang cilike // saisining bumi lawan langit // tan ana ndarbeni // mung Pangran kang
Agung.
Sedangkan yang disebut Sifat // adalah ujud
dari yang nampak // baik yang besar maupun yang kecil // Semua isi bumi dan
langit // tidak ada yang memiliki sifat // Hanya Tuhan Yang Maha Agunglah Sang
pemiliknya.
5.
Basa asma punika sayekti // ananing dumados // saisining
bumi pan beda jenenge // inggih sadaya tan andarbeni // mung Pangran kang luwih
// kang darbe jujuluk.
Yang disebut Asma adalah // adanya dari
yang ada // se isi bumi berbeda namanya // dan kesemuanya tidak memiliki //
Hanya Yang Maha Lebih Segalanya // Yang memiliki Nama.
6.
Tegesipun apngal puniki // panggawe kang katon // sining
bumi seje pakaryane // seje jeneng seje kang pakarti // kabeh tanpa osik //
mung Allah kang luhur.
Makna Af’al adalah // perbuatan yang nampak
// se isi bumi beda pekerjaan dan tugasnya // beda nama maka beda yang
dikerjakan // semuanya tanpa gerak // Hanya Atas ijin Allah sajalah.
7.
Sampun telas anasiring Gusti // gantya nganasir Roh //
inggih sakawan ricikane // wujud ngelmu Nur Suhud raneki // yen dereng mangarti
// wiji-wijinipun.
Sudah habis anasir tuhan // ganti tentang
Anasir Ruh // juga ada empat perinciannya // Wujud, Ilmu, Nur Suhud // jika
belum memahami // penjelasannya.
8.
Lwiring wujud sajatining ngurip // urip kang sayektos //
ingkang aran manungsa jatine // yen wadona sejatining estri // pan ingkang
ngalinggih // Bandar ‘Ullah tuhu.
Makna wujud inti hidup // hidup yang
sesungguhnya // yang disebut manusia sesungguhnya // jika perempuan adalah
perempuan yang sejati // bahwa yang ada di dalamnya // Sesungghnya Allah.
9.
Kaping kalih pan ingaran ngelmi // pangrawuhing batos //
basa Enur punika tegese // ingkang ingaran roh Ilapi // cahya kang nelahi //
kadya lintang wuluh
Yang ke dua disebut Ilmu // adalah
pemahaman batin // Nur artinya adalah // yang disebut ruh Ilafi // cahaya yang
meliputi // bagaikan Bintang pagi.
10.
Dene basa asuhud puniki // panedyaning batos // den
kaesti // cengeng paningale // dipun awas ing sajroning takbir // nganasir roh
enting // den pracayeng kayun.
Sedangkan Suhud adalah // cita-cita batin
// dipusatkan // konsentrasi penglihatannya // di hadayati di dalam Takbir //
telah habis anasir ruh // yakinilah dalam hidupmu.
11.
Nganasiring kawula winarni // dipun amangertos // bumi
geni angin lan banyune // bumi punika dadining jisim // dahana pan dadi cahya
// kang umuncar.
Jenis dari ansir hamba // harap dipahami //
yaitu Bumi Api Angin dan Air // Bumi menjada raga // Api menjadi cahaya // yang
memancar.
12.
Angin dados napas mijil manjing // banyu getihnya wong //
kapat samya molah ngosikake // tarik tinarik kalawan Gaib // telas bab nganasir
// dipun awas emut.
Angin menjadi keluar masuknya nafas // Air
menjadi darah manusia // keempatnya berpengaruh pada gerakan // yang saling
tarik menarik dengan Yang Maha Ghaib // habislah tentang anasir // harap hati
hati dan ingat.
13.
Sultan Demak dahat sukeng galih // winarneng wawados //
awasana alon andikane // yen makaten
kularsa ngyakteni // tekad kang premati // maring sang ngaulun.
Sultan Demak sangat senang hatinya //
mendapat penjelasan tentang rahasia // kemudian pelan berkata // jika demikian
saya ingin mengetahui // tentang apa keyakinan // atas dirimu.
14.
Pangran Panggung aturira aris // duh-duh Sang nga-katong
// inggih lamun makaten karsane // adhawuha arerakit geni // amba arsa besmi //
munggwing geni murub.
Pangeran Panggung menjawabnya // Wahai sang
Raja // jika demikian kehendak Tuan // perintahkan untuk membuat api // saya
ingin membakar diri // masuk kedalam api yang menyala.
15.
Sultan Demak kalegan ing galih // parentah punang wong //
tan andangu wus miranti kabeh // gunung kayu eduk lenga agni // wus rinakit
mungwing // aneng alun-alun.
Sunan demak lega hatinya // kemudian
memerintahkan kepada bawahannya // tida berapa lama semuanya telah siap //
Gunug kayu dan minyak api // sudah di rakit tinggi // di tengah alun-alun.
16.
Lawan anyuruhi para wali // kang waspadeng wados // pra
ngulama mukmin sabangsane // wus apepak ander samya prapti // Sang Prabu
ngawanti // miyos ngalun-alun.
Dengan mengudang semua wali // yang telah
paham hal rahasia // para Ulama dan Mukmin semuanya // telah lengkap dengan
segera untuk mendatanginya // Sang Raja Ngawanti // keluar ke tengah Alun-alun.
17.
Pangran Panggung kinanti ing kering // wuri kirik karo //
Iman Tokid datan pisah nggene // Sultan ing Bintara abibisik // kinen anglekasi
// umanjing ing latu.
Pangeran Panggung mengirin di sebelah
kirinya // dibelakangnya mengiring ke dua anjingnya // Iman dan Tauhid tidak
terpisah dari tempatnya // Sultan Bintara berbisik // untuk segera // masuk ke
dalam api.
18.
Pangran Panggung lajeng nyadikani // ngatag kirik karo /
cinetetan ana ing ngarsane // nenggih pun Iman lawan pun Tokid // pan kinen
umanjing // sajeroning latu.
Pengeran Panggung menyanggupinya //
memanggik kedua anjingnya // untuk mendekat ke depan dirinya // Kemudian Iman
dan Tauhid // disuruh untuk masuk // ke dalam nyala api.
19.
Dyan umesat kang canela kalih // manjing agni karo //
sareng lawan kirik kakalihe // manjing dahana arda mawerdi // aneng jroning api
// kirik lan caripu.
Segera melasat keduanya // masuk ke dalam
api // ketika kedua anjing tersebut // masuk ke dalam api yang berkobar // di
dalam kobaran apai // justru anjing itu membersihkan diri berguling-guling.
20.
Awentala malah kirik kalih // samya abuburon // ngalor
ngidul asuka solahe // wulunira salamba tan gigrig // kalis aneng api // wus antaraning dangu.
Tidak berapa lama kedua anjing itu //
justru saling kejar-kejaran // ke utara selatan di tingkah senang // dan
bulunya, satupun tidak ada yang rontok // tidak mempan terbakar api // setelah
beberapa lama.
21.
Siningsotan kang kirik kakalih // pan kadi inguwuh //
gurawalan medal sakarone // sarwi agem tarumpah ginigit // lir dabe pangerti //
tunduk munggeng ngayun.
Dipanggil dengan siulan kedua anjing
tersebut // bagaikan di ajak bicara // segera keluar dari api keduanya //
sambil membawa Sandal Terompah dengan di gigit // bagaikan bisa berfikir //
patuh atas perintah tuannya.
22.
Ngaturaken kan trumpah kalih // ingandikan alon //
patrapena ing ngendi enggone // sona kalih amatrapaken aglis // ing palangkan
adi // kang punang caripu.
Kemudian menyerahkan kedua terompah
tersebut // kemudian diperintah dengan pelan // tempatkanlah pada tempatnya //
segera kedua anjing tersbut meletakannya // di dekat kaki tuannya // kemudian
segera berkipu.
23.
Kang umiyat legeg tan kenangling // leng-leng ngungun
ndongong // pratingkahe pan ngengeramake // mangunahe teka mratandani // Sang
Prabu Ngawanti // angandika arum.
Yang melihatnya terheran-heran // termangu
heran dan melongo // tingkahnya sangat mengherankan // sebagai tanda atas
Ma’unahnya // Sang Raja Ngawanti // pelan berkata.
24.
Duh ta paman sampun nyumerepi // ing reh lampah elok //
nanging maksih kirang utamine // lamun boten andika pribadi // kang umanjing
agni // kirang antepipun.
Wahai paman selah mengetahui // atas
kejadian yang gmenakjubkan // namun masih kurang utama // jika tidak engkau
pribadi // yang mesuk ke dalam api // maka kurang mantaplah.
25.
Dene amung asusulih kirik // lan tarompah karo // Pangran
Panggung alon ing ature // duh Jeng Sultan pan sampun kuwatir // manira pribadi
// kang umanjing latu.
Karena hanya mewakilkan kepada anjing //
dan kedua terompah saja // Pangeran Panggung pelan berkata // Wahai Sultan
janganlah kuatir // hamba pribadi // yang akan masuk ke dalam api.
26.
Pangran Panggung saksana anyangking // kamot asta karo //
ingkang tengen mangsi lawan epen// ingkang kiwa dalancang sajilid // dyan
umanjing api // Jeng Pangran Panggung.
Pangeran Panggung sambil meneteng // di
kedua tangannya // Tangan kanan membawa tinta dan pena // tangan kiri membawa
kertas satu jilid // kemudian masuk ke dalam api // Pangeran Panggung.
27.
Manteping tekad tan was kuwatir // saprapatanireng jro //
lajeng lenggah lawan angasta pen // punang
papan dalancang tinulis // sasmita inganggit // pan dinapur suluk.
Kekuatan tekadnya tidak ada rasa kuatir //
setibanya di dalam api // kemudian duduk dengan menyiapkan pena // kemudian
kertaspun ditulisnya // hendak menggubah // yang berupa suluk ajaran.
28.
Purwakannya sekar dhandhanggendis // tanduking pasemon //
sariranya kang mangka talere // sayektine mring Prabu Ngawanti // palimping
pepeling // lamating tyas limut.
Pembuka berupa tembang Dhandhanggula //
sebagai ibarat // yang isinya ditujukan kepada // kepada Raja Ngawanti // untuk
sebagai pengingat // lambang batin yang dalam.
29.
Suluk Malangsumirang wus dadi // mung sasekar pangkon //
pitulikur pada saricike // aprelambang sarasaning ngelmu // pupuntoning budi //
tekad kang tuwajuh.
Telas selesailah Suluk Malangsumirang //
hanya satu jenis tembang macapat // duapuluh tujuh bait beserta perinciannya //
yang berisi lambang dari ilmu // yang mengajarkan pangkal budi // atas tekad
yang dituju.
30.
Teteladan carita ing nguni // uwosing cariyos // Prabu
Panji kang dadya totonden // duk maksihe Pangeran Dipati // murca kesah anis //
namar momor sambu.
Dengan contoh cerit masa lalu // inti
ceritanya // adalah Raja Panji yang dijadikan tauladan // ketika masih menjadi
Dipati // pergi dengan mengembara // menyamar rakyat biasa.
31.
Neng gegelang lumampah angringgit // pan asandi wados //
dalang Jaruman ing paprabe // kang umiyat kasamaran sami // ing mangkya rinicik
// sarkaraning kidung.
Menuju Gegelang mengakan pertunjukan wayang
// dengan menyamar rahasia // dengan nama Dalang Jaruman itulah nama dirinya //
yang menonton sangat menyukainya // sekrang akan dijelaskan // dalam Tembang
Dhandhanggula.
DHANDHANG - GULA
1.
Malangsumirang amurang niti // anrang denira monggita //
rariyan nom tan wruh dudone // anggelar ujar luput // manrang baya tan wrin ing
westi // angucap tan wruh ing trap // kaduk andalurung // kaduk andalurung
pangucape laya luya // ambalasar dahat amalang sengiti // tan kena winikalpa.
Malangsumirang mengajarkan ilmu //
mengajarkan kepada Raja Ngawanti (Demak) // Anak muda belum mengerti tujuannya
// menggelar ajaran yang salah // kepada sesama tidak memahami ilmu // berkata
tidak paham penempatannya // telanjur kesesatannya // terlanjur salah
uacapannya mengada-ada // semakin tersesat sungguh menjadi penghalang // tidak
bisa di nalar.
2.
Andaluya kang dadawan angling // datan patut lan ujaring
sastra // amurang dadalan gede // ambawur tatar tutur // anut marga kang den
simpangi // anasar ambalasar // amegati kukuncung // tan ana lampah den rewa //
darma aji kewingking tan den rasani // liwuhan kaya wong edan.
Melantur karena panjang penjelasannya // tidak
sesuai dengan yang tertulis didalam sastra // melanggar jalan kebenaran //
bercampur kata-katanya // mengikuti jalan yang dihindadri // sehingga tersesat
jauh // menghadang anak muda // tidak ada jalan tuk menyimpang // Ajaran yang
baik ditinggalkan tidak diterangkan // tidak karuan bagaikan orang gila.
3.
Idep adepe kadi rariya lit // tan angrasa dosa yen
dinosan // tan angricik tan angrowe // wus datan etang etung // batal karam den
eti-iti // wus manjing abirawa // liwung tanpa tutur // anganggge kawenang-wenang
// wus kalabu alame wong kupur kapir // tan kena sinantaha.
Sikap dan perilakunya bagaikan anak kecil
// tidak merasa dosa ketika melakukan kesalahan // tidak mempertimbangkan pun
tidak menganggapnya // sudah tidak mempergunakan perhitungan // Batal haram
dicampur-campur // telah masuk kedalam abirawa // bingung tanpa kata // berbuat
sewenang-wenang // sehingga masuk golongan orang kufur kafir // dan tidak bisa
di pertahankan.
4.
Amurang sarak ujar sarehning // asawengah lan sabda pandita // asuwala lan wong ngakeh //
winangsit adalurung // kedah anut marga tan yukti // mulane ambalasar // sawab
sampun antuk // jatining igapuruita // karantene tan ana winalang ati // tan
keneng pringgabaya.
Melangar syariat kata-katanya karena //
sembarangan atas Sabda raja // membantah orang banyak // disampaikan dengan
cara salah // karena mengikuti jalan bukan pada keselamatan // sehingga
tersesat // setelah mendapat berkah // inti dari berguru // karena telah ada
pemahaman hati // agar tidak terkena mara bahaya.
5.
Pangucap wus tanpa kekering // tan ana bahyaning wong
wikana // ing kajatene awake // tan ana bahyaning wruh // yekti aja tinari-tari
// pan jatining sarira // tan loro tetelu // kadyangganing riringgitan // duk
lungane Sang Panji ngumbara singgih // kesah saking negara.
Ucapannya sudah tidak ditahan // tidak ada
bahaya orang yang telah paham // terhadap sejati dirinya // tidak ada bahaya
mengetahui // sungguh janganlah di tawar-tawari // atas sejati dirinya // tidak
dua ataupun tiga // bagaikan dalam pertunjukan wayang // pada kisah kepergian
Sang Panji untuk menggembara // meninggalkan negaranya.
6.
Aneng gegelang lumampah ngringgit // silih aran ki dalang
Jaruman // amendem kulabasane // tan ana ingkang wruh // lamun Panji ingkang
angringgit // baloloken ing rupa // pan jatine tan wruh // padha ngarani
dadalang // dahat tan wruh yen iku putra ing Keling // kang aminda dadalang.
Pergi ke Gegelang untuk mengadakan
pertunjukan wayang // berganti nama Ki Dalang Jaruman // merahasiakan jati
dirinya // tidak ada satupun yang mengetahui // bahwa Panji-lah yang sebagai
dalangnya // karena tertutup rupa // sedangkan aslinya tidak diketahui //
dikira dalang baisa // sungguh tidak ada yang paham bahwa itu adalah Putra dari
Keling // yang menyamar sebagai Dalang.
7.
Adoh kadohan tingale pangling // aparek pan mangke
kaparekan // tan wikan panji rupane // den sidep iku dudu // lamun reke panji
angringgit // baloloken ing warna // sakeh kang andulu // lir wisnu kalawan
Kresna // nora Wisnu nanging Kresna Dwarawati // kang mumpuni negara.
Sangat jauh pandangannya karena tidak
mengenal // terlalu dekat dan sekarang sudah dekat // karena tidak mengetahui
wajah sang Panji // dikira itu bukan // bahwa yang sebenarnya itu adalah Panji
yang sedang memainkan wayang // tertipu oleh rupa // atas semua yang
monontonnya // Bagaikan Wisna dengan Kresna // Bukan Wisnu namun Kresna
Dwarawati // yang sebagai penguasa negara.
8.
Wisesa Kresna jati siniwi // kang pinudyeng jagad
pramudita // tan ana wruh ing polahe // mung Kresna jati Wisnu // kang amangih
datan kapanggih // pan iya iku tunggal // ing kajatenipun // prakarane ana
jagad // ametokken kawignyan Sang Wisnu Murti // nyata kang aran Kresna.
Yang menguasai Keresna yang seharusnya
dipatuhi // yang di puja oleh seluruh isi dunia // tidak ada yang meilhat
pekerjaannya // bahwa Kresna yang sejati adalah Wisnu // yang bertemu namun
tidak menemukan // bahwa sesungguhnya adalah satu // di dalam sejatinya //
Mengapa mengada di dunia // adalah untuk mengeluarkan keahliannya atas Sang
Wisnu Murti // adalah yang disebut Kresna.
9.
Kathah wong karem dening kajatin // ciptaning wong durung
puruita // den pisah-pisah jatine // den sengguh sanes wujud // lan jatine kang
angulati // tan wruh kang ingulatan (Kirang empat padalingsa, bokmenawi ical).
Banyak orang yang menginginkan yang Sejati
// atas keinginannya namun belum berguru // dipisah-pisah yang sejati // di
kira bukan wujud // dan sejati yang dicarinya // tidak diketahui bahwa itu yang
sedang dicari (Kurang empat baris,
barangkali hilang).
10.
Brahalane den gendong den indit // malah kabotan maring
dangdanan // tur durung wruh sajatine // ciptane tanpa guru // ngemunganken
ujaring tulis // awimbuh jatining Hyang // den tutur anggalur // den turut
kadya dadalan // sajatine dheweke nora kalingling // katungkul amimilang.
Berhalanya di gendong dan di bawa // bahkan
keberatan terhadap yang ada // sesungguhnya belum mengetahui yang sejati //
kehendaknya tanpa berguru // hanya berpatokan pada tulisan // yang mengurai
tentang Tuhan yang sejati // diuraikan dengan cara melantur // itu yang diikuti
bagaikan sebuah jalan // Sesungguhnya dirinya tidak ada yang menutupi // namun
perhatiannya justru mencari-cari .
11.
Dosa geng alit kang den kawruhi // ujar kupur kapir kang
den tulad // iku wong mentah kawruhe // sembahyange tan surut // puwasane den
aji-aji // tan kena kaselanan // kalimput ing kukum // kang wus teka ing wisesa
// sembah puji puwasa kang den inggati // muthung sangkan lan paran.
Dosa besar kecil yng dipahami // ajaran
kufur kafir yang ditiru // itu orang yang masih mentah ilmunya // Shalatnya
tiada henti // puasanya di puji-puji // tidak boleh ada putusnya // tertipu
hukum // yang telah sampai kepada Yang Maha Kuasa // Ibadah memuji puasa
dihindari // memutus asal dan tujuan.
12.
Dosa gung alit tan den rasani // ujar kupur kapir tan den
ulah // wus liwung pasikepane // tan andulu dinulu // tan angrasa tan angrasani
// tan paran-pinaranan // wutane wong iku // pastine den sidep nora // nora
idep den sengguh ana kakalih // kang amurba wisesa.
Dosa besar kecil tidak dibicarakan //
Ajaran kufur kafir tidak dipelajari // sudah bingung dalam sikapnya // tidak
saling melihat // tidak dirasa dan merasakan // tidak saling mendatangi //
butanya orang itu // sesungguhnya di anggap tidak ada // tidak ingin di kira
ada dua // yang menguasai dan dikuasai.
13.
Yen ingsun Nyipta kang kadyeki // angur matiya duk maksih
jabang // tan angetang tan angame // kathah kawongan prelu // tata lapal kang
den rasani // sembahyang den gugulang // puwasa tan surud // den sidep
anelamena // sumbalinga awuwuhan murbayani // akeh dadi brahala.
Jika saya menyipta hal yang demikian //
lebih baik mati ketika bayi // tidak menghitung tidak memakai // banyak manusia
yang menginginkan // Sebatas lafal yang dibicarakan // Shalatnya yang di jaga
// Puasa tidak pernah ditinggal // dikira yang menyelamatkan // sumbalinga
tercampur murbayani // justru banyak yang menjadi berhala.
14.
Pangrengeningsun duk rare alit // nora Islam dening wong
sembahyang // tan Islam dening pangangge // tan Islam dening wektu // datan
selam dening kulambi // tan selam dening tapa // ing pangrunguningsun //ewuh
tegese wong Islam // datan selam dening anampik amilih // ing kalal klawan
karam.
Pemahamanku di waktu kecil // Islam bukan
karena shalat // Islam bukan karena perbuatan // Islam bukan karena waktu //
Islam bukan karena baju // Islam bukan karena tafakur // itulah pemahamanku //
Tidak gampang memahami Islam // Islam bukan menolak dan memilih // terhadap
yang khalal ataupun kharam.
15.
Kang wruh tegese wong Islam iki // mulya
wisesa jati kamulyan // sampurna tekan omahe // wulune anggelepung // brasta
geseng tan ana kari // anggane aneng dunya // kadya adudunung // lir sang Panji
Angumbara // sajatine wus manthuk Koripan malih // mulya Putreng Jenggala.
Siapapun yang memahami arti Islam yang
sesungguhnya // Mulia dan menguasai kemuliaan sejati // sempurna sampai saat
kembali // Dalam berwudhu sangatlah lembut // menghilangkan kotoran tanpa ada
yang ketinggalan // badannya berada di dunia // hanya sebuah tempat // ibarat
cerita Sang Panji ketika mengembara // sesungguhnya telah kembali ke Negara Kahuripan // mulia sebagai Putra
Jengaala.
16.
Tembene manira manggih warti // warta anyar ambubar
wicara // kawiled ujare mangke // tutur datan kawengku // baya kuna iku kinunci
// dadya ingsun tan wikan // kagyat Sun Angrungu // mrih ilang angaji basa //
salawase durung wruh tegesing Alip // dadya abukakrakan.
Pada akhirnya engkau akan menemukan cerita
// Cerita baru yang merusak yang dibicarakan // terbalik keadaan sekarang //
tidak menguasai nasihat // nasihat masa lalu yang terkunci // sehingga diri
tidak paham // terperanjat diri mendengarnya // untuk menghilangkan sebatas
mempelajari bahasa // maka selamanya tidak akan memahami apakah itu ALIF // sehingga
membuka pemahaman.
17.
Apadang kadi tampaning esih // esihe mangke panunggalira
// awor pawor pan ing sihe // anggelarena tuwuh // sastra kabeh sampun
kalingling // Nukat gaib pinangka // sastra kabeh iku // kang alip iku panutan
// sastra kabeh kang Alip sastra kariyin // nukat pinangkanira.
Jelas bagaikan menerima cinta // Cintalah
yang menyatukan // menyatu merekat karena cinta // maka terciptalah kehidupan
// dan menutup semua ilmu // Nukat Ghaib (biji rahasia) adalah sebagai //
sumber ilmu // Alif-lah sebagai panutan // Semua ilmu akan didahului ilmu sang
Alif // Nukat sebagai asalnya.
18.
Alip iku pan badaning lapi // Nugrahane mangke jenengira
// dudu Allah sakarone // Alip tibaning naptu // dene datan na momori // jeneng
Alip ilapat // sadurunge iku // jagad dumadi wus ana // ingkang Alip dene
kinarya gegenti // ananing wujud tunggal.
Alaip adalah badan dari lapi // anugerahnya
adalah ujudmu // bukan Allah yang keduanaya // Alip menjadi nafsu // namun
tidak mencampuri // Alif Ilafat // sebelum
itu // dunia sudah ada // yang disebut Alif; sedangkan sebagai gantinya
// adalah adanya ujud tunggal.
19.
Tunggal rasa tunggal wujudneki // tunggale mangke
dinama-dama // tan ana ngaken polahe // Alip wujud kang agung // wujud mutlak
kang Alip iki // iku jatining rasa // kadedere iku // kadeder iku lilima //
ingkang Alip mata wajah niyat jati // Iman lawan sarengat.
Tunggal rasa dan ujudnya // menyatunya
sekaranglah yang diidam-idamkan // tidak mengaku segala yang ddilakukan // Alif
adalah Ujud Yang Maha Agung // mujud mutlak sang Alif // itulah inti rasa //
tumbunya itu // tumbuh menjadi lima // Alif sebagai mata wajah niyat suci //
Iman dan Syari’at.
20.
Jabare Allah mangke puniki // ejere pan maha mulya //
pese ing kasucihane // nora na Allah iku // pan wusira Allah puniki // nora-a
dudu Allah // Allah kabeh iku // lair batin iku sira // sastra kabeh gentining
aksa Alip // Allah iku lah sira.
Jabare (Fatkhah) Allah sekarang ini //
ejere (Kasroh) adalah Maha Mulia // pese (Dlomah) adalah Maha sucinya // tidak
lain adalah Allah yang sesungguhnya // dan setelah Allah seperti tersebut //
tidak ada yang bukan Allah // Allah semua itu // lahir batin adalah dirimu.
21.
Kariyin kadedering kang Alip // wiwitane mangke ing
paningal // tingal kang nyata tinggale // paningaling Dat iku // paesane
tunggaling jati // tumurun jatinira // cahya kang tumurun // mungguhing utek
punika // ananira gumelaring jagad iki // cahya gumillang-gilang.
Yang dahulunya tumbuh dari Sang Alif //
awalmulanya adalah dari penglihatan // melihat atas yang nyata-nyata terlihat
// penglihatan Dzat itu // hiasan menyatu pada yang sejati // turun menjadi
jati dirimu // cahaya yang memasuki // ke dalam otak adalah // adanya dunia
yang tergelar ini // cahaya yang terang benderang.
22.
Satus pitulikur dadineki // dadi tingal lawan pamiyarsa
// napas pan tunggal dununge // napas kajatenipun // ingaranan panji puniki //
panji wayanganing Dat // ing wuwus puniku // dateng sakathahing Iman // pan
sakehe nebuta kaanan jati // Laila lailolah.
Menjadi seratus duapuluh tujuh // menjadi
penglihatan dan pendengaran // nafas pun menyatu. Itulah sesungguhnya // Napas
yang sejati // yang disebut Panji adalah // Panji sebagai bayangan dari Dzat //
atas penjelasan ini // tentang seluruh Iman // dan semua sebutan kahanan jati
// adalah La ilaha ila Allah.
23.
Ana paksi mangku bumi langit // manuk iku endah ingaranan
// saderah uripe mangke // uripe manuk iku // amimbuhi ing jagad iki //
netranipun sakawan // warnane wowolu // akulit sarengat ika // getihipun
tarekat puniku singgih // ototipun kakekat.
Ada burung yang memangku bumi langit //
burung itu indah sebutannya // meliputi seluruh hidup sekarang ini // hidup
dari burung itu // meliputi seluruh dunia ini // bermata empat // berwarna
delapan // berkulit syari’at // berdarah thariqat itulah sesungguhnya //
berotot hakikat.
24.
Dagingipun makripat puniki // cucukipun sajatining sadat
// eletan Tokid wastane // atinipun luk enun // pupusuhing Tembolo)Supiyah nenggih // emeperune katijah
// jantung budinipun // acucuk emas punika // sungsumipun sakawan warnanireki
//anyawa papat ika.
Berdaging Ma’rifat // berparuh Sahadat
sejati // berlidah Tauhid sebutannya // berhati huruf Nun (ﻦ) //
Temboloknya ada Sufiyah // empedunya Khatijah // jantung adalah budi-nya //
berparuh emas // susum ada empat jenis // bernyawa empat.
25.
Uninipun Jabrail puniki // socanipun ya isi sakawan //
anetra wulan srengenge // napas nurani iku // grananipun tursina nenggih //
angaus soring ngaras // kuping karo iku // wasta ing gunung Jabalkat //
socanipun rahara tarwiyah singgih // ing gunung manik maya.
Bersuara malaikat Jibril // bermata emepat
// bermata bulan dan matahari // bernafa Nurani // hidungnya adalah Gunung
Tursina // mencari ilmu dibawah Arasy // kedua telinganya // disbut gunung
Jabalkat // matanya adalah rahara tarwiyah // yang berada di gunung Manikmaya.
26.
Dada gigir lambung tengen iki // ingaranan
macapat punika // angombe rabani mangke // awak Nabi Puniku // asuwiwi malekat iki //
mencok ing Nabi Adam // kepala puniku // bagenda Ibrahim ika // utekipun betal
makmur iku singgih // pujine nem prakara.
Dada punggung dan lambung kanan // disebut
Macapat // minumannya Rabbani // berbadan Nabi // bersayap Malaikat //
bertengger di Nabi Adam // kepalanya adalah // Nabi Ibrahim // Otaknya
Baitalmakmur // pujiannya enam macam.
27.
Iya iku den kawikan kaki // manuk iku tutungganira //
munggah ing Swargantareke // pilih kang wruh puniku // pan kinunci ing para
Wali // manuk iku pan Suksma // tanpa warna iku // tutunggangane kang awas //
manuk iku ya urip tan keneng pati // tekeng dunya ngakerat.
Itu harus kau pahami anakku // burung
tersebut adalah kendaraan // untuk naik ke surga atau neraka // hanya yang
terpilih yang memahaminya // karena terkunci di diri wali // burung itu adalah
sukma // yang tidak berwarna // kendaraan bagi yang jeli // burung tersebut
jika sudah hidup tidak akan mati // di dunia sampai dengan akhirat.
28.
Titi tamat panganggiting nguni // nenggih kang suluk
malangsumirang // kawruh ananing kajaten // ya ta Pangeran Panggung // nulya
medal saking ing geni // sarjya mundi pustaka // pan sampun pinetuk // mring
Sultan Sah Ngalam Akbar // lawan sagung para wali myang ngulami // gumuruh uluk
salam.
Tamatlah penggubahan ini // yang disebut
Suluk Malangsumirang // ilmu tentang yang sejati // dikisahkan bahwa Pangeran
Panggung // kemudian keluar dari dalam api // sambil membawa kitab // kemudian
disambut // oleh Sutltan Syah Ngalam Akbar // beserta seluruh wali dan Ulama //
bergema memberi salam.
29.
Sinauran salame pra sami // lan pra wali ajawab asta //
atur pudyeng kaharjane // dennya manjing ing latu // teka tabek Nabi Ibrahim //
suka sukuring Allah // Jeng Pangeran Panggung // ya ta Jeng Sultan Bintara //
gurawalan nedya marek mangenjali // supe lamun Sri Nata.
Sudah dijawablah semua salamnya // dan
semua wali menjawabnya // menanyakan kabar keselamatannya // atas selama berada
didalam api // sangat mirip dengan kisah Nabi Ibrahim // Gembira dan bersyukur
kepada Allah // yang dilakukan oleh Pangeran Panggung // Segerlah Sultan
Bintara // bangkit ingin mendekat memeluknya // lupa bahwa dirinya adalah Raja.
Jum’at 09 Oktober 2020.
test
BalasHapusIzin promo ya Admin^^
BalasHapusbosan tidak ada yang mau di kerjakan, mau di rumah saja suntuk,
mau keluar tidak tahu mesti kemana, dari pada bingung
mari bergabung dengan kami di ionqq^^com, permainan yang menarik
ayo ditunggu apa lagi.. segera bergabung ya dengan kami...
add Whatshapp : +85515373217 ^_~ :))
Luar biasa oraa lummmrah Mati sejeroning Urip
BalasHapusIzin copas Bapak, untuk inkarnasi.com
BalasHapusMana suluk2 yg lain mas ???
BalasHapusWong Jawa pancèn luar biasa , adiluhung banget ... Bab sastra , samubarang pitutur, kawruh, ilmu, kaanggit minangka tembang liré bèn bisa nyanthol ning utek kanthi temen
BalasHapus👍👍👍👍👍👍👍
Ndhèrèk Copas nggih 🙏